// //

Suzuki Grand Vitara: SUV Tangguh di Medan Berat


Ketika berbicara soal SUV di Indonesia maka Honda CR-V, Mazda CX-5 Chevrolet Captiva adalah beberapa nama yang paling sering dipertimbangkan calon konsumen. Namun sebenarnya jika berbicara soal ketangguhan kendaraan di medan berat maka tidak ada yang lebih baik dibanding Suzuki Grand Vitara.

Kini dengan facelift dan mesin baru 2.4 liter-nya Suzuki Grand Vitara menawarkan performa off-road yang mumpuni dan sulit ditemukan pembanding sepadan di kelasnya.

Mesin 2.4 liter berbahan bakar bensinnya mampu menyemburkan tenaga maksimal 122 kW pada putaran 6000 rpm. Konstruksi sasis dan suspensi Suzuki Grand Vitara juga mendukung kemampuan SUV ini di medan berat dan jalanan yang rusak.

Di Indonesia Suzuki Grand Vitara 2.4 tersedia dalam dua varian yaitu yang mengusung transmisi otomatis empat kecepatan dan transmisi manual lima percepatan.


Suzuki Grand Vitara Indonesia

Harga Suzuki Grand Vitara


Road Test Suzuki Grand Vitara

Suzuki Grand Vitara yang diuji kali ini adalah tipe 2.4 AT yang dijual seharga Rp 335 juta. Selama pengujian sangat terasa bahwa SUV ini cukup mumpuni di putaran menengah, sayang konsumsi BBM-nya tergolong boros mengingat bobot mobil yang terbilang besar. Namun hampir semua SUV lain di kelas ini mengalami masalah yang sama.

Rasanya Suzuki perlu mengubah mapping ratio gear pada Grand Vitara 2.4 matic agar konsumsi BBM bisa lebih hemat.

Spesifikasi

Suzuki Grand Vitara

Mesin 2.4 liter bertransmisi otomatis ini memerlukan waktu sekitar 11,2 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam. Tidak terlalu fantastis untuk sebuah small SUV.

Seperti disebut di atas bahwa Suzuki Grand Vitara memiliki konstruksi yang memungkinkan melaju di medan berat, namun jangan dibayangkan SUV ini bakal mulus diajak off-road sebab suspensinya sudah disetting untuk memberikan kestabilan maksimal di jalan raya yang tidak cocok untuk medan off-road ekstrem.

Meski demikian dibanding SUV lain di kelasnya, Suzuki Grand Vitara tetap paling tangguh dalam menaklukkan medan berat. Boleh dibilang pada kondisi medan berat Suzuki Grand Vitara tidak tertandingi oleh rival-rivalnya.

Kemudi Grand Vitara sangat baik dalam hal presisi maupun feedback, performa rem nya juga bisa diandalkan meski ABS tidak akan berfungsi di medan berat.

Secara keseluruhan mobil baru keluaran Suzuki ini terbilang keras ketika dikendarai jika dibandingkan dengan Mitsubishi Pajero Sport misalnya, namun demikian tetap nyaman di segala medan.

Kabin Suzuki Grand Vitara

Suzuki tetap mempertahankan gaya dasboard yang sederhana dan efisien dengan nilai tambah pengatur sistem 4WD yang mudah dijangkau dan dioperasikan oleh pengemudi.

Suzuki Grand Vitara 2,4 liter


Jok pengemudi sangat nyaman untuk perjalanan jauh meski jangkauan lingkar kemudinya tidak bisa disetting sehingga mungkin akan menjadi kendala bagi pengemudi bertubuh ekstra.

Kursi di bagian penumpang juga didesain dengan baik sehingga penumpang dewasa pun bisa merasa nyaman dalam perjalanan jauh dengan Suzuki Grand Vitara.