// //

Mengintip All-new Honda Jazz

Ketika pertama kali kami memposting foto desain Honda Jazz terbaru yang berbeda sama sekali dari generasi sebelumnya banyak yang meragukan bahwa all-new Honda Jazz nantinya akan benar-benar menggunakan desain tersebut. Namun ketika pada akhirnya ada konfirmasi resmi dari pihak Honda barulah banyak orang membicarakan mobil terbaru yang bakal diluncurkan Honda.

Setelah bertahun-tahun sukses dalam memasarkan Honda Jazz memang pabrikan asal Jepang tersebut nampak memilih strategi aman dengan tidak banyak melakukan ubahan pada city car tersebut selama beberapa tahun terakhir.

Kesuksesan Honda Jazz atau yang di beberapa negara dipasarkan dengan nama Honda Fit tak lagi diragukan. Meski di negara-negara maju seperti negara-negara Eropa, AS dan Australia mobil ini lekat dengan image mobil murah namun faktanya mobil yang diproduksi di delapan negara ini sudah terjual lebih dari empat juta unit.

Honda Jazz generasi kedua yang diluncurkan pada tahun 2007 memang membawa perubahan desain yang cukup signifikan namun masih belum banyak meninggalkan desain aslinya.
Kini Honda meyakini bahwa sudah saatnya melakukan ubahan revolusioner untuk Honda Jazz generasi ketiga yang akan mulai beredar pada September tahun 2014 nanti.



Aslinya tampang Honda Jazz generasi ketiga jauh lebih menarik ketimbang foto yang selama ini beredar. Jika dalam foto-foto tersebut all-new Honda Jazz lebih mirip Honda City ternyata ketika melihat aslinya mobil ini lebih mirip perpaduan antara All-new Honda CR-V dengan NSX.

Toshinobu Minami yang bertanggung jawab atas desain all-new Honda Jazz ini mengatakan bahwa para desainer Honda berusaha meremajakan desain mobil hatchback tersebut agar lebih sesuai dengan selera anak muda sekarang yang lekat dengan gadget sambil tetap berusaha mempertahankan dimensi asli dari Honda Jazz yang saat ini beredar di pasaran.

Memang wheelbase-nya lebih panjang sekitar 2 inchi dari Honda Jazz lama, namun panjang, lebar dan tingginya masih tetap sama.

Di bagian dapur pacu all-new Honda Jazz ditawarkan dalam varian mesin 1.3 liter CVT, 1.5 liter RS dengan transmisi manual dan 1.5 liter hybrid empat silinder.Khusus untuk pasar Eropa all-new Honda Jazz juga akan tersedia dalam versi Diesel. Honda dengan percaya diri menyebut bahwa dalam membangun all-new Honda Jazz pihaknya menggunakan VW Polo sebagai benchmark.

Belajar dari VW Polo tersebut all-new Honda Jazz banyak mengalami revisi terutama pada suspense dan kemudi. Hasilnya all-new Honda Jazz sangat nyaman dan mudah dikendarai, stabil, memberikan rasa percaya diri kepada pengemudi dalam berbagai situasi jalanan serta hampir tidak diketemukan gejala-gejala understeer.


Meski demikian ketika masuk ke bagian interior masih terasa bahwa kualitas desain dan material yang ditawarkan all-new Honda Jazz masih kalah kelas dibanding VW Polo. Minami sendiri berharap bahwa kerjasama antara Honda dan McLaren di ajang F1 bisa terwujud lebih awal dari yang dijadwalkan, sebab jika demikian maka sangat memungkinkan dirinya untuk mengadopsi desain interior McLaren ke all-new Honda Jazz sebelum benar-benar dirilis ke pasar.