// //

Chevrolet Cruze Versi China

Setelah sebelumnya General Motors memperkenalkan Chevrolet Cruze terbaru, ternyata pihak GM Shanghai pilih menempuh jalur berbeda lewat desainnya sendiri. Sementara Chevrolet Cruze versi Amerika Utara tampil dengan minor facelift dibandingkan versi sebelumnya, Chevrolet Cruze versi China menampilkan banyak kesamaan dengan mobil-mobil keluaran Kia atau Hyundai.

Lantas apa alasan GM Shanghai merilis desainnya sendiri? Tampaknya popularitas Chevrolet Cruze di pasar tersebut mendorong kepercayaan diri yang tinggi bagi pihak GM Shanghai untuk merilis desain berbeda. Memang mobil sedan kelas C merupakan kategori yang paling populer di negara tersebut, dan Chevrolet cukup dominan dengan Cruze.

Chevrolet Cruze
Chevrolet Cruze versi GM Shanghai

Chevrolet Cruze
Chevrolet Cruze versi GM Amerika Utara

Desain Chevrolet Cruze lansiran GM Shanghai ini sendiri mengadopsi mobil konsep Chevrolet Tru yang sempat ditampilkan pada saat Detroit Auto Show pada tahun 2012 lalu. Dibandingkan Cruze versi Amerika, desain headlights Cruze versi China ini tampak lebih tajam dan grille nya pun menampilkan aura yang lebih agresif ketimbang Cruze keluaran Amerika. Dalam banyak hal desainnya memiliki kemiripan dengan Kia Forte.

Chevrolet Cruze
Chevrolet Cruze versi GM Shanghai

Chevrolet Cruze
Chevrolet Cruze versi GM Amerika Utara

Pada bagian mesin Chevrolet Cruze bakal tersedia dalam dua versi yaitu mesin berbahan bakar bensin empat silinder dengan kapasitas 1.5 liter dan mesin turbo diesel berkapasitas 1.4 liter. Pihak GM Shanghau sendiri mengklaim bahwa mesin Chevrolet Cruze terbaru ini lebih ekonomis sekitar 14-21% dibanding pendahulunya.