// //

Mengupas Kelebihan dan Kelemahan Proton Exora

Nama Proton Exora mungkin tak setenar kompetitornya seperti Nissan Grand Livina X-Gear, Kijang Innova 2G atau Kia Carens. Namun lewat seri terbarunya yaitu Proton Exora Prime pabrikan tersebut tampaknya menunjukkan potensi besar untuk menjadi salah satu pemain yang disegani di kelas medium MPV yang makin hari makin populer di mata konsumen. Disamping itu harga Proton Exora yang lebih miring dibanding para kompetitor tentu adalah sebuah nilai plus lain yang turut menggoda calon pembeli.

Kabin Proton Exora Prime

Sayangnya harga yang miring ternyata merupakan tradeoff yang seketika disadari begitu Anda masuk ke dalam kabin Proton Exora Prime. Meski tak ada yang salah dengan desainnya namun material plastik keras serta finishing yang buruk mau tidak mau membuat pengemudinya menyadari bahwa memang ada kompensasi yang harus diterima dari harga murah tersebut.

Kelebihan dan Kelemahan Proton Exora

Beruntung ketika duduk di balik kemudi kenyamanannya tidak berkurang, joknya cukup ergonomis dan suportif selain itu pengemudi juga mendapatkan pandangan yang luas.

Sementara itu jok baris kedua didesain dengan model captain seats untuk memaksimalkan kenyamanan penumpang yang duduk di sini sekaligus memberikan kesan kabin yang mewah.
Keberadaan monitor di balik jok depan yang memberikan tambahan hiburan bagi penumpang adalah fitur yang layak dihargai, meski Nissan Grand Livina terbaru pun menawarkan fitur sejenis dengan posisi penempatan berbeda.

Kelebihan dan Kelemahan Proton Exora

Sedangkan pada jok baris ketiga meski para desainer Proton Exora Prime sudah bermurah hati dengan menempatkan roof-mounted vents untuk menyejukkan penumpang yang duduk di baris paling belakang namun joknya sendiri tidak dilengkapi dengan headrest, selain itu busanya terlalu empuk dan mudah mengempis.

Ruang kaki yang terbatas di bagian belakang bukan sekedar menyunat kenyamanan penumpang dewasa yang duduk di baris ketiga namun bahkan anak-anak pun juga tidak bakal merasa nyaman berada di sini.

Uji Jalan Proton Exora Prime

Proton membekali Proton Exora Prime dengan dapur pacu berkapasitas 1.6 liter turbocharged. Mesin ini mampu memuntahkan daya maksimum 138 dk dengan torsi maksimum 205 Nm pada putaran 2.000 rpm. Sementara untuk transmisi hanya disediakan satu pilihan yaitu transmisi matik CVT yang menyalurkan tenaga mesin ke kedua roda di bagian depan (FWD).

Secara mengejutkan mesin ini menawarkan performa yang cukup handal, bahkan dalam kondisi memuat penumpang maksimal pun akselerasi dan tenaganya tetap terasa berisi. Meski di atas kertas torsi maksimalnya hanya 205 Nm namun berhubung torsi tersebut bisa diraih pada putaran mesin rendah yaitu antara 2000-4000 rpm maka laju mobil Proton Exora ini tak pernah terasa loyo.

Namun dibalik kelebihan Proton Exora sayangnya pada saat bersamaan tersembunyi pula sebuah kelemahan yang merusak kesempurnaan fun to drive-nya. Kekurangan tersebut tak lain adalah kinerja CVT-nya yang terasa kurang responsif baik saat berakselerasi maupun di tanjakan. Selain itu transmisi mobil Proton ini terdengar cukup berisik untuk ukuran teknologi masa kini.

Mobil Proton Exora

Harga Mobil Proton Exora

Kondisi ini masih diperburuk dengan insulasi yang tidak sempurna pada kabin sehingga suara berisik tersebut bersama dengan suara berisik dari bagian lain terasa mengganggu kenyamanan di dalam kabin.

Sementara itu suspensinya terasa cukup nyaman meski masih banyak yang bisa dilakukan oleh pihak Proton untuk memperbaiki performanya. Ban berukuran 16 inch juga cukup handal mengatasi kondisi jalanan yang kurang baik.

Untuk pengereman dipercayakan pada ventilated discs di bagian depan dan solid discs di belakang, meski teknologinya sederhana namun cukup mumpuni menghentikan laju Proton Exora Prime ini.

Verdict

Performa Proton Exora tidak terlalu buruk, namun selisih harga yang sebenarnya tak terlalu jauh beda dibanding para kompetitor menjadikan posisinya cukup sulit untuk menjadi unggulan di antara para kompetitor.

Mobil Proton Exora

Saat tulisan ini dibuat harga Proton Exora Prime dibanderol 258 juta, sementara harga Toyota Kijang Innova 2.0G Luxury A/T berada di kisaran 269,2 juta, Kia Carens terbaru dibanderol 262,5 juta dan Nissan Grand Livina X-Gear 1.8 dilepas di harga 260,5 juta. Diantara mobil-mobil dalam kategori medium MPV tersebut (kecuali Livina yang sebenarnya merupakan compact MPV), All New Kia Carens masih merupakan primadona di kelas ini.