// //

Hyundai i20 Diesel atau All-new Ford Fiesta Diesel?

Mobil berukuran kompak dengan kapasitas mesin yang tidak terlalu besar menjadi trend mobil-mobil terbaru saat ini. Semakin hari mobil-mobil dengan kapasitas mesin kecil ini semakin banyak diproduksi oleh produsen otomotif di berbagai belahan dunia dan ternyata respon konsumen cukup positif.

Mobil terbaru dengan kapasitas mesin yang kecil memiliki keunggulan dalam hal konsumsi BBM dan ramah lingkungan, karenanya tak heran jika di negara-negara maju mobil macam ini juga digemari sebab selain harga BBM di sana sangat mahal sebagian besar masyarakatnya juga lebih peduli terhadap lingkungan.

Meski pada awalnya mobil-mobil ini tidak hanya didominasi oleh mesin berbahan bakar bensin bensin namun juga berbagi pasar dengan mobil bermesin turbodiesel namun belakangan ini mesin turbodiesel tampaknya mulai ditinggalkan setelah beberapa pabrikan seperti Ford mencoret varian mesin Diesel dari Ford Fiesta terbaru di beberapa negara. Alasannya tak lain karena mobil bermesin Diesel biasanya dijual dengan harga lebih mahal dan biaya perawatannya pun lebih mahal dibanding mesin bensin, karenanya konsumen lebih tertarik pada mesin bensin.

Beruntung Ford Fiesta Diesel masih tetap dijual di beberapa negara lain, namun Ford telah belajar dari masa lalu sehingga Ford Fiesta terbaru ini dijual dengan harga yang lebih masuk akal. Dengan mesin Diesel 1.6 liter tersebut kini Ford Fiesta bersaing di harga yang relatif sama dengan Hyundai i20 yang mengusung mesin Diesel berkapasitas 1.4 liter. Mana yang lebih baik diantara keduanya?

Kabin Hyundai i20 vs. All-new Ford Fiesta 2013

Hyundai i20 terbaru versi facelift bukan mobil bertampang culun sebagaimana mobil-mobil buatan Korea di masa lalu, meski demikian facelift Ford Fiesta terbaru jauh lebih menarik perhatian dengan desain agresif ala Aston Martin.




Walau demikian dari segi daya muat sebenarnya desain Hyundai i20 yang cenderung mengkotak mampu menampung lebih banyak dibanding Ford Fiesta terbaru yang desainnya relatif membulat. Keduanya memberikan ruang yang cukup nyaman bagi penumpang, namun Hyundai i20 terasa sedikit lebih lega.

Namun sebaliknya jika tidak dimuati oleh penumpang dan jok barisan belakang dilipat, Ford Fiesta yang memiliki volume 288 dm3 jelas mampu mengangkut sedikit lebih banyak muatan ketimbang Hyundai i20.

Untuk desain dashboard kedua mobil ini menganut aliran yang berbeda. Hyundai i20 tampak lebih mengutamakan fungsionalitas dan kesederhanaan sehingga semua instrument bisa dimengerti dengan mudah oleh pengguna baru sekalipun. Sebaliknya Fiesta mencoba menghadirkan desain yang futuristis sehingga meski enak dilihat namun pemilik baru perlu waktu cukup lama untuk memperlajarinya. Selain itu desain dashboard Hyundai i20 yang konvensional memberikan keuntungan lain, seiring dengan berjalannya waktu desain futuristic ala Fiesta akan menjadi aneh, sementara gaya konvensional ala i20 tak lekang oleh zaman.

Dari segi material meski keduanya sama-sama menggunakan material plastik namun Ford Fiesta memberikan pelapis pada joknya, sementara Hyundai i20 lebih jujur dengan membiarkan joknya yang berbahan kulit imitasi terlihat apa adanya.

Bicara soal standar keamanan Hyundai i20 juga lebih unggul dengan menawarkan enam air bag sementara Ford hanya menyediakan dua airbag.

Performa Hyundai i20 vs All-new Ford Fiesta 2013

All-new Ford Fiesta yang memiliki kapasitas mesin lebih besar unggul dalam hal akselerasi dibanding Hyundai i20, namun Hyundai tak setuju jika kapasitas mesin yang menjadi alasannya. Menurut Hyundai lambatnya akselerasi i20 dibanding Fiesta disebabkan oleh rasio transmisi dimana Fiesta hanya menawarkan transmisi lima kecepatan sementara i20 enam kecepatan.

Dengan rasio transmisi Hyundai i20 tentu konsumen berharap konsumsi BBM yang lebih irit ketimbang Ford Fiesta, namun faktanya tidak demikian. Ford Fiesta mengkonsumsi bahan bakar 5,3 liter/km sementara Hyundai i20 6 liter/km. Sejujurnya kedua mobil tersebut sama-sama mengecewakan dalam hal efisiensi bahan bakar. Dengan mesin turbodiesel tentu calon pembeli mengharapkan angka keiritan konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Bicara soal standar keselamatan kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan ABS. Di atas kertas Hyundai i20 lebih unggul karena menggunakan tipe disc di depan maupun belakang sementara All-new Ford Fiesta 2013 hanya mengandalkan tipe drum di bagian belakang.
Namun praktek di lapangan membalikkan keunggulan di atas kertas tersebut. Ketika diuji dalam 10 titik pengereman Hyundai i20 membutuhkan waktu 3,12 detik untuk berhenti dari kecepatan 100 km/jam sementara Ford Fiesta hanya membutuhkan waktu 2,95 detik.

Secara keseluruhan Hyundai i20 masih belum mampu mengungguli Ford Fiesta, meski memiliki keterbatasan dalam hal kapasitas ruang ketika mengangkut penumpang namun mobil terbaru Ford ini memiliki banyak keunggulan di sektor lain yang menjadikannya unggul atas mobil Korea itu.