// //

Kelemahan dan Masalah Kia Rio yang Paling Banyak Dilaporkan

Semenjak hadir dengan wajah barunya pada tahun 2012, Kia Rio menjadi salah satu pilihan favorit di kelasnya. Tidak mengherankan sebab selain tampilan yang stylish dengan harga yang relatif sama mobil hatchback buatan Korea Selatan ini menawarkan berbagai fitur yang lebih lengkap. Walau demikian sebelum memutuskan membeli Kia Rio baru maupun bekas (second) ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa masalah dan kelemahan Kia Rio yang sering dialami oleh para pemiliknya.


Kelemahan Kia Rio


Apa sajakah masalah dan kelemahan Kia Rio tersebut? Berikut ulasannya: 

Kelemahan Kia Rio 2004-2006

  • Transmisi adalah kelemahan utama yang paling banyak dilaporkan oleh pemilik Kia Rio tahun 2004. Masalah ini muncul baik pada Kia Rio dengan transmisi otomatis maupun manual. Masalah pada transmisi Kia Rio dilaporkan banyak terjadi setelah mobil tersebut menempuh >90.000 km. 
  • Untuk Kia Rio tahun produksi 2005 beberapa pemilik melaporkan munculnya masalah pada bearing roda yang menyebabkan suara berisik saat berjalan serta kaca bagian belakang yang tidak bisa dibuka. Namun mengingat jumlah pemilik Kia Rio yang mengalami kendala ini tidak cukup banyak maka kelemahan Kia Rio 2005 tersebut dikategorikan sebagai anomali.
    3. Tahun produksi 2006 bisa dibilang sebagai tahun terbaik dari Kia Rio dalam periode ini karena tidak ada masalah yang dilaporkan oleh pemilik.

Kelemahan Kia Rio 2007-2008

  • Pemilik Kia Rio tahun produksi 2007 banyak mengeluhkan masalah yang muncul pada mesin. Mulai dari lampu indikator mesin yang menyala tanpa sebab hingga suara mesin yang kasar saat kondisi idle. Meski masalah tersebut tampak sepele namun biaya perbaikannya tidaklah murah, karenanya bukan merupakan masalah yang bisa dikesampingkan jika Anda mempertimbangkan membeli Kia Rio keluaran tahun tersebut. 
  • Selain masalah mesin, AC yang sering berhenti meniupkan angin juga sering dikeluhkan oleh para pemilik Kia Rio tahun 2007. Demikian pula dengan lampu rem yang sering mati tanpa sebab.
    3. Tahun 2008 hanya terjadi beberapa anomali pada Kia Rio produksi tahun ini. Di antaranya adalah radio yang tiba-tiba mati tanpa sebab

Kelemahan Kia Rio 2009-2010

Kia Rio produksi tahun 2009 dan 2010 tidak dilaporkan adanya kelemahan yang bisa digolongkan sebagai masalah umum untuk unit yang diproduksi pada tahun ini.

Baca juga: Review Kia Rio Facelift

Kelemahan Kia Rio 2011-2012

  • Sama halnya dengan tahun sebelumnya, Kia Rio 2011 juga dilaporkan tidak memilki kelemahan yang menjadi sifat umum hatchback ini. 
  • Tahun 2012 terjadi anomali pada beberapa unit yaitu masalah pada AC yang mati tanpa sebab, namun jumlah yang dilaporkan tidak lebih dari 10 unit sehingga juga tidak bisa dogolongkan sebagai kelemahan Kia Rio 2012.

Kelemahan Kia Rio


Kelemahan Kia Rio Teburuk

Berdasar laporan resmi dari pengguna Kia Rio secara keseluruhan terhitung sejak tahun 2001 hingga 2012, kelemahan Kia Rio yang terburuk adalah pada unit yang diproduksi pada tahun 2004 yang menempati ranking pertama diikuti tahun produksi 2003 dan 2002 secara berurutan.