// //

Toyota Pindahkan Pabrik Dari Thailand ke Indonesia

Toyota baru saja mengumumkan keputusannya untuk memindahkan produksi Toyota Vios dari fasilitas produksi mereka di Thailand ke fasilitas produksi di Indonesia. Permintaan Toyota Vios yang meningkat pesat di Indonesia menurut pihak Toyota merupakan alasan utama kepindahan mereka. Konon bahkan Vios hanyalah fase pertama dari rencana Toyota untuk sepenuhnya memindahkan produksi dari Thailand ke Indonesia.

Menurut laporan Nation Multimedia nantinya produksi Toyota Yaris yang selama ini juga dilakukan di Thailand bakal dialihkan juga ke Indonesia. Fasilitas produksi Toyota di Indonesia sendiri saat ini memiliki kemampuan memproduksi 1.000 unit mobil Toyota Vios per bulan.

Masahiro Naomi, sang Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing di Indonesia sendiri menyebut bahwa Toyota siap meningkatkan kapasitas produksi asalkan pemerintah Indonesia juga siap memperbaiki infrastruktur terutama yang terkait dengan efisiensi pengiriman mobil-mobil yang akan diproduksi nantinya. Bahkan saat ini pabrikan Jepang itu tengah mempertimbangkan ekspor mobil Toyota dari Indonesia ke negara-negara lain.


Proses pengalihan produksi mobil Toyota dari Thailand ke Indonesia sendiri dijadwalkan rampung pada akhir tahun 2014 nanti. Fasilitas produksi yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat itu menurut Masahiro Naomi mampu menyerap sekitar lima ratus tenaga kerja,