// //

All New Toyota Fortuner Bakal Hadir Tahun 2015

Sebagaimana pernah kami singgung pada ulasan mengenai Toyota Fortuner lalu bahwa SUV keluaran Toyota ini didesain di Australia oleh Toyota Technical Centre Australia (TTC-AU). Meski demikian hingga hari ini masyarakat Australia sendiri umumnya belum pernah melihat lebih-lebih merasakan Toyota Fortuner. Segmen large SUV di Australia sendiri selama ini diisi oleh Toyota Kluger yang cukup populer di negeri Kanguru itu.

Baru-baru ini lewat sebuah wawancara media otomotif lokal dengan President TTC-AU terungkap bahwa divisi Toyota yang bertanggung jawab terhadap desain Toyota Fortuner tersebut saat ini tengah mengalokasikan lebih dari 50% sumber dayanya untuk merancang All New Toyota Fortuner yang dijadwalkan akan resmi dirilis pada akhir tahun 2015 nanti.
Sama halnya dengan Toyota Fortuner yang sudah-sudah All New Toyota Fortuner yang meluncur akhir tahun 2015 tersebut masih berbagi platform yang sama dengan pickup Toyota HiLux.

All New Toyota Fortuner


Max Gillard, presiden TTC-AU menegaskan bahwa proyek Toyota Fortuner merupakan sebuah proyek serius bagi mereka mengingat mobil Toyota ini bakal dilepas sekaligus di benua Asia, Afrika Selatan dan Amerika Selatan yang selama ini memang merupakan pasar utama Fortuner.

Ketika ditanya soal kemungkinan Toyota Fortuner bakal dihadirkan di Australia Gillard tidak menampik kemungkinan itu. Menurutnya Toyota tidak khawatir jika kehadiran Toyota Fortuner bakal mengusik popularitas Toyota Kluger. Pasalnya Toyota Kluger sejak awal memang dirancang sebagai mobil pengangkut penumpang, karenanya menggunakan sasis tipe monocoque yang lebih nyaman. Sementara Toyota Fortuner berbasis Toyota HiLux, artinya tidak secara khusus didesain untuk mengangkut penumpang. Meski Toyota Fortuner yang menggunakan sasis frame-based mampu memberikan kenyamanan dan handling yang baik namun tetap tidak bisa dibandingkan dengan Toyota Kluger.

Toyota Kluger

Jika memang pada akhirnya Toyota memutuskan Toyota Fortuner hadir di Australia maka pesaing yang sudah ada antara lain adalah Holden Colorado dan Mitsubishi Challenger (Mitsubishi Pajero Sport) yang keduanya memiliki kesamaan dengan Toyota Fortuner yaitu dibangun dari platform mobil pickup. Holden Colorado berbagi platform dengan Colodaro pickup sementara Mitsubishi Challenger yang di Indonesia dikenal sebagai Mitsubishi Pajero Sport dibangun dari pickup Mitsubishi Triton.

Kembali soal All New Toyota Fortuner, Gillard menyebut bahwa rancangannya sudah lebih dari setengah jadi dan akan dirilis resmi di pasar global berbarengan dengan All New Toyota HiLux.

Update Oktober 2014: Informasi terbaru menegaskan bahwa All New Toyota Fortuner baru akan resmi beredar paling cepat tahun 2016.