// //

Honda Luncurkan Honda CR-V Diesel 1.6 Liter

Dalam kondisi terpuruk dan menurunnya popularitas Honda CR-V secara signifikan di pasar global tidak ada pilihan lain bagi Honda selain mendengarkan keinginan konsumennya.

Lewat pendekatan itulah akhirnya pabrikan Jepang ini memutuskan untuk meluncurkan Honda CR-V 1.6 liter Diesel yang akan resmi tersedia di pasar per 19 Oktober tahun ini.



“Konsumen kami mengharapkan sebuah SUV dengan daya muat yang besar, posisi duduk tinggi namun tetap lincah di jalanan. Konsumen juga menghendaki mobil SUV tersebut dinamis dan ekonomis namun tetap terjangkau dari sisi harga”. Demikian ungkap Christoph Rust selaku juru bicara Honda di sela-sela peluncuran Honda CR-V bermesin Diesel 1.6 i-DTEC.

Mesin Diesel yang digunakan sebagai dapur pacu Honda CR-V ini adalah varian pertama dari generasinya sekaligus juga dikombinasikan dengan gearbox versi baru yang dinamai sebagai “Honda Earth DreamsTechnology”. Namun pertanyaannya: akankah Honda CR-V dengan mesin baru ini bakal mengembalikan popularitas SUV tersebut?

Kami berpikir demikian, Honda CR-V generasi keempat ini memang hanya memiliki tenaga maksimum 120 hp dan minus sistem penggerak empat roda. Meski demikian mobil baru Honda ini masih cukup meyakinkan dengan waktu akselerasi hanya 11,2 detik dari 0-100 km/jam dan kecepatan maksimal hingga 182 km/jam. Torsi maksimal yang dihasilkan juga tidak memalukan yaotu 300 Nm. Dengan performa mesin demikian Honda CR-V terbaru ini hanya mengkonsumsi 4,5 liter BBM per 100 km. Bobot mesin dan transmisi yang lebih ringan juga merupakan point plus lain bagi mobil ini.



Memang Honda CR-V sudah hadir sebelumnya dengan mesin Diesel 2.2 liter, namun mesin 1.6 liter ini bukan hanya lebih murah namun juga lebih hemat bahan bakar. Tak diragukan lagi bahwa mobil baru bermesin Diesel ini bakal kembali mendongkrak popularitas CR-V.