// //

Spesifikasi Nissan Terrano Anyar

Nissan Terrano terbaru yang mulai muncul pada pertengahan tahun lalu merupakan hasil kerja sama antara Nissan dan Renault. Sebagaimana diketahui bahwa kerja sama kedua pabrikan itu telah menghasilkan beberapa mobil termasuk Renault Duster yang tak lama lagi juga bakal masuk Indonesia. Nah Nissan Terrano baru ini tak lain adalah kembaran Renault Duster yang dipasarkan dengan merek Nissan (rebadged).

Spesifikasi Nissan Terrano terbaru tentu tak banyak berbeda dengan Renault Duster. Namun bagaimanapun karena membawa nama Terrano yang sebelumnya sudah memiliki konsumen loyal tersendiri di Indonesia maka rasa penasaran pun tak bisa dikubur begitu saja. Benarkah kedua mobil tersebut sepenuhnya identik? Seperti apakah persisnya spesifikasi Nissan Terrano?

Karena Renault Duster sendiri sudah pernah diulas oleh Auto Jetho’s beberapa waktu lalu maka review Nissan Terrano kali ini akan dibatasi pada hal-hal yang berbeda dengan Renault Duster. Salah satunya tentu saja adalah desain.

Spesifikasi Nissan Terrano

Desain ekterior mini SUV bermerek Nissan ini sudah pasti merupakan pembeda utama dengan sepupunya Renault Duster. Pada bagian depan Nissan Terrano merepresentasikan desain khas Nissan yang menyerupai huruf “V” sebagaimana halnya Nissan All New X-Trail dan mobil-mobil keluaran Nissan belakangan ini.

Sementara itu pada bagian belakang desain Nissan Terrano dan Renault Duster sangatlah identik. Soal desain eksterior tampaknya model yang diusung oleh Nissan bakal lebih bisa diterima oleh konsumen Indonesia ketimbang Renault Duster yang relatif masih asing.

Nissan Terrano Terbaru

Interior Nissan Terrano dan Renault Duster sangat identik kecuali logo Nissan pada lingkar kemudi Terrano. Dan ini bukanlah berita buruk sebab interior kedua mobil tersebut tampaknya merupakan hasil rancangan para desainer Renault. Kesimpulan ini ditarik lantaran nuansa desain interiornya mencirikan gaya mobil buatan Perancis.

Interior Nissan Terrano

Di sektor dapur pacu Nissan Terrano tersedia dalam tiga opsi dua diantaranya adalah mesin Diesel yang masing-masing menghasilkan daya maksimum 85 PS dan 110 PS. Sementara satu-satunya mesin bensin yang tersedia mampu menghasilkan daya maksimum 104 PS. Pada Nissan Terrano Diesel output mesin 110 PS ditransfer oleh transmisi manual enam kecepatan, sementara dua tipe lainnya menggunakan transmisi manual lima kecepatan. Sama halnya dengan Renault Duster, Nissan Terrano matic pun tidak dirilis oleh Nissan.

Mengingat di atas kertas spesifikasi Nissan Terrano dan Renault Duster sangat identik maka performa mesinnya tentu 100% identik pula. Kedua mini SUV atau di beberapa negara mengkategorikannya sebagai crossover ini memiliki karakter irit bahan bakar dan kaya torsi terutama pada tipe Diesel 110 PS.

Spesifikasi Nissan Terrano

Kelemahan Nissan Terrano dan Renault Duster di sektor dapur pacu adalah gejala turbo lag yang sangat terasa sehingga memberikan kesan tidak responsif. Gejala turbo lag pada kedua mobil kembar identik beda merek ini bisa diminimalisir dengan mempertahankan putaran mesin di atas 1200 rpm.

Perbedaan antara Nissan Terrano dengan Renault Duster lainnya adalah pada insulasi kabin dimana kabin Terrano terasa lebih senyap dibandingkan Duster. Selain itu performa riding-Nissan terasa lebih “jinak” dibanding Renault.

Bobot lingkar kemudinya terasa pas, tidak terlalu berat saat harus bermanuver di dalam kota atau area parkir namun juga tidak kelewat ringan saat dipacu dengan kecepatan tinggi. Namun kelemahan Nissan Terrano di sektor ini sama halnya dengan Renault Duster adalah lingkar kemudi yang kelewat sensitif sehingga memberikan feedback yang cukup mengganggu saat melewati jalanan berlubang.

Soal standar keselamatan mobil SUV keluaran Nissan ini layak diapresiasi karena airbag untuk pengemudi sudah ada di semua tipe bahkan pada tipe termurah sekalipun. Sedangkan pada dua tipe di atasnya masih ditambah dengan ABS dan EBD.

Nissan Terrano Review Indonesia

Dalam beberapa hal Terrano tampak lebih unggul ketimbang Duster meski platform-nya sama. Namun pada saat yang sama harga Nissan Terrano pun dibanderol lebih mahal ketimbang Renault Duster. Di atas kertas spesifikasi Renault Duster dan Nissan Terrano sama persis. Layakkah mobil bermerek Nissan itu dihargai lebih mahal karena beberapa kelebihan yang dimiliki?

Pastinya sampai hari ini PT. Nissan Motor Indonesia sendiri tampaknya masih enggan memboyong Nissan Terrano ini ke Indonesia.