// //

Kiprah VW Scirocco R di Indonesia: Sang Kompetitor Peugeot RCZ

Kiprah VW Scirocco R di Indonesia masih terbilang muda, meski mobil ini sendiri setidaknya sudah melanglang buana selama hampir lima tahun di jalanan Eropa. Meski demikian kehadiran VW Scirocco R di Indonesia merupakan kondisi yang layak disyukuri, sebab meski konsumennya masih terbatas namun banyak dari mereka yang sudah lama merindukan kehadiran salah satu sport hatchback terbaik di dunia ini. Adalah PT. Garuda Mataram Sakti Motor sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) VW yang berjasa mendatangkan VW Scirocco di Indonesia baik tipe 1.4 maupun tipe R medio pertengahan tahun 2012 lalu bersamaan dengan hadirnya VW Tiguan di Indonesia.

Sama halnya dengan VW Tiguan, VW Scirocco R dibangun dengan platform VW Golf. Bahkan untuk menghindari persaingan dalam satu merek beberapa ATPM Volkswagen di negara-negara tertentu pilih menghentikan penjualan Volkswagen Golf R tiga pintu untuk memberi jalan pada VW Scirocco yang sama-sama mengusung desain tiga pintu. Strategi ini meski di satu sisi menyingkirkan konsumen yang ogah menggelontorkan uang lebih banyak namun pada sisi lain terbukti meningkatkan penjualan VW Scirocco. Di pasaran sendiri beberapa mobil sport harian seperti RenaultSport Megane RS250 dan Peugeot RCZ adalah dua kompetitor utama dari VW Scirocco R.

VW Scirocco Indonesia

Tampilan Eksterior VW Scirocco R

Meski VW Scirocco dan VW Golf berbagi platform yang sama namun berkat kejeniusan para desainer Volkswagen keduanya tak tampak memiliki kesamaan. Sementara Golf dipersepsikan sebagai mobil keluarga sekaligus mobil sejuta umat (di luar Indonesia), saudara sepupunya Scirocco identik dengan kelompok usia yang lebih muda dan para pengejar performa. Meski demikian desain grille depan antara kedua mobil tersebut yang sama menunjukkan bahwa VW Scirocco R bukan mobil yang hadir dengan desain baru sama sekali.

harga VW Scirocco Indonesia

VW Scirocco Indonesia price

Nuansa mobil sport jelas sangat kentara hanya dengan melihat desain eksterior VW Scirocco R saja. Meski demikian seperti biasa Volkswagen memiliki kecenderungan untuk tidak membuat desain yang terlalu esktrim, alhasil jika dibandingkan kompetitornya RenaultSport Megane RS250 maka sport hatchback besutan Volkswagen ini masih kalah sangar dari segi penampilan.

Jika di bagian eksterior lebih banyak perbedaan ketimbang kesamaan antara VW Scirocco dengan VW Golf, tidak demikian halnya ketika masuk ke dalam kabin. Desain kabin ala Golf sangat kentara ketika menengok interior Scirocco. Selain konsol dan desain pintu nyaris tak ada lagi perbedaa antara kedua mobil buatan Jerman tersebut.

Desain ketinggian yang dibuat rendah dengan kabin lega berarti bahwa pengemudi bisa dengan mudah dan leluasa masuk ke dalam kabin dan langsung merasakan sensasi mengendarai sebuah mobil berkarakter sport.
Begitu duduk di jok Scirocco seketika Anda akan menyadari bagaimana mobil ini didesain dengan sempurna, ergonomis dan bahkan tangan Anda bakal merasa sangat nyaman mencengkeram lingkar kemudi maupun tuas transmisinya.
Penempatan berbagai instrumen pada dashboard yang didesain rapi, mudah dipahami maupun dioperasikan semakin menjadikan pengemudi betah berlama-lama di dalam kabin VW Scirocco.

VW Scirocco Indonesia

VW Scirocco Indonesia

Satu-satunya kelemahan VW Scirocco R yang saya temui ketika berada di jok pengemudi adalah pandangan yang kurang luas sehingga perlu banyak pembiasaan untuk bisa percaya diri bermanuver dengan mobil hatchback buatan Jerman ini.

Soal kualitas kabinnya sendiri tak perlu diragukan, sama halnya dengan VW Golf semuanya khas Volkswagen alias rapi dan berkualitas tinggi.
Sayang meski pada konsol tengah sudah dilengkapi dengan layar berukuran 6.5 inch sebagai fitur standar namun belum termasuk navigasi satelit. Untuk itu Anda harus membayar lebih mahal karena VW menampatkannya sebagai aksesoris opsional. Kualitas sistem navigasi satelit yang merupakan aksesoris opsional RNS510 itu sendiri tidak terlalu responsif dalam merespon perintah lewat layar sentuh. Rasanya untuk yang satu ini lebih baik Anda memilih after market dari merek lain.

