// //

Honda HRV 1.8 Prestige Review

Honda HRV masuk daftar highly anticipated cars di Indonesia semenjak pertama kali Honda memperkenalkan SUV tersebut untuk pasar global meski kala itu kehadirannya di Tanah Air sempat diragukan. Terbukti keputusan PT HPM memasukkan Honda Vezel dengan nama Honda HRV di Indonesia tidak salah, respon pasar demikian positif hingga hari ini.

Penampilannya tampak agresif tanpa menyingkirkan kesan elegan, meski ketinggian atapnya terbilang rendah untuk kategori SUV namun siapa yang kuasa untuk tidak mengaguminya? Pamor sang kakak (Honda CRV) boleh-boleh saja menyurut, namun pandangan calon konsumen terhadap adiknya seolah tak terpengaruh. Baik di Indonesia maupun negara lain dimana SUV ini dijual, secara kompak Honda HRV disambut dengan antusias.

Honda HRV Review Indonesia


Membedah Eksteriodr & Interior Honda HRV 1.8 Prestige

Penampilan stylish desain Honda HRV 1.8 Prestige masih ditunjang dengan velg alloy 17 inch yang desainnya tak kalah ciamik. Meski terdengar beberapa kritik terhadap desain velg ini namun harus diakui bahwa velg tersebut begitu padu dengan tampilan eksterior Honda HRV secara menyeluruh.

Honda HRV Bekas

Sementara itu interior Honda HRV tampak berorientasi sebagai mobil keluarga. Desain yang clean serta mengedepankan kenyamanan seolah menjadi ciri khas mobil-mobil buatan Honda terkini. Walau demikian pada kabin depan para desainer juga tampak tak mengesampingkan pengemudi, setidaknya hal tersebut bisa dilihat dari tata letak serta desain berbagai instrumen yang demikian driver focused.

Sistem infotainment yang interaktif berupa layar sentuh berukuran lebar (7 inch) dengan resolusi tinggi merupakan sisi positif lain dari interior Honda HRV. Secara menyeluruh pengoperasiannya sangat intutif meski kala mengatur volume harus dilakukan berulang-ulang sebelum mendapatkan level yang diharapkan.

Honda HRV Interior

Proses pelipatan jok belakang juga terasa sangat praktis, kala direbahkan volume bagasi meningkat cukup signifikan sehingga sebuah sepeda dan beberapa koper pun masih mampu ditelan olehnya.

Kualitas handling/riding secara keseluruhan memberikan impresi positif, bantingan suspensinya pun imbang dalam arti cukup meminimalisir gejala limbung namun pada saat bersamaan juga masih memberikan kenyamanan bagi penumpang.
Kelemahan pada sektor ini terletak pada transmisi yang terasa tidak pas dengan karakter Honda HRV sesungguhnya.

Pihak pabrikan mengklaim konsumsi BBM Honda HRV 1.8 CVT 6.8 liter/100 km namun angka tersebut terasa mustahil dicapai. Sebab dalam pengemudian di jalan tol dengan mode ECO sekalipun hanya tercapai angka 9.8 liter/100 km.

Honda HRV 2015

Impresi Awal Honda HRV 1.8 Prestige

Alih-alih menyebut Honda HRV sebagai adik atau versi mungil Honda CRV mungkin lebih pas menyebutnya sebagai versi SUV Honda Jazz. Platform yang sama belum lagi karakter yang mirip menjadi beberapa alasan yang melatarbelakangi. Apapun itu Honda HRV merupakan all-round vehicle yang praktis, terjangkau sekaligus good looking. Tak heran jika respon konsumen terhadapnya demikian antusias.