// //

Perubahan Pada Range Rover Evoque dan Discovery Terbaru

Mayoritas pembeli mobil Range Rover baik Evoque maupun Discovery adalah mereka yang memang gemar membawa mobilnya untuk berkotor-kotor di medan berat. Faktanya memang hingga saat ini Range Rover adalah salah satu mobil tertangguh di mesan berat. Meski demikian seiring berjalannya waktu tanpa mengurangi kemampuannya menaklukan medan berat baik Range Rover Evoque maupun Discover dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi yang memungkinkannya digunakan juga di jalan beraspal.

Range Rover Discovery Terbaru

Sementara ketangguhannya menaklukan medan off-road masih dipertahankan, Range Rover Discovery terbaru kini dilengkapi dengan teknologi Wade Sensing yang mampu memberikan informasi kepada pengemudi mengenai kedalaman air yang hendak dilintasi, selain itu teknologi ini akan memberikan peringatan manakala sungai atau medan air lainnya yang hendak dilintasi terlampau dalam.

Meski teknologi tersebut bakal sangat berarti bagi pengemudi namun ubahan utama pada Range Rover Discovery yang akrab disapa sebagai Range Rover Disco ini adalah dapur pacu V6 3.0 liter supercharged yang mampu menghadirkan daya maksimum 340 PS dengan torsi 350 Nm. Mesin ini menggantikan mesin lama V8 5.0 liter yang menghasilkan daya maksimum 375 PS dan torsi 510 Nm. Penurunan kapasitas mesin ini memang sangat terasa jika dibandingkan dengan versi lawasnya namun pada saat yang sama konsumsi BBM Range Rover Discover terbaru tercatat 12 liter/100 km yang jelas lebih irit dibanding versi lawas yang mengkonsumsi 14.1 liter/100 km. Sementara untuk Range Rover Discovery Diesel masih tetap mempertahankan dapur pacu lama.

Di bagian eksterior ada sedikit facelift seperti keberadaan daytime running lights, serta grill, bumper depan dan velg dengan desain baru. Logo “Land Rover” yang sebelumnya diketemukan pada bagian moncong Discovery lawas kini digantikan oleh logo “Discovery”.

Memang Land Rover sudah memutuskan untuk melakukan split off merek Range Rover dari Land Rover untuk lebih memfokuskan segmentasi masing-masing merek tersebut. Sementara Discovery kini berada dalam naungan Range Rover, seri lainnya yaitu Freelander “dimatikan”.

Range Rover Terbaru

Range Rover Evoque Terbaru

Sementara itu mobil terlaris keluaran Land Rover yaitu Range Rover Evoque yang menyumbang sepertiga penjualan merek Land Rover pada versi terbarunya dilengkapi dengan transmisi matic sembilan percepatan. Artinya kini nafas Range Rover Evoque terbaru lebih panjang dibandingkan pendahulunya berkat tambahan tiga gigi.

Dapur pacu yang ditawarkan pada Range Rover Evoque terbaru tersedia dalam dua opsi yaitu mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2.0 liter turbocharged dengan daya maksimum 241 PS dan torsi maksimum 340 Nm. Sementara mesin turbodiesel 2.0 liter-nya menghasilkan daya maksimum 190 PS dengan torsi 420 Nm.

Khusus untuk versi terbaru ini pihak pabrikan juga menyediakan versi murah dari Range Rover Evoque yang menurut pihak pabrikan harga jualnya dihemat berkat pengurangan beberapa fitur dan teknologi yang dianggap tidak terlalu substansial. Fitur yang disunat tersebut antara lain adalah sunroof, GPS system, LED lights, serta penggunaan velg 18 inch dimana untuk versi yang lebih mahal menggunakan velg 19 inch dan 20 inch.