// //

Suzuki Ertiga Matik – Pas Buat yang Suka Praktis

Setelah Suzuki Ertiga sukses mendapat respon positif dari pasar Indonesia Suzuki menampilkan varian terbaru mobil low MPV andalannya dengan mengusung fitur transmisi otomatis. Melihat tingginya daftar inden Suzuki Ertiga Matik bukan tidak mungkin mobil ini akan melampaui kesukesan duo Avanza/Xenia dalam beberapa tahun kedepan.

Harga dan spesifikasi Suzuki Ertiga Matik

Transmisi dan Kabin Suzuki Ertiga Matik

Meski tidak menerapkan teknologi matik terkini namun kehadiran Suzuki Ertiga Matik tetap merupakan nilai plus bagi segmen yang menjadi target market Ertiga ini. Transmisinya menawarkan empat tingkat percepatan yaitu P, R, N, D, 3, 2 dan L.. Mendukung positioning-nya sebagai mobil perkotaan (city car) maka transmisi Ertiga matik juga dilengkapi dengan tombol free lock yang memungkinkan mobil murah Suzuki ini bisa didorong di area parkir.

Memang tidak ada perbedaan di bagian kabin antara Suzuki Ertiga Matik dengan MT, namun itu juga bukan nilai minus mengingat kabin Suzuki Ertiga pada dasarnya cukup memberikan kelegaan dan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang.

Meski desain kabin tidak tampak berbeda namun kami menduga Suzuki melakukan sedikit revisi karena ketika diajak berjalan kabin mobil murah buatan Suzuki ini terkesan lebih hening dibanding Ertiga versi manual yang sudah kami uji beberapa waktu lalu.
Suzuki Ertiga Matik

Harga Suzuki Ertiga second

Performa Suzuki Ertiga Matik

Berbeda dengan Suzuki Ertiga Matik MT yang akselerasinya mantap ketika berkendara di dalam kota dan menyibak kemacetan, akselerasi Ertiga Matik terasa lebih lambat. Karakter yang cukup wajar untuk sebuah mobil bertransmisi otomatis. Meski demikian perpindahan gigi terasa sangat halus dengan tenaga yang konsisten di setiap perpindahannya. Selain itu mobil tetap melaju dengan baik manakala torsi sudah didapat.

Lagi-lagi sama halnya dengan Ertiga versi manual, Suzuki Ertiga Matik memiliki keunggulan dalam hal handling berkat suspensi monoque dan rangka Suzuki Swift. Seperti sudah disebut dalam tulisan sebelumnya bahwa soal handling Suzuki Ertiga adalah yang terbaik di kelasnya.

Harga Suzuki Ertiga Matik

Tersedia dalam delapan pilihan warna, Suzuki Ertiga Matik dilepas dengan harga mulai 173,8 juta. Artinya mobil murah ini bakal bersaing dengan Chevrolet Spin, Toyota All-new Avanza dan Daihatsu All-new Xenia.

Dibanding duo all-new Avanza/Xenia memang Suzuki Ertiga tidak menawarkan banyak varian dibanding kedua kompetitornya, meski demikian dari segi performa dan kenyamanan Ertiga masih lebih unggul dari mobil Toyota dan Daihatsu tersebut.