// //

Pilih Toyota Avanza Veloz atau Honda Mobilio RS?

Membandingkan Honda Mobilio vs. Toyota Avanza dari beberapa aspek teknis maupun non teknis menjadi dilema bagi kebanyakan calon konsumen yang sedang mempertimbangkan membeli LMPV utamanya untuk keperluan non komersial.

Low MPV memang masih menjadi pilihan paling ideal bagi konsumen otomotif di Indonesia sampai saat ini. Akomodasi yang relatif lega berikut harga serta biaya operasional terjangkau adalah tiga alasan utamanya. Sekalipun Suzuki Ertiga masih memimpin dari sisi kenyamanan namun pertarungan sengit justru terjadi antara Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS.

Popularitas serta pertarungan sengit antara Toyota Avanza vs. Honda Mobilio sebenarnya tak hanya terjadi di Indonesia saja. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kedua LMPV tersebut dipasarkan di beberapa negara lain di kawasan Asia Tenggara, Afrika dan bahkan Timur Tengah. Baik Avanza maupun Mobilio sering dideskripsikan sebagai Asian Utility Vehicles (AUV) untuk menunjukkan bahwa masing-masing secara khusus dirancang untuk memenuhi selera konsumen di kawasan tersebut.

Walau demikian masing-masing tentu memiliki karakter, kelebihan serta kekurangan yang tidak sama. Jika harus memilih antara Toyota Avanza Veloz atau Honda Mobilio RS, mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Pilih Toyota Avanza Veloz atau Honda Mobilio RS?


Perbandingan Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS

Honda Mobilio yang dirilis belakangan hadir dengan dimensi 4,398 mm x 1,683 mm x 1,621 mm yang berarti sekitar 23 mm lebih lebar dan 258 lebih panjang dibanding Toyota New Avanza namun 74 mm lebih rendah dibanding sang pelopor Low MPV di Indonesia tersebut.

Penampilan eksterior Honda Mobilio jelas tampak lebih modern jika dibanding Toyota New Avanza yang memang sudah sangat berumur. Bahkan tambahan roof-mounted spoiler pada bagian belakang Mobilio RS makin memperkuat kesan sporty pada Low MPV andalan Honda ini. Meski pada beberapa bagian seperti buritan misalnya ada kritikan ditujukan namun secara menyeluruh penampilan eksterior Honda Mobilio RS lebih proporsional dan mudah dipahami.

Pilih Toyota Avanza Veloz atau Honda Mobilio RS?

Pilih Toyota Avanza Veloz atau Honda Mobilio RS?

Pada sisi lain semenjak generasi pertama Toyota Avanza hingga saat ini para desainer Daihatsu yang menggawanginya tampak tidak benar-benar mengedepankan proporsionalitas dimensi. Dengan tampilan yang kurang proporsional sekaligus konvensional harus diakui bahwa Toyota Avanza adalah yang paling tampak kurang menarik jika dibandingkan rival sekelasnya seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin.


Tampilan Toyota Avanza Veloz memang jauh dari ideal, namun angka penjualan menggiurkan hampir di setiap pasar yang dimasukinya dan catatan tersebut mampu bertahan selama bertahun-tahun juga sekaligus menunjukkan bahwa pendekatan desain tersebut bisa diterima oleh konsumen.

Perbandingan Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS

Perbandingan Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS

Sementara itu untuk perbandingan interior Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio sebenarnya tak satupun dari keduanya yang mendekati ideal. Honda Mobilio mempertahankan tampilan yang sama dengan Honda Brio yang berkesan jadul serta terlalu sederhana. Toyota Avanza Veloz pun tak banyak berubah dibandingkan Avanza generasi pertama.


Lagi-lagi fakta tersebut bukan berarti bahwa dari sisi interior baik Toyota Avanza maupun Honda Mobilio tak memiliki keunggulan. Honda Mobilio merupakan hasil nyata dari kejeniusan desainer Honda dalam mengoptimalkan ruang kabin yang pada dasarnya sangat minim. Sebut saja misalnya bangku baris kedua yang bisa dilipat rata atau dimajukan dengan sangat mudah sehingga bukan saja memudahkan akses keluar-masuk penumpang di bangku baris ketiga namun pada saat bersamaan juga sangat praktis ketika perlu memanfaatkan kabin untuk mengangkut banyak barang.

