// //

Komparasi All-new Nissan X-Trail 2.0 vs. Subaru Forester 2.0XT

All-new Nissan X-Trail yang baru saja dirilis di Indonesia menjadi salah satu SUV dengan penampilan paling menarik saat ini. Sementara itu meski dari sisi desain tak semenarik All-new Nissan X-Trail namun Subaru Forester 2.0XT saat ini telah bertransformasi menjadi SUV sejati yang tampak gagah dengan penampilan barunya.

Trendi dan modern, mungkin dua kata itu adalah pilihan paling tepat untuk menggambarkan penampilan All-new Nissan X-Trail. Desain boxy dan penampilan yang berkesan sebagai tunggangan kelompok usia senior sudah tak lagi tersisa pada Nissan X-Trail generasi ketiga ini. Bagi konsumen yang menghendaki mobil kekuarga berpenampilan macho, SUV kompak keluaran Nissan ini juga dinilai ideal sebab ruang kabinnya relatif lega.

Pada sisi lain popularitas Subaru Forester di Indonesia dan negara-negara Asis Tenggara lainnya memang tak sebanding dengan All-new Nissan X-Trail, Mazda CX-5 atau bahkan Honda CR-V. Namun bagi segmen konsumen tertentu termasuk mereka yang menghendaki SUV sejati maka Subaru Forester 2.0XT tak pernah dilewatkan ketika mempertimbangkan beberapa opsi sebelum melakukan keputusan pembelian. Kabinnya memang tak selega All-new X-Trail, demikian pula desainnya tidak berkesan modern namun sasis serta desain itulah yang justru mendukung performa optimal Subaru Forester 2.0XT di medan on-roadmaupun off-road.

Komparasi All-new Nissan X-Trail vs. Subaru Forester 2.0

Komparasi All-new Nissan X-Trail vs. Subaru Forester 2.0

Di bagian interior All-new Nissan X-Trail tampak lebih modern dan berkelas jika dibandingkan pendahulunya. Jok di dalam kabinnya juga terasa lebih suportif dibandingkan X-Trail generasi kedua. Konfigurasi jok yang mampu memuat tujuh penumpang (7-seater) merupakan salah satu poin keunggulan All-new Nissan X-Trail jika dibandingkan beberapa kompetitor sekelasnya yang hanya menawarkan konfigurasi 5-seater.

Headroom serta legroom memang tidak terlalu lega, namun All-new Nissan X-Trail tetap dirasa ideal dimata calon konsumen yang sudah berkeluarga meski jok baris ketiga tidak menawarkan kelegaan yang benar-benar ideal jika dibandingkan MPV.

Pada sisi lain meski kualitas material dan finishing interior Subaru Forester 2.0XT tampak lebih baik dibanding pendahulunya namun tampilannya nyaris tidak berubah. Jika dibandingkan interior All-new Nissan X-Trail maka interior Subaru Forester terkesan datar bahkan cenderung membosankan. Kapasitas bagasinya memang tidak sebesar All-new Nissan X-Trail, namun posisi yang dibuat rendah menjadikan akses memasukkan atau mengeluarkan barang terasa lebih mudah pada Subaru Forester ketimbang Nissan X-Trail.

Menariknya, meski hanya menyediakan ruang untuk lima penumpang (5-seater) namun legroom serta headroom justru lebih baik dibandingkan All-new Nissan X-Trail.

Harga All-new Nissan X-Trail

Harga Subaru Forester 2.0

Di sektor dapur pacu All-new Nissan X-Trail 2.0 CVT yang mengandalkan mesin berkapasitas 2.0 liter berpadu dengan transmisi Xtronic CVT cenderung kasar saat berakselerasi, namun gejala ini hilang begitu mobil sudah mulai laju. Tenaganya cenderung merata di setiap putaran dan konsumsi bahan bakarnya pun tergolong ekonomis untuk sebuah SUV.

Melibas tikungan dengan kecepatan tinggi bukanlah keunggulan All-new Nissan X-Trail, sebab gejala body roll seketika terasa meski masih dalam kategori wajar. Pada sisi lain bantingannya terasa lembut sehingga cukup nyaman ketika dikendari bersama keluarga.

Subaru Forester 2.0XT mengandalkan mesin 2.0 Boxer berpadu dengan transmisi CVT yang mampu berakselerasi dengan sangat ringan dan cepat. Akselerasinya terasa sedikit lebih ringan jika dibanding All-new Nissan X-Trail, demikian pula konsumsi BBM-nya secara mengejutkan juga sedikit lebih ekonomis dibanding X-Trail.

Lalu mana yang lebih baik dalam komparasi All-new Nissan X-Trail 2.0 CVT vs. Subaru Forester 2.0XT? Sulit sebenarnya menentukan mana yang lebih baik mengingat di samping selera setiap orang sangat variatif juga kedua SUV ini sama-sama menawarkan keunggulan dengan pendekatan berbeda.

Bagi mereka yang menghendaki sebuah SUV yang mampu menjalankan tugas sebagai mobil keluarga tentulah All-new Nissan X-Trail terasa lebih ideal. Selain karena kenyamanan dan akomodasi yang lebih baik juga desainnya lebih pas digunakan sebagai mobil harian.

Komparasi All-new Nissan X-Trail vs. Subaru Forester 2.0

Sedangkan bagi mereka yang tinggal atau bekerja di medan yang kondisi jalanannya kurang baik atau bahkan tidak beraspal sudah barang tentu Subaru Forester 2.0XT layak dipilih. Desainnya mungkin tak sedinamis atau stylish seperti All-new Nissan X-Trail, namun SUV buatan Subaru ini lebih mampu menawarkan faktor fun to drive ketimbang kompetitornya itu.

Dari segi harga Subaru Forester 2.0XT yang dibanderol Rp 503 juta memang terasa lebih mahal dibanding harga All-new Nissan X-Trail 2.0 CVT yang dipatok Rp 413 juta (sebelum diskon). Namun yang perlu diingat adalah bahwa Subaru Forester sudah mengadopsi sistem penggerak AWD sementara All-new Nissan X-Trail di Indonesia tidak satupun yang menyediakan fitur serupa. Konsekuensi lainnya tentu saja pajak Subaru Forester 2.0XT bakal lebih tinggi dibanding All-new Nissan X-Trail karena sistem penggerak AWD tersebut.