// //

Mazda VX-1 Kembaran Ertiga yang Tampil Mewah

Sukses di segmen pasar yang lebih tinggi rupanya membuat Mazda tertarik mencoba peruntungan di entry level segment. Pasar mobil murah di Indonesia memang sangat menggoda, namun kondisi saat ini sudah jauh berbeda dibanding beberapa tahun lalu ketika Toyota dan Daihatsu memutuskan masuk ke segmen ini dengan Avanza dan Xenia.

Kini segmen mobil murah di Indonesia semakin padat, tingkat kompetisi semakin tinggi. Avanza dan Xenia yang berjaya di kelas ini selama beberapa tahun pun bahkan harus rela terkikis pasarnya oleh kehadiran Suzuki Ertiga. Tak heran muncul keraguan akankah Mazda VX-1 yang pada dasarnya adalah mobil yang sama dengan Suzuki Ertiga bakal sukses di segmen ini mengingat harga Mazda VX-1 yang lebih mahal sekitar Rp 20 juta dibanding kembarannya Suzuki Ertiga.

Mazda VX-1 Indonesia


Harga Mazda VX-1 Indonesia

spesifikasi Mazda VX-1 Indonesia

Dibalik Mazda VX-1

Mazda VX-1 pada dasarnya adalah versi “rebadged” dari Suzuki Ertiga. Artinya mobil yang persis sama namun dilabeli merk yang berbeda. Mazda bukan satu-satunya yang melakukan hal ini, beberapa mobil keluaran GM di Australia misalnya muncul dengan label Holden.

Soal “rebadged” GM adalah pabrikan yang paling variatif, salah satu contohnya adalah Blazer yang di Indonesia berlabel Opel namun di beberapa negara lain menggunakan label Chevrolet.

Mazda VX-1 sama halnya dengan Ertiga diproduksi oleh pabrik Maruti di India. Suzuki sebagai induk perusahaan Maruti telah setuju menyuplai Ertiga ke pabrikan Mazda dalam bentuk CKD.

Mazda sendiri tidak mentah-mentah mengganti logo Suzuki dengan logo Mazda, beberapa sentuhan Mazda sedikit memermak desain asli Ertiga seperti gril depan berwarna perak dan spoiler pada mobil yang resmi diberi nama Mazda VX-1.

Dapur Pacu Mazda VX-1

Dapur pacu Mazda VX-1 tak berbeda dari Ertigam dipercayakan pada mesin 1.4 liter seri K yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 93 dk dan torsi 130 Nm. Untuk permulaan Mazda VX-1 hanya tersedia dengan transmisi manual lima tingkat kecepatan, sedangkan versi transmisi otomatisnya direncanakan akan menyusul dalam waktu dekat.

Dua varian yang tersedia saat ini adalah Mazda VX-1 tipe R dan GX yang tidak banyak berbeda kecuali dalam hal jumlah speaker dan sistem pengereman dimana tipe GX dilengkapi dengan ABS dan EBD.

Mazda VX-1 diuntungkan dengan penggunaan sasis Suzuki Swift yang artinya lebih stabil dan lembut dibanding low MPV lain seperti Avanza dan Xenia yang menggunakan sasis MPV murni.

Harga Mazda VX-1

Saat ini harga resmi Mazda VX-1 tipe R adalah Rp 178 juta sementara Mazda VX-1 GX yang mengusung kelengkapan standar lebih banyak dibandrol sedikit lebih mahal yaitu Rp 191 juta.

Akankah Mazda VX-1 meraih sukses di pasar mobil murah tanah air? Waktu lah yang akan menjawab. Yang jelas selain desain interior yang lebih mewah, emblem logo Mazda di bagian moncong mobil menjadikan VX-1 terkesan lebih wah dibanding Ertiga.