// //

Volkswagen Pamerkan VW Golf R Evo

VW Scirocco R saja rupa-rupanya tidak cukup memuaskan bagi pabrikan Volkswagen untuk bermain di segmen hot hatches atau sport hatchback. Kali ini produsen otomotif asal Jerman tersebut mencoba memanfaatkan popularitas VW Golf untuk mendukung ambisinya dan keseriusannya bermain di pasar sport hatchback ini. Mobil terbaru yang bakal mengusung nama VW Golf R Evo ini rencananya akan dipamerkan ke publik pada ajang Beijing Motor Show bulan April nanti.

VW Golf R Evo menurut berita yang dilansir oleh situs Autocar bakal mengusung dapur pacu empat silinder berkapasitas 2.0 liter turbocharged. Mesin ini pada VW Golf standar mampu memuntahkan tenaga maksimal 300 PS (disunat menjadi 280 PS untuk negara-negara beriklim panas) dan torsi maksimal 380 Nm. Sementara pada VW Golf R Evo performa mesin yang sama ditingkatkan hingga mampu menghasilkan tenaga maksimal 374 PS dan torsi maksimal 450 Nm.

VW Golf Terbaru

Konon yang bertanggung jawab terhadap performa mesin VW Golf terbaru ini adalah Fritz Eichlerh yang tercatat sukses melahirkan mesin 2.0 liter turbo untuk dapur pacu Mercedes-Benz A45, CLA45 dan GLA45 AMG. Karena dibangun dengan platform VW Golf R standar maka hatchback terbaru Volkswagen ini juga akan mengadopsi sistem penggerak empat roda dengan transmisi matic enam kecepatan.

Sementara untuk mengurangi bobot pihak pabrikan berencana menggunakan panel bodi dan interior dengan bahan serat karbon. Penggunaan serat karbon ini diyakini bakal menyusutkan bobot VW Golf R standar yang saat ini mencapai 1476 kg menjadi 1400 kg pada VW Golf R Evo.

VW Golf R Evo

Sebelumnya pihak pabrikan Bavaria ini juga sempat melakukan teaser VW Golf GTI Design Vision konsep yang gambarnya terpampang di bagian atas posting ini.

Menurut situs yang sama pihak Volkswagen saat ini juga tengah mempersiapkan VW Polo terbaru versi performance yang bakal memulai debutnya pada bulan Maret mendatang tepatnya pada gelaran Geneva Motor Show. VW Polo R terbaru itu direncanakan akan mengusung mesin 2.0 liter dengan daya maksimal 253 PS dan transmisi DSG dengan penggerak empat roda yang sudah lebih dahulu diperkenalkan pada mobil Audi S1 terbaru.

VW Polo Terbaru

Saat ini versi tertinggi dari keluarga VW Polo adalah tipe GTI yang mengusung mesin berkapasitas 1.6 liter dengan daya maksimal 180 PS dan torsi maksimal 250 Nm. Mesin ini mampu melesatkan VW Polo dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,9 detik. Bagaimana dengan VW Polo R? Kita tunggu saja kabar berikutnya.