// //

Webber: Kontrak Raikkonen – Ferrari Win Win Solution

Pembalap Red Bull yang sebentar lagi akan pensiun dari ajang Formula 1 menyebut bahwa penandatanganan kontrak antara Ferrari dan Kimi Raikkonen yang baru saja terjadi merupakan situasi win win solution baik bagi Raikkonen maupun tim kebanggaan Italia itu.

Kontrak dua tahun itu menurut Webber bagi Ferrari di satu sisi mendapat pembalap kelas satu meski usianya sudah terbilang uzur sambil menantikan kontrak Sebastian Vettel di Red Bull berakhir. Sementara di sisi lain Kimi yang kemungkinan aka pensiun dalam waktu dua tahun mendatang memiliki kesempatan memperebutkan gelar juara dunia bila bergabung dengan Ferrari.

Dengan perubahan regulasi Formula 1 2014 nanti Ferrari dan McLaren yang merupakan dua tim yang memiliki tradisi dan sejarah panjang di Formula 1 diprediksi bakal beroleh keunggulan di awal regulasi tersebut, Red Bull di sisi lain tentu tetap merupakan salah satu tim yang bakal mendominasi perebutan gelar konstruktor.


Keinginan Ferrari menggaet Vettel bukan lagi sebuah rahasia, bahkan konon dikabarkan Vettel-Ferrari sudah melakukan penandatanganan perjanjian pra-kontrak yang akan diselesaikan menjadi kontrak pada akhir tahun kejuaraan 2015 nanti.

Kepada Sky Sports Webber menyebutkan bahw kontrak dua pembalap Ferrari yaitu Alonso dan Raikkonen akan berakhir dalam dua tahun ke depan, demikian pula kontrak Vettel dengan Red Bull. Satu dari kedua pembalap Ferrari akan terancam posisinya oleh Vettel pada saat itu. Namun dilihat dari segi usia, besar kemungkinan Alonso yang akan dipertahankan untuk berduet dengan Vettel.

Webber menambahkan bahwa keputusan Ferrari merekrut Kimi hanyalah sebuah rencana jangka pendek dari rencana sesungguhnya dari tim asal Italia itu yang bakal terwujud dua tahun lagi. Keputusan jangka pendek ini juga diharapkan memperbaiki peluang Ferrari untuk menjadi kandidat kuat juara konstruktor di Formula 1.

Sumber berita: Sky Sports
Sumber gambar: Sutton Image