// //

Toyota Agya Lakukan Debut di Filipina Bulan Desember

Toyota Agya, mobil murah karya anak bangsa yang lahir berbarengan dengan Daihatsu Ayla dengan memanfaatkan kebijakan LCGC melakukan debut pertamanya ke mancanegara. Kesempatan perdana ini dinikmati oleh salah satu negara tetangga di kawasan Asia Tenggara tepatnya Filipina.

Melihat prospek Toyota Agya yang cukup baik serta kesamaan kondisi lalu lintas dan konsumen di Filipina dengan Indonesia maka Toyota Motor Phillipines selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Toyota di negeri tersebut memutuskan memboyong Agya ke wilayah pemasarannya. Sekalipun Toyota Agya yang diekspor ke Filipina tersebut memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Agya di Indonesia namun di Filipina namanya berubah menjadi Toyota Wigo.

Toyota Wigo

Perubahan nama Toyota Wigo tersebut kabarnya karena pihak Toyota Motor Phillipines ingin menggabungkan inspirasi kesuksesan Toyota Agya dengan Toyota Aygo, sebuah mobil murah sekelas Agya yang sukses dipasarkan di pasar Eropa. Bahkan mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sejatinya diambil dari Toyota Aygo tersebut.

Sama halnya dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, rencananya Toyota Wigo akan tetap diproduksi oleh Daihatsu Indonesia dan diperkenalkan secara resmi kepada publik Filipina pada bulan Desember 2013 nanti. Sementara untuk penjualan Toyota Wigo sendiri dijadwalkan mulai bulan Maret 2014.