// //

Uji Suzuki SX4 Terbaru: SX4 S-Cross

Sejak awal diperkenalkannya Suzuki SX4 tidak pernah menunjukkan positioning yang jelas. Suzuki seolah ingin mengakomodir dua kelas sekaligus yaitu mobil hatchback dengan posisi dudukan tinggi sekaligus sebuah SUV.

Tak heran jika bukan menjadi perkara mudah untuk mengklasifikasikan mobil ini, untuk ukuran city car jelas mobil keluaran Suzuki ini lebih tinggi dari rata-rata mobil dalam ketegori tersebut, sementara sebagai SUV mobil ini juga tidak cukup tangguh memenuhi standar SUV lain.

Sayangnya hingga generasi kedua Suzuki SX4 atau yang disebut sebagai Suzuki SX4 S-Cross pihak pabrikan berlogo huruf S tersebut masih belum berani menegaskan diri dimana sebenarnya posisi mobil terbaru buatan mereka itu.

Dilihat dari desainnya memang Suzuki SX4 terbaru ini berkesan lebih macho ketimbang pendahulunya. Panjang dan lebarnya pun melebihi SX4 generasi pertama.
Sayangnya dari dilihat secara menyeluruh Suzuki tidak tampak melakukan inovasi desain berarti, sebab desain Suzuki SX4 S-Cross terbilang generik alias mirip-mirip dengan mobil lain di kelasnya. Jika Anda cukup akrab dengan Nissan Dualis maka Anda akan temukan kemiripan antara keduanya di bagian buritan.

SX4 terbaru


SX4 S-Cross

Sama halnya dengan SX4 generasi pertama, Suzuki menawarkan Suzuki SX4 S-Cross dengan versi penggerak roda empat sementara versi termurahnya masih tetap menggunakan penggerak roda depan.

Masuk ke kabin Anda akan menemukan suasana yang tak jauh beda dari kabin Suzuki Swift, jadi jika Anda sudah familiar dengan hatchback keluaran Suzuki itu maka Anda takkan merasa asing dengan berbagai instrumen dan tombol pada Suzuki SX4 S-Cross.

Meski dashboard-nya tetap mempertahankan bahan plastik yang berkesan murahan namun lingkar kemudi nyaman digenggam, dan tombol-tombol di lingkar kemudi tersebut memberikan nuansa mewah pada mobil terbaru keluaran Suzuki itu.

Meski positioning-nya tidak jelas namun Suzuki tegas dalam mengedepankan ruang lega pada Suzuki SX4 S-Cross yang membedakan dengan mobil hatchback, karenanya Anda akan disuguhkan kabin dan bagasi super lega yang tak ditemukan pada kompetitornya.

Di bagian dapur pacu sendiri Suzuki SX4 S-Cross tersedia dalam pilihan mesin berbahan bakar bensin dan mesin Diesel, keduanya menawarkan kapasitas 1.6 liter. Dari sisi tenaga maksimal pun keduanya setara yaitu 88 kW, namun mesin Diesel memiliki torsi maksimum 320 Nm sementara versi bensin hanya 156 Nm.

Meski saat berakselerasi mesin Diesel Suzuki SX4 S-Cross terasa lebih kasar ketimbang versi mesin bensin namun pada putaran mesin 1500 rpm terasa sekali tenaganya yang mengungguli versi bensin. Untuk perjalanan jauh terlebih di jalan bebas hambatan Suzuki SX4 S-Cross Diesel merupakan pilihan lebih baik.

Di lain pihak Suzuki SX4 S-Cross berbahan bakar bensin meski menawarkan akselerasi yang lebih halus namun sering terasa kedodoran ketika melewati tanjakan atau dimuati penuh oleh penumpang.

Dari segi pengendalian Suzuki SX4 S-Cross menawarkan kelincahan dan stabilitas yang baik, belokan tajam dengan kecepatan tinggi bukan masalah besar bagi Suzuki SX4 S-Cross.

Meski pengendaliannya baik namun sebagai mobil keluarga Suzuki SX4 S-Cross kurang nyaman mengingat settingan suspensinya yang kelewat keras untuk sebuah mobil keluarga. Saat dikendarai dalam kecepatan tinggi tak jadi soal, namun ketika digunakan di dalam kota dengan kecepatan sedang atau rendah maka sedikit goncangan akibat jalan yang tak rata bakal menyiksa penumpang Suzuki SX4 S-Cross.