// //

Toyota Innova, Hilux dan Fortuner Terbaru Gunakan Mesin Diesel Seri GD

Pada gelaran Vienna Motor Symposium di awal tahun 2015 ini salah satu pabrikan otomotif terbesar di dunia Toyota memperkenalkan mesin Diesel terbarunya yaitu seri GD. Mesin ini dimaksudkan untuk menggantikan dapur pacu produk IMV mereka yaitu Toyota Innova, Toyota Hilux serta Toyota Fortuner yang sebelumnya mengandalkan mesin seri KD.

Sampai hari ini baru Toyota All-new Hilux yang sudah secara resmi menampakkan wujud barunya. Dengan penampilan yang lebih muda, sporti bahkan cenderung radikal dibanding pendahulunya ketiga IMV andalan Toyota tersebut mengandalkan dapur pacu seri GD yang mengalami penyunatan displacement

Mesin Seri GD


Seperti Apakah Mesin Diesel Terbaru Toyota Innova, Hilux dan Fortuner?

Toyota All-new Innova Diesel nantinya bakal mengusung mesin GD (2GD-FTV) berkapasitas 2.4 liter menggantikan mesin KD berkapasitas 2.5 liter. Dapur pacu terbaru ini diklaim sanggup menghasilkan daya maksimum 150 PS dan torsi maksimum 400 Nm, artinya meski mengalami penyusutan kapasitas namun torsi yang dihasilkan justru lebih besar dibanding generasi pendahulunya.

Sementara itu Toyota All-new Fortuner atau yang beberapa orang menyebutnya juga sebagai Toyota Fortuner 2016 bakal gunakan mesin Diesel GD dengan kapasitas 2.8 liter (1GD-FTV) yang memuntahkan daya maksimum 177 PS dan torsi puncak 450 Nm.


Mesin Toyota Fortuner Terbaru

Mesin Terbaru Toyota Fortuner 2016

Mesin Toyota Innova Terbaru

Mesin Terbaru Toyota Innova 2016

Kedua mesin yang masing-masing digunakan oleh Toyota Fortuner terbaru dan Toyota Innova terbaru itu akan dipadukan dengan transmisi enam kecepatan MT serta AT. Toyota dengan percaya diri menyebutkan bahwa penerapan Thermo Swing Wall Insulation Technology (TSWIN) terbaru memungkinkan penghematan konsumsi BBM hingga 15% dibanding dapur pacu KD belum lagi kenaikan torsi puncak hingga 25%. Di samping itu penggunaan silica-reinforced porous anodized aluminium (SiRPA) pada piston yang membantu optimalisasi pendinginan hingga 30%.

Mesin seri GD ini nantinya juga akan dipasangkan dengan turbocharger terbaru yang ukurannya 30% lebih kecil dibanding pendahulunya.