// //

Suzuki Lakukan Recall Terhadap Grand Vitara dan SX4

Sebanyak 193.936 unit mobil yang terdiri dari Suzuki Grand Vitara dan Suzuki SX4 buatan tahun 2006 hingga 2011 di recall karena cacat pada sensor airbag yang memerintahkan airbag tersebut untuk aktif jika terjadi kecelakaan sekalipun penumpang di jok depan adalah anak-anak.

Recall yang dilakukan oleh Suzuki America tersebut dilakukan untuk Suzuki Grand Vitara keluaran tahun 2006-2011 yang diproduksi sebelum tanggal 27 April 2011 dan Suzuki SX4 tahun 2007-2011 yang diproduksi sebelum tanggal 11 Mei 2011.

Suzuki sebelumnya sudah merekomendasikan pemilik mobil-mobil tersebut untuk melakukan service air bag pada bulan September 2012 lalu namun belum secara resmi menyebutnya sebagai recall


Airbag memang memberikan manfaat bagi keselamatan pengemudi dan penumpang mobil pada saat terjadi kecelakaan atau benturan keras, namun sensor airbag tidak semestinya memicu airbag untuk aktif manakala ada anak kecil yang duduk sebagai penumpang di jok depan, sebab airbag justru membahayakan keselamatan anak-anak.

Meski demikian karena keterbatasan komponen maka peringatan recall mobil Suzuki tersebut baru bisa dilakukan pada bulan Oktober 2013 dan pemilik mobil-mobil tersebut akan mendapatkan peringatan kedua manakala komponen sudah tersedia. Hingga saat ini Suzuki sendiri mengklaim bahwa tidak ada kecelakaan yang tercatat akibat kegagalan sensor tersebut.

Di Amerika sendiri Suzuki sudah menarik diri dari pasar roda empat akibat lesunya penjualan dan mengajukan pailit sejak bulan November tahun lalu. Saat ini Suzuki hanya menjual kendaraan roda dua, mesin boat dan ATV sambil melayani purna jual bagi kendaraan roda empat yang sudah terjual di pasar tersebut sebelumnya.