Sampai hari ini baru Toyota All-new Hilux yang sudah secara resmi menampakkan wujud barunya. Dengan penampilan yang lebih muda, sporti bahkan cenderung radikal dibanding pendahulunya ketiga IMV andalan Toyota tersebut mengandalkan dapur pacu seri GD yang mengalami penyunatan displacement
Seperti Apakah Mesin Diesel Terbaru Toyota Innova, Hilux dan Fortuner?
Toyota All-new Innova Diesel nantinya bakal mengusung mesin GD (2GD-FTV) berkapasitas 2.4 liter menggantikan mesin KD berkapasitas 2.5 liter. Dapur pacu terbaru ini diklaim sanggup menghasilkan daya maksimum 150 PS dan torsi maksimum 400 Nm, artinya meski mengalami penyusutan kapasitas namun torsi yang dihasilkan justru lebih besar dibanding generasi pendahulunya.
Sementara itu Toyota All-new Fortuner atau yang beberapa orang menyebutnya juga sebagai Toyota Fortuner 2016 bakal gunakan mesin Diesel GD dengan kapasitas 2.8 liter (1GD-FTV) yang memuntahkan daya maksimum 177 PS dan torsi puncak 450 Nm.
Kedua mesin yang masing-masing digunakan oleh Toyota Fortuner terbaru dan Toyota Innova terbaru itu akan dipadukan dengan transmisi enam kecepatan MT serta AT. Toyota dengan percaya diri menyebutkan bahwa penerapan Thermo Swing Wall Insulation Technology (TSWIN) terbaru memungkinkan penghematan konsumsi BBM hingga 15% dibanding dapur pacu KD belum lagi kenaikan torsi puncak hingga 25%. Di samping itu penggunaan silica-reinforced porous anodized aluminium (SiRPA) pada piston yang membantu optimalisasi pendinginan hingga 30%.
Mesin seri GD ini nantinya juga akan dipasangkan dengan turbocharger terbaru yang ukurannya 30% lebih kecil dibanding pendahulunya.