// //

Kupas Tuntas Dibalik Harga BMW X3 Indonesia

Harga BMW X3 di Indonesia saat ini dibuka dengan xDrive20d di kisaran Rp 820 juta-an, sementara itu xDrive20i sekitar Rp 10 juta lebih mahal ketimbang base version-nya dan seri tertinggi diisi oleh xDrive35i pada kisaran harga Rp 1 M yang merupakan unit yang diuji coba pada review BMW X3 kali ini. Lewat All New BMW X3 ini pabrikan Bavaria itu melakukan banyak penyempurnaan jika dibanding X3 generasi pertama. Ambisi All New BMW X3 adalah mengembalikan dirinya pada masa-masa emas ketika Volvo XC60 dan Audi Q5 masih belum dilahirkan dan bersama Lexus RX mobil SUV BMW ini merupakan penguasa di kelasnya.

Jika BMW X3 generasi pertama yang dikenal juga sebagai BMW E83 X3 tampil dengan desain yang bisa dibilang tidak cukup menarik, kini lewat All New BMW X3 pabrikan mobil asal Jerman itu secara drastis memperbaiki kesalahannya. Dari segi tampilannya saja All New BMW X3 atau BMW X25 X3 lebih mirip sang kakak BMW X5, bahkan jika keduanya diparkir berjejeran maka tidak mudah membedakan keduanya kecuali mereka yang cukup akrab dengan BMW X3 dan X5.

Harga BMW X3 Indonesia

Harga BMW X3 Indonesia

Di bagian depan mobil SUV BMW ini menggunakan desain grille yang akrab dijumpai pada mobil BMW lainnya yang merupakan keluarga Series 5 dan Series 7. Secara keseluruhan bagian bonnet (moncong) X3 hingga ke bumper memiliki banyak kemiripan dengan BMW X6. Namun di bagian belakang lagi-lagi desain tail lamps dengan desain mengkotak kembali mengingatkan pada BMW X5.

Velg-nya sendiri meski BMW X3 tipe xDrive35i menggunakan ukuran 18 inch sebagaimana halnya dengan X5 namun sekilas ukuran velg pada X3 tampak lebih kecil ketimbang X5.
Secara umum desain All New BMW X3 tak bisa dibilang revolusioner sebab banyak bagiannya yang terkesan mencomot dari mobil BMW tipe lain, namun jika dibandingkan X3 generasi sebelumnya jelas versi terbaru ini jauh lebih menarik tanpa meninggalkan kesan premium.

Performa BMW X3

Performa handling dan dapur pacu BMW X3 terbilang mengaggumkan mengingat dimensinya yang sebenarnya bukan termasuk compact SUV, meski BMW mengklaimnya demikian. Dapur pacu yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 310 PS dan torsi maksimal 400 Nm ini mampu melesatkan BMW X3 dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,7 detik. Sementara itu top speed yang sanggup diraih oleh SUV BMW ini mencapai kecepatan 240 km/jam.

Harga BMW X3 Indonesia

Mesin X3 terbilang berisik meski masih dalam batasan wajar, namun jika Anda membandingkannya dengan mesin Lexus RX segera Anda akan menyadari betapa ributnya mesin BMW X3 ini. Gejala turbo lag kerap dialami oleh dapur pacu berkapasitas bersih 2979 cc ini, namum gejala tersebut hilang manakala putaran mesinnya berada di atas 2000 rpm. Putaran menengahnya terasa mantap, sehingga akselerasi X3 sangat meyakinkan. Sementara fitur auto stop/start-nya meski mampu menghemat bahan bakar namun seperti pernah kami sebutkan ketika mengulas VW Tiguan beberapa waktu lalu bahwa fitur ini tak terasa praktis untuk berhadapan dengan pengemudi lain di Indonesia yang rata-rata kampungan, dalam arti buru-buru membunyikan klakson atau menekan pedal gas begitu lampu hijau di traffic lights menyala.

Untungnya BMW menyadari bahwa tak semua pengemudi mengharapkan kehadiran fitur auto stop/start ini sehingga pihak pabrikan memberikan opsi kepada pengemudi untuk menonaktifkan-nya dengan cara yang cukup simple.

Mendukung performa dapur pacunya BMW menanamkan transmisi delapan percepatan yang diambil dari BMW Series 5. Transmisi matic ini terasa sangat responsif dalam meladeni mesin 3.0 liter milik BMW X3.
Jika sang kakak BMW X5 terkenal dengan performa handling yang mumpuni dan stabil layaknya sebuah mobil hatchback maka Anda bisa mengharapkan performa yang kurang lebih sama pada BMW X3 ini. Bahkan dimensinya yang sedikit lebih kompak menjadikan X3 terasa lebih lincah dan stabil keluar masuk tikungan ketimbang X5.

Berada di balik kemudi BMW X3 seringkali membuat pengemudi lupa bahwa dirinya sedang mengemudikan sebuah mobil SUV, sebab dalam banyak hal karakter handling-nya memiliki banyak kemiripan dengan mobil hatchback.
Bukan hanya itu, BMW X3 bukan cuma raja di jalan beraspal namun berkat sistem xDrive dan fitur Hill Descent Control mobil SUV mewah berlogo BMW ini juga mumpuni jika harus diajak ke jalanan yang tidak beraspal (off road) selama medannya tak terlalu ekstrem.


Kabin BMW X3

Di sektor kabin bisa dilihat bahwa dashboard mengadopsi model instrumen yang sama dengan BMW Series 5. Di bagian tengah tampak sebuah layar monitor LCD untuk mengoperasikan sistem iDrive yang juga umum ditemukan pada mobil-mobil BMW lainnya.

Harga BMW X3 Indonesia

Harga BMW X3 Indonesia

Di kabin belakang BMW X3 menyediakan ruang cukup lega dengan berbagai perangkat penambah kenyamanan bagi penumpang seperti cup holders yang rasanya tak berlebihan jika BMW mengklaim kenyamanan kabin X3 adalah yang terbaik di kelasnya.