KTM RC200 yang tak lain adalah versi full fairing dari KTM 200 Duke resmi dirilis beberapa waktu lalu. Kehadiran KTM RC200 di Indonesia sendiri sudah lama dinanti oleh para penggemar motor. Namun hingga saat ini kepastian mengenai waktu serta harga KTM RC200 di Indonesia masih diliputi misteri.
KTM RC200 di India sendiri sudah dirilis sejak sebulan yang lalu dan siap bertempur dengan para kompetitor di kelas yang boleh dibilang sudah menjadi red ocean itu. Kondisi pasar motor di negara tersebut tidak banyak berbeda dengan Indonesia. Karena itu keputusan pabrikan terjun di segmen super kompetitif itu lewat KTM RC200 cukup mengejutkan.
Kesamaan antara RC200 dengan RC390 tampak cukup kental dibeberapa bagian. Lampu dual projector dengan DRL berbentuk bumerang menjadikan tampangnya cukup agresif dari depan. Sementara itu desain tanki-nya juga makin mendukung kesan sporti meski pada sisi lain kapasitasnya hanya 10 liter.
Perhatian KTM terhadap hal-hal detil layak diacungi jempol, tengok saja misalnya rangka teralis yang diberi kelir oranye senada dengan velg-nya dan dibiarkan terbuka begitu saja.
Meski menggunakan basis yang sama dengan 200 Duke namun ternyata penambahan fairing memberi tambahan bobot yang cukup signifikan yaitu 12 kg. Desain fairing-nya sendiri terbilang rumit sehingga proses mencuci motor bakal menjadi tantangan tersendiri.
Berbeda dengan fairing RC390 yang diguyur dengan warna putih, KTM RC200 didominasi oleh warna hitam.
Di balik fairing tersebut tersembunyi dapur pacu berkapasitas 200 cc yang digunakan pula oleh KTM 200 Duke. Dapur pacu ini mampu memuntahkan daya maksimum 25 PS dan torsi maksimum 19 Nm yang lagi-lagi tidak berubah sama sekali dari 200 Duke. Dengan cukup percaya diri pihak pabrikan juga tidak mengubah rasio gear pada transmisi enam kecepatannya. Respon serta akselerasinya sendiri diklaim sebaik 200 Duke meski ada penambahan bobot.
Spesifikasi KTM RC200
Design | Single-cylinder, 4-stroke, spark-ignition engine, liquid-cooled |
---|---|
Displacement | 199.5 cm³ |
Bore | 72 mm |
Stroke | 49 mm |
Performance | 19 kW (25 hp) |
Starting aid | Electric starter |
Transmission | 6-speed, claw shifted |
Engine lubrication | Wet sump |
Primary gear ratio | 22:72 |
Secondary gear ratio | 14:42 |
Cooling system | Liquid cooling system, continuous circulation of cooling liquid with water pump |
Clutch | Clutch in oil bath / mechanically operated |
Ignition system | Contactless, controlled, fully electronic ignition system with digital ignition timing adjustment |
Frame | Tubular space frame made from steel tubes, powder-coated |
---|---|
Fork | WP Suspension 4357 |
Shock absorber | WP Suspension 4618 EM |
Suspension travel front | 125 mm |
Suspension travel rear | 150 mm |
Brake system Front | Disc brake with four-pot brake caliper |
Brake system Rear | Disc brake with one-pot brake caliper, floating brake discs |
Brake discs - diameter front | 300 mm |
Brake discs - diameter rear | 230 mm |
Chain | 5/8 x 1/4” X‑Ring |
Steering head angle | 66.5° |
Wheel base | 1,340±15 mm |
Ground clearance (unloaded) | 178.5 mm |
Seat height (unloaded) | 820 mm |
Total fuel tank capacity approx. | 10 l Unleaded premium fuel (95 RON) |
dry weight | 137.5 kg |
Didukung oleh suspensi depan model upside down dan suspensi monoshock di bagian belakang konon kualitas handling terasa lebih baik dari rata-rata kompetitor di kelasnya. Namun tokoh utama kualitas handling KTM RC200 ini bukan kedua suspensi tersebut melainkan pada desain rangka teralis dengan tambahan sub-frame yang sedikit membedakan KTM RC200 dengan KTM 200 Duke.
Berkat suspensi dengan setting keras serta wheelbase yang termasuk pendek di atas kertas KTM RC200 mampu keluar masuk tikungan dengan lebih cepat dan lincah dibanding 200 Duke.
Kelemahan KTM RC200 rata-rata adalah kelemahan yang sama dengan umumnya motor kategori sport yaitu posisi pengendara yang menunduk. Pada satu sisi handling-nya lebih baik dibanding naked bike namun pada sisi lain menjadi tidak praktis terutama jika terjebak kemacetan di dalam kota.
Bagaimanapun dengan kelemahan dan kelebihan KTM RC200 motor sport terbaru dari KTM di kelas 200 cc ini tampak menarik bahkan ketika baru melihatnya saja. Selama ini pabrikan asal Austria itu selalu tampak memiliki konsep yang jelas ketika merancang dan hendak merilis produk baru. Bukan sekedar membanjiri pasar dengan produk untuk memperluas pangsa pasar seperti yang dilakukan sebagian besar kompetitor, dan KTM RC200 juga bukanlah sebuah perkecualian.