// //

Menilik Keunggulan dan Kelemahan BMW 318i M40

BMW 318i M40 adalah salah satu mobil BMW bekas yang paling banyak diminati kendati usianya sudah tidak lagi muda. Jujur saja membeli mobil bekas buatan Eropa adalah sebuah pilihan yang beresiko mengingat sebagian besar pemilik awal mobil-mobil ini cenderung melakukan modifikasi secara berlebihan. Tengok saja betapa banyak hasil modifikasi BMW 318i M40 yang bisa kita temukan di jalanan sehari-hari.

Namun jika memang Anda tetap menghendaki membeli mobil bekas buatan Eropa berusia lebih dari lima belas tahun maka memang tak ada pilihan yang lebih baik ketimbang BMW 318i M40. Kuncinya tentu saja Anda harus sabar dan jeli dalam berburu mobil bekas BMW yang lahir pada era tahun 80-an ini. Jika beruntung mendapatkannya dalam kondisi orisinil dan terawat maka hampir pasti Anda bakal memperoleh mobil bekas yang bandel dan awet, sebaliknya jika kondisi awalnya sudah merupakan bekas modifikasi atau tidak terawat maka bersiap-siap saja untuk menghabiskan waktu dan biaya dalam merawatnya.

Di antara sekian banyak mobil Eropa keluaran era 80-an memang BMW 318i M40 adalah salah satu yang tampil paling sporti dan dinamis dibanding mobil lain di kelas ini. Bukan sekedar tampilan luarnya saja yang menarik dari mobil BMW yang berasal dari keluarga Series 3 ini, dalam hal performa, handling maupun pengereman pun BMW 318i M40 memiliki keunggulan dibanding rival-rivalnya.

Kelemahan BMW 318i M40

Perjalanan BMW 318i M40

BMW 318i M40 atau yang dikenal juga sebagai E30 3-Series 318i memulai debutnya pada tahun 1983 sebagai sebuah sedan dua pintu dengan sistem penggerak roda belakang. Namun pada perkembangannya dikemudian hari pabrikan asal Jerman itu memunculkan juga versi empat pintu untuk memenuhi permintaan konsumen kala itu.

Spesifikasi dapur pacu BMW 318i M40 sendiri adalah mesin 1.8 liter empat silinder yang menghasilkan tenaga maksimal 77 kW dan torsi masimal 145 Nm. Jika dibandingkan mobil BMW terbaru jelas performa mesin 1.8 liter tersebut tampak bukan apa-apa, namun untuk ukuran mobil pada jaman itu torsi dan tenaga maksimal yang dihasilkan sudah terbilang istimewa.

Sementara untuk transmisinya sendiri BMW menyediakan dua opsi yaitu transmsi manual lima kecepatan dan transmisi matic tiga kecepatan. Suspensinya sendiri mengandalkan suspensi independent dan keempat rodanya sudah menggunakan rem tipe cakram.

Untuk BMW 318i M40 yang diproduksi pada tahun 1985 perusahaan otomotif Bavaria itu sudah melengkapi mobilnya dengan sistem audio buatan Alpine. Tentu sistem audio yang dimaksud adalah radio dan kaset bukan CD atau lebih-lebih MP3 Playback sebagaimana umum diketemukan pada mobil masa kini. Sementara untuk power steering sendiri pada jaman itu masih merupakan aksesoris optional.

Satu tahun kemudian atau tepatnya tahun 1986 BMW 318i M40 dilengkapi dengan suspensi tipe sport, mesinnya sendiri kemudian ditingkatkan hingga mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 83 kW.

Kelemahan BMW 318i M40

Jual BMW 318i M40

Modifikasi BMW 318i M40

modif BMW 318i M40

Fitur seperti power steering, AC serta sistem audio keluaran Eurovox sendiri baru menjadi kelengkapan standar untuk mobil BMW 318i M40 tahun produksi 1989. Jika Anda adalah salah satu yang sedang berburu mobil bekas BMW 318i M40 ini maka kami sangat menyarankan untuk mencari tahun produksi akhir 1989 tersebut. Selain relatif masih muda ketimbang tahun-tahun sebelumnya juga karena kelengkapan standarnya sudah cukup memenuhi syarat untuk digunakan sebagai kendaraan masa kini.



