// //

Mazda CX-5 2.5 Liter Terbaru – Akera

Setelah beberapa hari membahas mobil murah kini waktunya beralih ke mobil harga wajar. Mazda CX-5 2.5 liter secara resmi masuk ke Indonesia beberapa waktu yang lalu sebagai respon Mazda atas keinginan konsumen yang menghendaki mesin mobil Mazda CX-5 yang lebih bertenaga. Dengan mesin baru tersebut mobil SUV Mazda setara dengan Honda CR-V dan Toyota RAV4.

Namun tidak berhenti sampai disitu, sebab bersamaan dengan peluncuran Mazda CX-5 2.5 liter global sebenarnya Mazda juga menghadirkan varian terbaru dari CX-5 tersebut yaitu Mazda CX-5 Akera.

Mazda CX-5 2.5 L Indonesia

Mazda CX-5 2.5 L Akera sebenarnya adalah mobil yang sama dengan versi CX-5 lainnya, mesin yang digunakan juga adalah mesin yang sama dengan CX-5 2.5 liter dan all-new Mazda 6. Perbedaannya hanyalah pada segi kelengkapan standar keamanan dimana versi Akera ini secara standar sudah mengusung berbagai fitur keselamatan yang tadinya hanya disediakan sebagai aksesoris opsional.



Kabin Mazda CX-5 2.5 L Akera

Di bagian kabin nyaris tidak ada yang berbeda dari Mazda CX-5 2.5 L Akera dengan versi lainnya. Desain dan kualitas material yang digunakan dalam mobil Mazda ini tetap menarik, simpel dan berkualitas.

Mazda CX-5 terbaru di Indonesia

Jok baik pada bagian depan maupun belakang sangat suportif dan nyaman untuk perjalanan dekat maupun jauh. Walaupun pengemudi berukuran super jumbo akan merasa sedikit kesulitan menemukan posisi duduk yang nyaman meski lingkar kemudinya bertipe adjustable.

Bahkan desain kaca samping yang ditawarkan oleh desainer Mazda memungkinkan anak-anak yang duduk di jok belakang pun memiliki cukup pandangan ke samping melalui kaca tersebut.

Bicara soal fitur, varian tertinggi dari Mazda CX-5 ini diperlengkapi dengan berbagai fitur seperti auto wiper. auto bi-xenon headlamp, cruise control, dual-zone climate control, multi-function steering wheel, heated front seats, leather trim dan powered driver’s seat. Di samping juga keyless entry & ignition, Bluetooth, foglamps, sat-nav, sunroof, front and rear parking sensors, juga Bose audio system dengan USB input yang bakal memanjakan penggemar musik.

Performa Mazda CX-5 2.5 L Akera

Oleh karena mengusung berbagai fitur tambahan maka tak bisa dihindari bobot Mazda CX-5 2.5 L Akera ini lebih berat dibandingkan versi lainnya. Meski demikian mesin 2.5 liter-nya tetap bertenaga dan mampu meng-handle kondisi tersebut dengan baik.

harga Mazda CX-5 terbaru

Dipadukan dengan transmisi otomatis enam percepatan, mesin 2.5 liter-nya mampu menghasilkan tenaga maksimal 138 kW pada putaran mesin 5700 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada 4000 rpm.

Ketika digunakan di dalam kota tidak terasa banyak perbedaan antara Mazda CX-5 2.0 liter dengan Mazda CX-5 2.5 liter. Keduanya gesit dan responsif saat berakselerasi. Namun ketika dikendarai di jalan bebas hambatan maka terasa sekali perbedaan antara keduanya, Mazda CX-5 2.5 L terasa lebih meyakinkan saat harus menyalip kendaraan lain.

Namun bagi penggemar performa murni teknologi SkyActiv mungkin sedikit mengganggu, teknologi ini berfungsi mengefisiensikan penggunaan bahan bakar pada mobil Mazda. Alhasil transmisi Mazda CX-5 terasa terlalu cepat berpindah ke gigi yang lebih tinggi sehingga akselerasi terasa kurang maksimal kecuali Anda menginjak pedal gas lebih agresif. Tentu saja pengemudian agresif akan menyebabkan konsumsi bensin Mazda CX-5 menjadi lebih boros.

Di dalam kota kabin Mazda CX-5 2.5 L Akera sangat hening dan tidak terdengar pula vibrasi-vibrasi yang berasal dari dalam kabin sendiri. Sementara untuk kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan meski bukan seratus persen bebas suara namun tidak pula berisik.

Suspensinya bekerja dengan sangat baik, termasuk ketika keluar masuk tikungan. Meski ada gejala-gejala leaning seperti halnya mobil merk lain dalam kategori ini namun tetap teredam dan terkontrol dengan baik.

Pengalaman mengemudi khas Mazda kental terasa di Mazda CX-5 2.5 L Akera. Soal kenyamanan dan keasyikan mengemudi Mazda tetap nomor 1, tak ada mobil lain sekelasnya yang mampu menandingi.

Dengan rem 297 mm ventilated front disc rotors dan 303 mm di bagian belakang Anda tidak perlu khawatir dengan performa pengereman Mazda CX-5 ini.

Sedangkan seperti sudah disebut di awal bahwa Mazda CX-5 2.5 L Akera mengusung standar keselamatan yang lebih tinggi dibanding versi lain. Maka Anda akan menemukan fitur seperti Blind Spot Monitoring, High Beam Control dan Lane Departure Warning sebagai fitur standar di Mazda CX-5 Akera.

Kesimpulan Hasil Uji Mazda CX-5 2.5 L Akera

Kompetitor sekelasnya seperti Mitsubishi Outlander, Toyota RAV4 dan Honda CR-V masing-masing memang diremajakan secara signifikan, namun Mazda CX-5 masih tetap unggul dibanding para kompetitornya itu. Mazda CX-5 saat ini adalah benchmark di kelas SUV menengah.

Daya angkut yang luas sebagaimana diharapkan dari sebuah SUV namun dengan kenyamanan pengendalian yang lebih mirip sebuah mobil ketimbang SUV adalah satu dari beberapa keunggulan Mazda CX-5.

Kini dengan kehadiran Mazda CX-5 2.5 L Akera, Mazda bahkan menawarkan nilai yang lebih tinggi lagi bagi konsumen SUV menengah.