// //

Jajal All New Ford Fiesta ST

Ford Fiesta ST 2013 adalah salah satu mobil terbaru yang banyak menyita perhatian dalam beberapa waktu terakhir ini. Sejak Ford mengumumkan facelift pada salah satu mobil terbarunya tersebut respon positif dari calon konsumen terhadap mobil yang desainnya mirip Aston Martin ini menunjukkan potensi Ford Fiesta ST 2013 sekaligus menebar ancaman bagi kompetitor sekelasnya.

Ford Fiesta ST 2013 memang bukan mobil sport hatchback layaknya sang kakak Ford Focus ST, namun mobil kecil ini menawarkan berbagai keunggulan dan performa yang menggoda di antara rival-rival sekelas. Tak pelak semua mata kini tertuju pada Ford Fiesta ST 2013.

Ford Fiesta ST 2013 Indonesia

Ford Fiesta ST 2013 Indonesia


Detil Ford Fiesta ST 2013

Jika desain lama Ford Fiesta memberikan kesan manis dan lebih terasa pas untuk pengemudi wanita, desain baru mobil ini memberikan kesan “bad boy” yang lebih terasa pas bagi kaum Adam.

Ford Fiesta ST 2013 diproduksi oleh fasilitas produksi General Motors yang terletak di Cologne, Jerman dan Thailland. Ford Fiesta ST 2013 tipe tiga pintu adalah diproduksi di Jerman sementara versi lima pintu diproduksi di Thailland. Belum jelas hingga kini model manakah yang akan masuk ke Indonesia, namun jika berkaca dari generasi sebelumnya maka jikapun pada akhirnya masuk ke Indonesia kemungkinan tipe lima pintu lah yang akan hadir di sini.

Masuk ke kabin Ford Fiesta ST 2013 terasa sekali nuansa premium mobil Eropa berkat lapisan dashboard tipe soft, bukan hard surface sebagaimana umumnya mobil buatan Jepang dan Korea di kelas ini.

Ford Fiesta ST 2013 Indonesia

Ford Fiesta ST 2013 Indonesia

Jok buatan Recaro tentu tak perlu diragukan lagi dari segi kualitas maupun ergonomisnya, sementara posisi lingkar kemudi terasa sangat pas dan menyiratkan posisi duduk ala mobil balap. Satu-satunya kritikan yang bisa ditujukan untuk kabin Ford Fiesta ST 2013 adalah peletakan pedal gas, rem dan kopling yang terlalu berdekatan satu sama lain sehingga kurang mendukung pengemudian agresif.

Satnav memang belum menjadi kelengkapan standar pada Ford Fiesta ST 2013. Namun Ford cukup bermurah hati dalam menyediakan unit audio sistem lengkap dengan delapan speaker keluaran Sony. Bluetooth dan USB tentu sudah menjadi fitur yang wajar tersedia di mobil ini. Demikian pula halnya dengan keyless entry.

Ketika diuji di jalanan terasa sekali bahwa suspensi Ford Fiesta ST 2013 lebih baik dari rival-rivalnya, bahkan bisa dikatakan sejajar dengan VW Polo GTi yang adalah benchmark di kelas ini.
Ketika melewati jalan rusak memang suspensinya terasa keras namun mampu menjaga Ford Fiesta ST 2013 tetap stabil.

Ketika dikemudikan agresif di kelokan terasa sekali bahwa lingkar kemudi kaya akan feedback dan responsif terhadap kemauan pengemudi. Gejala limbung dan understeer sangat jarang diketemukan selama mengemudikan Ford Fiesta ST 2013.
Mengkoreksi jalur ketika berbelok juga bukan perkara sulit di balik kemudi Ford Fiesta ST 2013.

Memang kapasitas dapur pacunya hanya 1.6 liter namun berkat intercooler, turbocharger dan direct injection mobil ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 147 kW dengan torsi maksimal 290 Nm.

Tenaganya sangat mengisi diputaran tengah, performa maksimal dari mesin Ford Fiesta ST 2013 akan bisa dirasakan pada kisaran 3000 – 6000 rpm.
Transmisi manual enam kecepatannya sangat sesuai dengan karakter mesin 1.6 liter ini. Dalam banyak kasus Anda bisa mempertahankan gigi tiga di tikungan dan hanya pada tikungan-tikungan tertentu saja pengemudi akan dipaksa memindahkan ke gigi dua.

Suara yang dihasilkan dari knalpot Ford Fiesta ST 2013 terasa ngebass, melengkapi aura mobil balap yang melekat pada mobil ini. Beruntung suara tersebut teredam dengan baik ketika Anda berada di dalam kabin.

Ford Fiesta ST 2013 Indonesia

Penilaian kami untuk Ford Fiesta ST 2013

Meski tahun ini masih panjang dan masih akan banyak mobil terbaru 2013 yang akan hadir namun kami memiliki feeling kuat bahwa Ford Fiesta ST 2013 akan menjadi mobil baru terbaik di tahun 2013 ini.

Bukan hanya model eksteriornya saja yang menarik dari Ford Fiesta ST 2013 namun juga performa mesin, stabilitas, kelincahan dan pengalaman fun to drive yang dihadirkannya.

Di beberapa negara bahkan Ford memotong harga jual Ford Fiesta ST 2013 agar lebih kompetitif, meski belum ada tanda-tanda mobil ini bakal masuk ke Indonesia tentu banyak dari kita yang berharap harga jual mobil ini nantinya juga akan mengalami penurunan sebagaimana terjadi di beberapa negara lain.