Performa BMW 318i M40

Sementara untuk performanya sendiri BMW 318i M40 versi manual masih terbilang cukup handal untuk kondisi jalanan di Indonesia. Transmisinya cukup halus dan responsif sementara handling-nya juga terbilang nyaman. Bahkan power steering yang terpasang pada BMW Series 3 keluaran tahun akhir 1989 ini termasuk ringan dan mungkin lebih baik ketimbang mobil murah yang menjamur di Indonesia belakangan ini.

modif BMW 318i M40

Di bagian kabin sendiri jok depan baik untuk pengemudi dan penumpang terasa nyaman dan suportif, tentu dengan asumsi Anda memperoleh BMW 318i M40 bekas dalam kondisi standar dan terawat. Jika yang Anda peroleh adalah mobil bekas BMW yang sudah pernah dimodif atau tidak terawat maka tentu lain ceritanya. Meski terbilang mobil tua namun tampak sekali bagaimana saat itu para desainer BMW sudah memikirkan penempatan instrumen yang logis dan mudah dipahami. Dan meski sistem audio nya hanya berupa radio dan pemutar pita kaset namun sistem audio bawaan mobil BMW mampu menghasilkan suara yang jernih dan mantap tanpa perlu menggantinya dengan produk aftermarket kecuali jika memang Anda menghendaki CD/MP3 Playback. Lagi-lagi dalam kondisi terawat AC bawaan BMW 318i sangat memadai untuk menyejukan kabin dari terik matahari atau suhu panas di luar.

Anda cukup beruntung jika menemukan BMW 318i M40 keluaran tahun 1990 dalam kondisi baik. Dari segi performa mesin mobil BMW bekas dengan dua pintu keluaran tahun 1990 itu lah yang menjanjikan performa mesin terbaik.

Mesin yang diusung adalah mesin 24 katup empat silinder berkapasitas 1.8 liter yang mampu memuntahkan tenaga maksimal 100 kW dan torsi maksimal 172 Nm. Dengan transmisi manual lima kecepatan dalm kondisi prima mobil ini masih mampu melaju hingga kecepatan 202 km/jam. Jika Anda cukup beruntung menemukan BMW 318i M40 tahun produksi Oktober 1990 bahkan mobil ini sudah dilengkapi dengan ABS, leather trim dan sport seats.

Sejauh ini hanya keunggulan dari mobil ini yang terus disebut, lantas apa sebenarnya kelemahan BMW 318i M40? Pertama jelas mesin tua dengan kapasitas lumayan pada mobil ini bakal mengkonsumsi BBM dalam jumlah besar. Kedua sebagaimana sudah disebut bahwa usianya yang terbilang uzur bakal menuntut perhatian lebih dari pemiliknya, berburu spareparts BMW 318i M40 pun butuh banyak kesabaran.


Secara umum pilihan yang terbaik dalam berburu mobil BMW bekas adalah mencari tahun produksi terkini dengan catatan odometer yang seminim mungkin. Mengingat sebagian besar mobil ini sudah pernah dimodifikasi dan usianya sudah lebih dari dua puluh tahun maka sebaiknya Anda sangat teliti dan ekstra sabar dalam melakukan perburuan mobil bekas BMW 318i M40 jika tidak ingin mengalami kekecewaan dikemudian hari atau dipaksa mengeluarkan biaya perawatan dan perbaikan yang jauh melampaui anggaran.

Jika beruntung cobalah mengusahakan memperolehnya dari tangan pertama, sebab pada awalnya BMW 318i M40 ini masuk dalam kategori mobil mewah. Karena itu pemilik tangan pertama pasti cenderung memperlakukannya dengan hati-hati dan merawat dengan baik. Sebaliknya pembeli yang merupakan tangan kedua atau bahkan ketiga umumnya sudah melakukan modif berlebihan yang secara drastis merusak kualitas asli mobil BMW ini sendiri. Fenomena ini lebih-lebih bakal sering dijumpai pada mobil bekas BMW Series 3 karena modelnya cenderung digemari oleh anak muda yang gemar kebut-kebutan atau melakukan modifikasi terhadap tunggangannya.

Cukup banyak kata “beruntung” dalam artikel ini bukan? Ya! sebab memang Anda butuh banyak keberuntungan untuk memperoleh mobil BMW bekas ini dalam kondisi yang layak pakai. Selamat berburu!