// //

Komparasi Mobil 200 Jutaan Hyundai Grand i10 vs New Mitsubishi Mirage

Pilihan mobil harga kurang dari 200 Jutaan sebenarnya cukup banyak, jika kemarin Auto Je-Jo menilai bahwa Hyundai Grand i10 Facelift bakal jadi ancaman bagi Suzuki Ignis sebenarnya bukan sebagai satu-satunya ancaman. Sebab di rentang harga yang sama ada pilihan lain yaitu New Mitsubishi Mirage yang meski modelnya bukan selera semua orang tapi menawarkan kenyamanan yang superior untuk mobil dengan harga tak sampai Rp 200 Juta.

Karenanya untuk artikel kali ini Auto Je-Jo mencoba membandingkan Hyundai Grand i10 vs New Mitsubishi Mirage, kebetulan kedua-duanya sama-sama bertipe hatchback kelas A sehingga kemungkinan calon konsumen memperbandingkan keduanya dalam sebuah proses keputusan beli cukup besar.

Eksterior dan Interior Hyundai Grand i10 vs New Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage adalah mobil yang paling sulit dinilai menurut Auto Je-Jo, alasannya ketika pertama kali melihat penampilannya 3 tahun lalu komentar pertama yang langsung muncul adalah: “Ini mobil jelek sekali! Tampangnya aneh!”
Tapi begitu tahu fitur-fitur yang dimiliki tipe tertingginya bisa disetarakan dengan sebuah hatchback kelas B andalan Toyota tapi banderolnya tak sampai Rp 200 Juta Auto Je-Jo pun mulai jatuh hati.

Hyundai Grand i10 vs New Mitsubishi Mirage


Lihat saja lingkar kemudi dan shift knob -nya yang sudah berbalut kulit, juga fitur-fitur bawaan meliputi ABS+ABD, SRS Airbags, keyless entry hingga push start/stop engine button. Tahu kan Anda mana hatchback kelas B andalan Toyota yang Auto Je-Jo maksud yang punya fitur setara itu tapi banderolnya jauh lebih mahal?

Tahun lalu untungnya Mitsubishi memberikan minor facelift untuk memperbaiki penampilan “aneh” Mitsubishi Mirage generasi pertama. Kini penampilan New Mitsubishi Mirage lebih mudah dikagumi kalau menurut Auto Je-Jo. Velg yang dibuat berukuran lebih besar dengan balutan ban lebih lebar pula menjadikan penampilan culun dan cungkring tak lagi melekat kepadanya.

Pada interior New Mitsubishi Mirage memang tidak banyak penyempurnaan, hal mencolok paling-paling adalah kelir kabin yang kini lebih gelap. Sisanya benar-benar sekedar peremajaan penampilan. Tapi yang bagi saya menarik dan pantas diapresiasi adalah keberadaan headrest pada jok baris kedua, bukan cuma dua tapi bahkan tiga dan ketiganya bisa diatur ketinggiannya.
Bangku terbagi 60:40 yang dulu di kelas ini hanya dimiliki oleh Daihatsu Sirion sekarang diadopsi juga oleh New Mirage.

Jadi makin cinta Auto Je-Jo sama New Mitsubishi Mirage. Tampilan eksterior –nya keren, kenyamanan penumpang jok baris kedua yang dulu jadi kekurangan Mitsubishi Mirage sekarang sudah disempurnakan. Sisanya memang dari dulu sudah terbaik di segmennya, jadi kurang apa lagi?

Eitss... tunggu dulu, bagaimana dengan Hyundai Grand i10?
Hyundao Grand i10 versi facelift kini penampilannya benar-benar makin mirip mobil Eropa, cukup wajar mengingat benua tersebut memang menjadi salah satu pasar tujuan ekspor Grand i10 selama beberapa tahun ini.

Hyundai Grand i10 Facelift Indonesia

Berbeda halnya dengan kabin Mitsubishi Mirage lawas yang memanjakan pengemudi dan penumpang depan namun mengorbankan kenyamanan penumpang baris kedua. Pada Hyundai Grand i10 kondisinya justru terbalik. Keleluasaan pengemudi dan penumpang di depan menjadi terbatas akibat penggunaan doortrim tebal.
Sebaliknya legroom serta headroom penumpang baris kedua di dalam kabin Hyundai Grand i10 sampai sekarang adalah yang terlega di kelasnya.
Posisi duduk baris kedua Hyundai Grand i10 juga lebih baik ketimbang New Mirage karena tidak terlalu tegak.

Kualitas Riding dan Handling Hyundai Grand i10 vs New Mitsubishi Mirage

Kenyamanan riding New Mitsubishi Mirage lagi-lagi tak menyisakan ruang kritik. Soal kekedapan kabin sulit menemukan mobil dengan mesin tiga silinder yang kekedapan kabinnya sebaik Mirage, kadang bahkan bisa dibuat lupa kalau sedang menunggangi mobil bermesin tiga silinder.

Sebenarnya kekedapan kabin Mirage sejak dulu sudah sangat baik, tapi pada versi facelift ini Mitsubishi bahkan mampu memberikan peredaman lebih baik lagi terutama di kolong kabin yang berasal dari ban.

Kalau diperhatikan mungkin tak sedikit yang langsung ilfil melihat desain jok Mitsubishi New Mirage yang tidak sporti, tapi jangan salah. Sebab justru desain yang demikian ini menjadikannya lebih ergonomis, nyaman untuk perjalanan jauh sekalipun.

Interior Hyundai Grand i10 vs New Mitsubishi Mirage

Soal kualitas handling Mitsubishi Mirage versi baru ini menghasilkan gejala body roll lebih minim dibanding pendahulunya tapi tetap di-setting empuk demi kenyamanan sehingga tetap tidak bisa dibilang fun to drive.

Beralih ke Hyundai Grand i10 sebenarnya desain jok mobil ini juga sangat ergonomis, hanya saja untuk perjalanan jauh tidak cukup nyaman karena busa yang terlalu keras.

Interior Hyundai Grand i10 Facelift Indonesia

Suspensi Grand i10 dibuat tengah-tengah atau (moderate), artinya ia mencoba memfasilitasi kenyamanan dan fun to drive pada saat yang bersamaan.
Kalau Anda mementingkan kenyamanan jelas hatchback buatan Hyundai ini kalah dibanding Mitsubishi Mirage lebih-lebih jika rute yang banyak dilewati adalah jalanan keriting.

Gejala body roll lebih minim terjadi pada Hyundai Grand i10 dibanding Mitsubishi Mirage, namun soal akurasi pengendalian masih unggul Mirage.

Perbandingan Fitur Hyundai Grand i10 vs New Mitsubishi Mirage

Mudah ditebak bahwa New Mitsubishi Mirage bakal menang telak di poin fitur, unit yang dipilih di sini adalah tipe Exceed yang harganya cuma 197,5 Juta tapi soal fitur dan standar keselamatan mampu menyamai mobil yang lebih mahal.
Selain fitur-fitur yang sudah disebut sebelumnya masih ada pula pelipat kaca spion otomatis.

Bagus Mana Hyundai Grand i10 atau New Mitsubishi Mirage

Harga Hyundai Grand i10 Facelift dan Spesifikasi

Sementara itu Hyundai Grand i10 X yang banderolnya 196,5 Juta juga sudah dilengkapi ABS namun hanya memiliki satu buah airbag.
Tapi untuk HU –nya Grand i10 sudah mengadopsi HU dengan layar sentuh meski tanpa navigasi.