// //

Kupas Tuntas Prospek Toyota Innova 2014

Terlepas dari kritikan pedas mengenai desain Toyota Innova terbaru 2014 yang dianggap jauh dari kesan menarik namun kami memprediksi bahwa MPV keluaran Toyota ini masih bakal merajai di kelasnya. Selain karena nama besar pabrikannya juga karena mobil terbaru Toyota ini sudah akrab dalam keseharian masyarakat Indonesia semenjak masih dikenal sebagai Toyota Kijang tanpa embel-embel Innova.

Sejak tahun 1975 Toyota Kijang telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dan semenjak itu pula popularitasnya terus meningkat. Saking suksesnya mobil keluarga Indonesia ini maka beberapa kompetitor berusaha mengikuti jejaknya dengan menawarkan mobil sejenis, meski demikian sejauh ini tak satupun dari kompetitornya yang mampu menyamai kesuksesan Toyota Kijang.

Dari Kijang Hingga Toyota Innova 2014 Facelift

Mobil Toyota Innova sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 yang meski oleh Toyota diperkenalkan sebagai generasi kelima Toyota Kijang namun pada dasarnya sudah berubah total dari Toyota Kijang yang dikenal pada tahun-tahun sebelumnya. Selain nama “Kijang” nyaris tak ada lagi gen Toyota Kijang yang tersisa pada Toyota Innova.

Ketika pertama kali diperkenalkan masyarakat cukup antusias terhadap Toyota Innova, mobil yang sebelumnya merupakan mobil sejuta umat ini perlahan mulai naik kelas setelah cukup banyak public figure yang menggunakan Toyota Innova ini.

Konsep desain yang futuristik, modern dan mewah pada Toyota Innova pertama mendukung citra premium pada mobil terbaru keluaran Toyota kala itu. Dari segi harga pun jelas bahwa Innova tak lagi merupakan mobil rakyat sebagaimana Toyota Kijang generasi pertama hingga generasi keempat.

Setelah bertahan dan meraih kesuksesan selama kurang lebih tiga tahun akhirnya di tahun 2008 Toyota memutuskan melakukan facelift pertama bagi Innova. Facelift pertama Innova ini banyak mendapat kritik, bukan karena kualitas dan kenyamanannya namun karena desain yang dianggap jauh lebih buruk dibanding Innova generasi pertama.

Mengikuti cycle tiga tahunan maka pada tahun 2011 Toyota merilis Innova facelift kedua yang meski desainnya masih jauh dari harapan namun dianggap lebih baik ketimbang Innova 2008-2010.
Akhirnya beberapa bulan lalu Toyota Innova 2014 yang merupakan facelift ketiga dari Innova diluncurkan dengan desain yang dianggap sangat mengecewakan dan bahkan mengundang tawa dari para penggemar otomotif. Entah kenapa Toyota tak menggunakan desain grill sebagaimana diterapkan pada Toyota All-new Vios, Toyota RAV4 atau Toyota Yaris terbaru.

Diperkirakan bahwa facelift ketiga Toyota Innova ini merupakan rangkaian facelift terakhir sebelum Toyota nantinya memperkenalkan All-new Innova tiga tahun lagi yang merupakan mobil baru seutuhnya dalam arti bukan lagi menggunakan platform mobil yang sama dengan Innova yang ada saat ini.

Perubahan paling signifikan pada Toyota Innova 2014 ini adalah pada desain grill di depan yang lebih menurun ke arah bumper jika dibanding Innova sebelumnya. Grill depan Toyota Innova 2014 tak tampak serasi dengan bagian lain, bahkan seolah grill ini dicoot dari mobil lain lantas ditempelkan mentah-mentah ke Toyota Innova terbaru. Secara menyeluruh desain Toyota Innova 2014 banyak mengusung perubahan, sayang perubahan itu mengesampingkan nilai estetika.

Toyota Innova 2014 Indonesia

Toyota Innova terbaru 2014

Harga Toyota Innova 2014

Interior dan Mesin Toyota Innova 2014

Setidaknya di bagian kabin Toyota Innova 2014 tak seburuk penampilan luarnya. Pada Toyota Innova tipe V yang merupakan varian termahal dari Toyota Innova terbaru Anda akan mendapati lapisan kulit yang menyiratkan kesan mewah.


Sentuhan panel motif kayu pada beberapa bagian menambah kesna premium pada kabin Toyota Innova 2014. Selain hal-hal tersebut sisanya masih serupa dengan Innova lama, tentu itu bukan berita buruk mengingat bahwa kabin Innova sebelumnya sudah cukup ergonomis dan berkualitas.

Mobil keluarga terbaru keluaran Toyota ini memberikan kenyamanan optimal ketika dimuati enam penumpang dewasa, namun jika dipaksa memuat hingga tujuh penumpang maka kenyamanan tersebut jelas berkurang.

Di bagian dapur pacu Toyota Innova 2014 masih mengandalkan varian mesin yang sama dengan generasi sebelumnya yaitu mesin Diesel 2.0 liter (1998 cc) yang menghasilkan tenaga maksimal 136 PS dan torsi 18,6 kgm serta mesin bensin 2.494 cc dengan daya maksimal 102 PS dan torsi 20,4 kgm. Tak banyak yang perlu dibahas di sektor dapur pacu, sebab selain masih sama dengan versi lama kedua mesin ini juga sudah terbukti ketangguhan dan efisiensinya.
Baik mesin Diesel maupun mesin bensinnya sama-sama bertenaga di jalur bebas hambatan sekalipun Toyota Innova 2014 dimuati penuh oleh enam penumpang dewasa.

Meski performa mesin Innova 2014 tak diragukan namun tidak demikian halnya dengan kenyamanan berkendara. Saat perpindahan gigi sering terasa vibrasi berlebih, selain itu posisi tuas transmisi juga tak terasa ergonomis lebih-lebih pada situasi jalanan dimana Anda harus sering memindahkan tuas transmisi.

Penilaian Kami untuk Toyota Innova 2014

Meski sama sekali tidak tertarik pada desain eksterior Toyota Innova 2014 namun harus kami akui bahwa mobil terbaru Toyota ini masih memberikan kenyamanan tinggi sebagai sebuah mobil keluarga ditilik dari sisi penumpang.

Dari sisi pengemudi beberapa masalah seperti posisi tuas transmisi serta vibrasi berlebih saat perpindahan gigi merupakan PR bagi Toyota yang musti dibenahi pada Innova generasi berikutnya.

Kritik terbesar tentu ada pada desain Toyota Innova 2014 yang bagi kami dan sebagian besar penggemar mobil lainnya terasa sangat menganggu, nama besar Toyota bahkan tak cukup menutup buruknya desain Innova terbaru ini.

Toyota Innova dijual dengan harga termurah Rp 210,5 juta (tipe J M/T) dan harga termahal Rp 318,5 juta (Tipe V Diesel A/T). Untuk harga tersebut terus terang kami sendiri pilih melirik kompetitornya yang meski tidak mengusung nama besar Toyota namun menawarkan overall value yang lebih baik.