// //

Honda BR-V: Strategi Honda Mempertahankan Pasar Indonesia?

Honda BR-V diperkenalkan bulan lalu di Indonesia pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) setelah sebelumnya beberapa sketsa sekaligus teaser-nya sempat menjadi bahan pembicaraan hangat terutama di dunia maya.

Dalam perkenalan resminya pihak Honda menyebutkan bahwa Honda BR-V merupakan perpaduan dua konsep yaitu ketangguhan ala SUV dan kelegaan ala MPV. Pihak pabrikan sendiri mengkategorikannya sebagai crossover. Mengambil basis Honda Mobilio yang langsung mencatat sukses sejak pertama kali dirilis di Indonesia, mobil terbaru keluaran Honda ini agaknya sengaja menargetkan konsumen yang menghendaki kendaraan dengan ground clearance serta posisi duduk tinggi tanpa mengesampingkan faktor fun to drive.

Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V


Lantas kenapa Honda, dalam hal ini PT. HPM tampak begitu agresif merilis produk baru setidaknya dalam tiga tahun terakhir ini? Bukan rahasia bahwa semenjak resmi memasuki pasar Indonesia di tahun 1971, Indonesia menjadi salah satu pangsa pasar utama pabrikan otomotif asal Jepang itu sampai hari ini. Kehadiran Honda Brio, Honda Mobilio, Honda HR-V dan kini disusul oleh Honda BR-V tampaknya merupakan upaya mereka menjangkau segmen yang lebih beragam lagi di Indonesia.

Mengintip Potensi Honda BR-V di Indonesia

Penampilan Honda BR-V sendiri sebenarnya tidak seistimewa yang diharapkan, meski kesan sophisticated ala Honda tetap kentara. Desain grille-nya tak beda jauh dari mobil-mobil terbaru keluaran Honda tahun 2015 ini sebut saja misalnya All-new Honda City atau Honda Jazz. Ciri khas Honda BR-V yang membuatnya menonjol dibanding saudara-saudaranya adalah ground clearance yang tampak tinggi, serta penampilan kekar yang didukung oleh velg 16 inch serta LED taillights.


Masuk ke dalam interior Honda BR-V disuguhkan jok yang siap mengakomodir tujuh penumpang berikut beberapa fitur seperti MID dan rear A/C vents. Tidak menonjol memang, namun cukup memberikan kenyamanan bagi setiap penumpang dan sudah pasti keberadaannya bakal diapresiasi oleh konsumen.

Interior Honda BR-V

Di sektor dapur pacu lagi-lagi tak ada yang baru di balik bonnet Honda BR-V, pasalnya crossover terbaru buatan Honda ini masih mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 1.5 liter i-VTEC yang tentu sama sekali tidak asing bagi pemilik Honda. Walau demikian daya maksimum 20 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4600 rpm rasa-rasanya sudah sangat ideal untuk menjadikan Honda BR-V sebagai tunggangan yang reponsif serta fun to drive di kelasnya.

Beberapa fitur keselamatan yang bakal diusung oleh mobil Honda terbaru ini antara lain adalah airbags, ABS with EBD, vehicle stability assist serta hill start assist. Tak ada yang mencolok tapi sekali lagi keberadaannya sangat pantas diapresiasi.

Honda BR-V Indonesia

Pasar Indonesia Prioritas Utama Honda BR-V

Produksi Honda BR-V akan dimulai pada bulan Januari tahun mendatang dan mula-mula distribusinya akan diutamakan untuk pasar Indonesia. Meski demikian pihak pabrikan sendiri sudah memastikan bahwa penjualan Honda BR-V juga akan dilakukan di negara-negara kawasan Asia lainnya.