// //

Review Jeep Cherokee Limited 2.4

Jeep Cherokee memulai debutnya di Indonesia pada IIMS 2014 lalu oleh Garasindo Inter Global. Desain yang diusung kali ini sedikit berbeda dari yang sudah-sudah. Meski tetap mempertahankan kemampuannya menaklukkan medan berat namun desain moncong ala hiu macan menjadikannya lebih berkesan sporti.

Bodi panel angular yang mendominasi eksterior Jeep Cherokee bertolak belakang dari para pendahulunya. Sulit untuk menyebut tampangnya lebih ke arah sporti atau berkesan garang, mungkin kata unik lebih tepat merepresentasikan desain baru SUV keluaran Jeep ini. Pastinya dengan tampang yang baru Jeep Cherokee tampak lebih pendek dari SUV pada umumnya dan bisa jadi juga lebih aerodinamis.

Jeep Cherokee Limited 2.4 Masuk Indonesia

Harga Spesifikasi Jeep Cherokee Limited 2.4

Sementara di bagian interior Jeep Cherokee sudah sama sekali meninggalkan aura mobil penakluk medan berat. Desainnya kini tampak lebih modern sekaligus tampak lega. Namun lingkar kemudi khas mobil-mobil keluaran Jeep masih tetap dipertahankan seolah sudah menjadi ciri yang lekat dengan Jeep.
Di bagian bawah jok penumpang depan juga tersedia kompartemen yang cukup tersembunyi namun ukurannya relatif besar. Kompartemen ini cukup fungsional untuk menyimpan barang-barang berharga seperti laptop dan sebagainya ketika mobil diparkir.

Spesifikasi Jeep Cherokee Limited 2.4

Jeep Cherokee Limited 2.4 di Indonesia

Interior Jeep Cherokee Limited 2.4

Panel instrumennya juga didesain ulang sehingga lebih atraktif mendukung kesan modern namun informatif dan fungsional. Pada konsol tengah ditempatkan sebuah layar monitor berukuran 7 inch yang dijamin mampu memberikan hiburan maksimal selama perjalanan.
Masih di konsol tengah terdapat beberapa tombol untuk mengatur sistem penggerak empat roda yang seolah kembali menegaskan bahwa dibalik tampang modern dan premium masih tersembunyi karakter asli Jeep Cherokee sebagai mobil penjelajah medan berat.

Wheelbase Jeep Cherokee sendiri panjangnya 2.719 mm maka tak heran jika kabinnya terasa begitu lapang. Bukan hanya nyaman untuk penumpang namun dengan kapasitas bagasi 591 liter menjadikan Jeep Cherokee salah satu yang terlega di kelasnya.

Jeep Cherokee Limited 2.4 Indonesia

Di sektor dapur pacu tampaknya Jeep mulai mempertimbangkan efisiensi dengan menempatkan mesin berkapasitas lebih kecil. Mesin berkapasitas 2.4 liter ini mampu menghasilkan daya maksimum 176,4 PS dan torsi puncak 229 Nm yang didapat pada putaran 3900 rpm. Meski dengan bodi yang terbilang besar namun output mesin ini terbukti cukup mumpuni mengajak Jeep Cherokee berakselerasi dengan ringan.

Spesifikasi Jeep Cherokee Limited 2.4

Engine
Engine Capacity 2360cc
Engine Type Straight 4
Power 174bhp @ 6400rpm
Torque 229Nm @ 3900rpm
Performance
Top Speed 175 km/h
Fuel Consumption (combined) 8.8 km/L
Misc Technical Data
Drive Type FF
Steering Electric
Measurements
Body Type SUV
Dimension
(L x W x H)
(4624 x 1859 x 1707) mm
Wheelbase 2719 mm
Fuel Tank Capacity 60 L
Brakes
Brakes (Front) Ventilated Discs
Brakes (Rear) Discs

Salah satu fitur baru yang diusung pada Jeep Cherokee adalah transmisi ZF sembilan kecepatan. Transmisi sembilan kecepatan mungkin terasa asing bagi sebagian besar orang, namun transmisi ini secara mengejutkan mampu mentransfer tenaga dengan lembut dengan timing tepat tidak seperti yang dibayangkan banyak orang.

Begitu berada di balik kemudi Jeep Cherokee seketika akan disadari bahwa sejak awal mobil ini dirancang lebih untuk digunakan di jalan raya ketimbang medan berat. Lingkar kemudi yang ringan adalah salah satunya yang mungkin tidak akan disukai oleh para penggemar off-road namun pastinya membuat mobil ini nyaman kala diajak berkendara di dalam kota.

Harga Jeep Cherokee Limited 2.4

Secara menyeluruh Jeep Cherokee merupakan transformasi besar dari generasi sebelumnya yang kini tampak lebih “beradab” dan layak digunakan di perkotaan. Meski demikian kemampuannya menaklukkan medan berat tidak lantas dihilangkan begitu saja, bahkan rasa-rasanya kemampuan Jeep Cherokee di medan berat masih setara dengan saudara kandung yang memang sampai sekarang masih tetap di habitatnya yaitu Jeep Wrangler.
Satu-satunya kelemahan Jeep Cherokee yang rasanya masih wajar untuk mobil dengan dimensi sebesar ini adalah gejala body roll kala menikung dengan kecepatan tinggi.