// //

Jajal Nissan Terrano Anyar

Nissan Terrano terbaru belum lama ini resmi diperkenalkan oleh perusahaan asal Jepang itu, meski mengusung basis yang sama dengan Renault Duster namun Nissan banyak melakukan ubahan eksterior yang menjadikan kedua mobil terbaru itu tak persis sama.

Nissan Terrano anyar itu mengusung desain yang lebih ramping dan kompak dibanding pendahulunya serta mengusung desain grill berbentuk “V” sebagaimana diaplikasikan juga pada beberapa mobil terbaru keluaran Nissan, salah satunya Nissan Pathfinder.

Meski dari samping masih banyak kemiripan antara Nissan Terrano dengan Renault Duster namun jika diperhatikan secara seksama keduanya tidak benar-benar mirip. Terrano memiliki desain yang lebih membulat daripada Duster, selain itu pilar B dan pilar C kedua mobil SUV ini juga tidak serupa.

Beda ceritanya jika dilihat dari buritan, jelas sekali keduanya bagai pinang dibelah dua. Kecuali fakta bahwa bagian tailgate didesain ulang yang menjadikan mobil Nissan itu berkesan lebih stylish dibanding kembarannya yang mengusung logo Renault.





Di bagian kabin Nissan Terrano banyak didominasi oleh kelir beige yang menggantikan dominasi kelir hitam pada desain aslinya, sentuhan warna ini menjadikan kabin Terrano berkesan lebih mahal dibanding Duster.

Untuk dapur pacu keduanya mengandalkan mesin yang sama yaitu dua tipe mesin Diesel berkapasitas 1.5 liter yang masing-masing menghasilkan tenaga maksimal 84 bhp dan 109 bhp serta mesin berbahan bakar bensin 1.6 liter. Ketiga tipe mesin pada Nissan Terrano itu berkombinasi dengan transmisi manual lima kecepatan.

Nissan Terrano Diesel bekerja dengan maksimal pada radius putaran 2500 hingga 4000 rpm, persis dengan karakter Renault Duster. Putaran menengahnya berisi yang memberi keunggulan dan rasa percaya diri ketika hendak mendahului kendaraan lain di jalan raya. Secara keseluruhan tidak ada kritikan bisa ditujukan untuk Terrano Diesel ini.

Sementara itu Nissan Terrano berbahan bakar Bensin juga tak kalah meyakinkan. Tarikan mesin terasa halus sementara tenaga terus berisi dalam setiap putaran. Mesin bensin ini mencapai performa puncak pada putaran mesin antara 2000 hingga 4500 rpm. Di atas 4500 rpm Anda akan merasakan raungan mesin kasar dan vibrasi yang terasa hingga pada pedal maupun lingkar kemudi.

Menariknya meski tampangnya tak lagi setangguh Nissan Terrano versi lama namun Terrano baru ini tak kalah dalam hal pengendalian. Mobil terbaru Nissan ini bukan hanya nyaman dikendarai namun tangguh melibas jalanan rusak, pengemudi bahkan tak perlu memperlambat kecepatan ketika melintas di jalan rusak.

Di jalan tol mobil ini melaju dengan stabil dalam kecepatan tinggi dan di dalam kota meski dimensinya tak bisa dibilang kecil namun cukup lincah diajak bermacet-macet di perkotaan maupun di lahan parkir yang sempit.

Secara keseluruhan Nissan Terrano anyar ini adalah sebuah SUV kompak yang layar dilirik dan ideal untuk berbagai keperluan dalam berbagai kondisi jalanan. Memang Renault Duster sendiri sudah memastikan akan hadir di Indonesia, namun bagi kami SUV keluaran Nissan ini lebih menarik ketimbang saudara kembarnya itu.