Kamera belakang juga belum merupakan perlengkapan standar dari mobil yang dijual seharga Rp 700 juta-an ini, namun berkat desain kaca belakang yang baik maka proses parkir rasanya bukan merupakan kendala bagi pengemudinya. Lagi pula apa artinya menjadi pengemudi mobil bertipe sport jika untuk parkir saja masih terasa sulit jika tak dibantu oleh kamera belakang?


Menguji VW Scirocco R di Jalanan

Setelah puas menilik dan merasakan kabin VW Scirocco R kini saatnya mengajak mobil sport hatchback ini ke jalanan. Mesin dengan tenaga maksimal 256 PS dan torsi 330 Nm ini seolah tak sabar lagi untuk dilepas ke habitatnya.

Meski saya sendiri lebih terkesima ketika menjajal Volswagen Scirocco R dengan manual gearbox namun harus diakui bahwa sebagai penggemar transmisi manual transmisi DSG yang diusung oleh Scirocco R terasa sangat responsif menuruti karakter mesin maupun menyalurkan tenaga ke dua roda yang berada di bagian depan.

Mesin VW Scirocco R sendiri adalah mesin yang sama persis digunakan oleh VW Golf R maupun Audi S3, dan Scirocco R juga sudah dilengkapi dengan Extended Electronic Differential Lock (XDL) yang pertama kali diperkenalkan pada VW Golf GTi. Tujuan utamanya tak lain adalah menjinakkan karakter liar mobil ketika berbelok, meski tak lagi liar ketika membelok dengan kecepatan tinggi namun efek negatifnya lingkar kemudi Scirocco R tak terasa responsif sebagaimana halnya dengan RenaultSport Megane RS250.


VW Scirocco Indonesia


Positifnya, handling VW Scirocco R cukup stabil ketika membelok dengan kecepatan tinggi tak seperti mobil berpenggerak roda depan lainnya yang tidak dilengkapi dengan XDL.

Suara mesinnya sendiri terdengar mantap dan melengking pada kecepatan tinggi sebagaimana umumnya mobil bertipe sport meski tak bisa pula dikategorikan sebagai berisik. Secara subjektif rasanya mobil-mobil non sport yang dimodifikasi lubang pembuangannya jauh terasa lebih berisik dan mengganggu ketimbang suara standar yang dihasilkan oleh VW Scirocco R.

Adaptive Chassis Control pada VW Scirocco R memungkinkan pengemudi untuk memillih tiga tingkat setting. Namun penggunaan ban berprofil tipis dengan velg 19-inch menurut saya merupakan alasan utama di balik ketidaknyamanan VW Scirocco R. Walau demikian kenyamanan memang bukan sebuah unsur yang pernah akrab berpadu dengan karakter sport, dan pecinta mobil sport tentulah paham serta maklum akan kondisi tersebut.

Untuk mengimbangi keliaran mesin Scirocco maka pabrikan asal Jerman itu menempatkan cakram berukuran 345 mm di bagian depan dan 310 mm di roda belakang. Pedal remnya sendiri terasa keras tipikal mobil-mobil buatan Jerman namun performanya sangat handal.

Selain XDL yang sudah disebut di atas perangkat keselamatan lain yang menjadi bagian dari VW Scirocco R adalah ESP dengan traction control, enam airbags, hill start assist, brake assist dan electronic brake-force distribution.

Penilaian Akhir untuk VW Scirocco R

Lewat VW Scirocco R pabrikan Volkswagen tampaknya ingin menciptakan keseimbangan antara kenyamanan dengan karakter sport, meski soal kenyamanan masih jauh dibandinkan VW Golf namun terbukti lebih baik ketimbang RenaultSport Megane RS250 yang merupakan kompetitor utama. Desain kabin Scirocco R pun lebih baik ketimbang Megane meski untuk tampilan ekterior Volkswagen masih harus bertekuk lutut di depan Renault.

Bagaimana dengan Peugeot RCZ? Dari segi harga jelas RCZ jauh lebih mahal, namun desain dan kenyamanan RCZ juga masih lebih unggul ketimbang Scirocco R.


Harga VW Scirocco Indonesia

Harga VW Scirocco R di Indonesia sendiri saat ini berkisar di angka Rp 700-720 juta-an, jika mesin 2.0 liter terdengar berlebihan maka pilihan bisa jatuh pada VW Scirocco 1.4 yang harganya masih di bawah Rp 440 juta. Namun jika Anda berencana menggunakan sebagai mobil keluarga maka sebaiknya tetap bertahan pada VW Golf, sebab kenyamanan tetap adalah faktor utama untuk sebuah mobil keluarga.