// //

Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS atau Suzuki Celerio?

Bulan depan, bersamaan dengan digelarnya Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 Suzuki bakal merilis tiga mobil terbaru. Dua di antaranya bakal bermain di segmen entry level yaitu Suzuki Celerio dan Suzuki Karimun Wagon R GS yang merupakan tipe tertinggi dalam keluarga Suzuki Karimun.

Selama ini calon konsumen yang hendak membeli mobil di kelas ini saja sudah sering menghadapi dilema ketika hendak memilih antara Suzuki Splash dengan Suzuki Karimun Wagon R, tak lama lagi kehadiran Suzuki Celerio bakal makin menambah kondisi dilematis yang dihadapi oleh calon konsumen mobil murah Suzuki. Walau demikian pihak PT SIS sendiri merasa yakin bahwa di antar ketiganya tidak akan saling mengkanibal pasar masing-masing.

Suzuki Splash meski bermain di segmen yang tak jauh berbeda rasanya tak perlu lagi diulas, sebab meski versi terbarunya mendapatkan minor facelift namun pada dasarnya mobil tersebut masih sama seperti sebelumnya. Bisa dibilang bahwa mayoritas calon konsumen sudah cukup mengenal mobil yang semula merupakan kasta terendah mobil Suzuki di Indonesia sebelum kehadiran LCGC.

Sementara itu Suzuki Karimun Wagon R GS dan Suzuki Celerio karena baru akan dirilis bulan depan maka bisa dibilang cukup asing untuk rata-rata calon konsumen otomotif di Indonesia. Meski di atas kertas kedua mobil tersebut memiliki banyak kesamaan namun ada banyak perbedaan mendasar antara Suzuki Celerio dengan Suzuki Karimun Wagon R GS, jika tidak maka tentulah Suzuki takkan menghadirkan keduanya secara bersamaan.

Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS atau Suzuki Celerio?

Suzuki Karimun Wagon R GS vs Suzuki Celerio

Baik Suzuki Karimun Wagon R GS maupun Suzuki Celerio pada dasarnya sama-sama mobil hatchback yang mengandalkan mesin tiga silinder berkapasitas 1.0 liter. Suzuki Karimun Wagon R GS sama halnya dengan keluarga Suzuki Wagon lain didesain sedikit out of the box dibanding mobil hatchback lain karena menawarkan desain bodi yang boxy sekaligus posisi duduk yang tinggi bak sebuah MPV. Sementara itu Suzuki Celerio memilih pendekatan konvensional alias bermain aman.

Oleh karenanya tak heran jika Karimun Wagon R mengundang banyak kontroversi dari segi desain, ada yang merasa desain out of the box tersebut merupakan kelebihan mobil tersebut sebab menjadikan Karimun lebih lega sekaligus menunjukkan keberanian tampil beda. Namun pada saat yang sama ada sebagian konsumen yang ragu-ragu menjatuhkan pilihan kepada Suzuki Karimun karena desain yang nyleneh ini.
Sebaliknya Suzuki Celerio tampaknya bakal lebih mudah diterima oleh pasar karena desain yang konvensional ini.

Baca juga: Pilih Suzuki Celerio atau Suzuki New Splash?

Namun yang perlu dicatat adalah bahwa meski Suzuki Karimun memiliki dimensi ketinggian dan posisi duduk yang mirip MPV ternyata ground clearance-nya sama persis dengan Suzuki Celerio. Jadi kalau Anda adalah calon konsumen yang tinggal di daerah dengan kondisi jalanan yang kurang baik rasanya tak ada yang lebih baik atau lebih buruk dari kedua mobil murah Suzuki ini.

Soal kemampuan mengangkut penumpang pun keduanya bisa dibilang berimbang karena sama-sama didesain untuk memuat lima orang penumpang, meski soal kenyamanan tentu tidak banyak yang bisa diharapkan.

Suzuki Celerio yang baru dirilis pada tahun ini hadir dengan pilihan transmisi matic maupun manual, sementara itu Suzuki Karimun Wagon R GS yang di India sudah dirilis tahun lalu dengan nama Suzuki Stingray hingga saat ini masih tersedia dengan transmisi manual saja. Bagi konsumen di daerah mungkin kondisi ini bukan merupakan nilai minus, namun bagi konsumen di Jakarta dan sekitarnya yang terbiasa hidup dengan kemacetan rasanya kondisi ini kurang menguntungkan.

Suzuki Karimun Wagon R GS vs Suzuki Celerio

Suzuki Karimun Wagon R GS vs Suzuki Celerio

Di sektor mesin sebagaimana sudah disinggung keduanya mengusung dapur pacu yang sama yaitu mesin KB10 tiga silinder berkapasitas 1.0 liter. Namun berhubung Suzuki Celerio sudah menganut transmisi matic maka soal konsumsi BBM Celerio sedikit lebih unggul dibanding Karimun. Jika klaim pabrikan untuk konsumsi BBM Suzuki Celerio adalah 19-23 km/liter sementara Suzuki Karimun Wagon R GS yang masih mengaplikasi transmisi manual diklaim 17-20 km/liter.

Sedangkan di bagian interior oleh karena merupakan varian tertinggi dari keluarga Karimun maka tak mengherankan jika berbagai updgrade dihadiahkan pada Suzuki Karimun Wagon R GS yang tak ditemukan pada tipe lain dala keluarga Karimun Wagon. Beberapa keunggulan di sektor interior tersebut antara lain adalah jok berlapis kulit, panel dengan MID serta aksen krom serta black piano yang sangat jelas membedakan tipe GS ini dengan tipe lainnya.

Di lain pihak Suzuki Celerio sendiri di India tersedia dalam tiga varian, varian mana sajakah yang bakal dipasarkan di Indonesia hingga hari ini masih belum ada konfirmasi. Namun pastinya desain interior Celerio mengadopsi desain Suzuki Alto yang joknya dilapisi oleh material fabric berkualitas tinggi. Fitur-fitur mendasar seperti power windows, power steering dan AC sudah menjadi kelengkapan standar mobil ini. Namun sayang beberapa fitur keselamatan seperti ABS+EBD, side impact beams, serta airbag belum disematkan di sini.

Bagaimana dengan fitur keselamatan pada Suzuki Karimun Wagon R GS? Di India, Suzuki Stingray sudah mengaplikasi ABS, EBD dan airbag. Apakah fitur-fitur tersebut bakal dipertahankan oleh Suzuki Karimun Wagon R GS waktulah yang akan menjawabnya.