Perbandingan Interior Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS

Perbandingan Interior Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS

Dashboard-nya sendiri seperti sudah disinggung, tidaklah istimewa. Bukan saja berkesan kuno namun juga finishing-nya jauh dari rapih. Untungnya untuk Mobilio RS dominasi warna gelap pada dashboard mampu meminimalisir kesan tersebut jika dibandingkan Honda Mobilio tipe di bawahnya. Lagipula keberadaan monitor layar sentuh berukuran 6.1 inch sedikit memberikan kesan modern di bagian ini.

Perbandingan Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS

Perbandingan Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS

Toyota Avanza Veloz juga melakukan pendekatan yang sama, interior sederhana, minimalis serta jauh dari kesan modern. Toyota bahkan seolah tak punya keinginan untuk mengaburkan kesan murahan dari material hard plastics yang digunakan entah dengan memberi kelir tertentu atau aksen tertentu.

Sisi menarik dari interior Toyota Avanza Veloz ini adalah terlepas dari fakta bahwa panjang dan lebarnya masih di bawah Honda Mobilio namun desainer Daihatsu yang merancangnya mampu memberikan headroom yang lebih lega. Bahkan secara subjektif kabin Toyota Avanza terasa lebih lega jika dibanding kabin Honda Mobilio.

Berkat wheelbase yang lebih panjang pula penumpang baris ketiga di kabin Toyota Avanza mendapatkan kenyamanan yang sedikit lebih baik jika dibandingkan penumpang baris ketiga di dalam kabin Honda Mobilio.

Masih di bagian interior, meski Honda Moblio RS dan Toyota Avanza Veloz sama-sama memiliki ventilasi AC untuk penumpang belakang dengan ukuran besar namun AC Toyota Avanza Veloz terbukti lebih dingin dibandingkan AC pada Honda Mobilio RS.

Sedangkan pada performa handling dapur pacu Honda Mobilio RS yang berkapasitas 1.5 liter dengan transmisi CVT menawarakan akselerasi yang terasa sangat smooth dan ringan untuk ukuran sebuah Low MPV. Akselerasi 0-100 km ditempuh dalam waktu 11,6 detik tentu terbilang istimewa di kelasnya.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS

Konsumsi BBM Honda Mobilio RS pun lagi-lagi menjadi catatan penting tersendiri, dalam gaya mengemudi normal agresif dalam arti tidak terlalu berhati-hati berakselerasi secara halus untuk mendapatkan konsumsi BBM yang lebih irit mobil ini masih mencatatkan angka 12,5 km/liter.

Kala melahap tikungan Honda Mobilio RS juga terasa mantap, minim gejala limbung jika dibandingkan Toyota Avanza Veloz. Kondisi ini ternyata juga tak lantas membuat kualitas riding-nya terkorbankan. Sebab penumpang di dalam kabin tetap bisa merasakan kenyamanan dari peredam kejutnya.

Toyota Avanza Veloz mengandalkan mesin dengan kapasitas yang sama, namun didampingi oleh transmisi matic empat kecepatan. Output mesin yang lebih kecil jelas terasa perbedaannya di sini, daya yang dirasakan tak sebaik Honda Mobilio RS. Tarikannya terasa sedikit lebih berat sekaligus kasar. Namun begitu dipacu pada kecepatan lebih tinggi kekurangan tersebut seketika lenyap.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS

Sekalipun transmisi matic yang digunakan oleh Toyota Avanza Veloz adalah teknologi yang sudah sangat kuno namun catatan konsumsi Toyota Avanza Veloz yang 13 km/liter membuktikan bahwa paduan mesin dan transmisi lawas ini masih ideal untuk kebutuhan konsumen yang menjadi target market-nya.

Kesimpulan Perbandingan Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS

Memilih mana yang lebih baik antara Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS bukanlah pekerjaan mudah dan memang bukan itu tujuan dari perbandingan ini. Masing-masing memiliki keunggulan dan karakter yang berbeda, setiap konsumen pun memiliki preferensi serta kebutuhan yang berbeda pula.

Perbandingan Harga Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS

Honda Mobilio RS unggul di tampilan eksterior berikut kualitas riding yang lebih baik ketimbang Toyota Avanza Veloz. Sedangkan Toyota Avanza Veloz sendiri bukan saja mencatatkan konsumsi BBM yang lebih ekonomis dan harga yang lebih murah dibanding Mobilio RS namun juga kelegaan kabin yang lebih baik.


Saat perbandingan antara Toyota Avanza Veloz vs. Honda Mobilio RS ini dibuat harga Avanza Veloz dibanderol Rp 218,3 juta (AT Luxury), sedangkan harga Honda Mobilio RS CVT dibanderol Rp 225,5 juta. Selisih harga yang mencapai Rp 7 juta-an tentu juga menjadi poin pertimbangan yang tak kalah penting.