// //

Sambut All New Corolla Altis di Indonesia – First Look Review

All New Corolla Altis merupakan sebuah perubahan revolusioner jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Berbeda dengan mobil Corolla yang sudah-sudah, Corolla Altis terbaru bukan lagi mobil yang lebih dipilih sekedar dilatarbelakangi oleh alasan logis. Mobil Toyota terbaru ini kini jauh dari kesan flat dan membosankan sebagaimana para pendahulunya.

Lewat All New Corolla Altis jelas Toyota ingin membidik pasar segmen yang lebih muda, bukan sekedar dikhususkan bagi “om-om” seperti Toyota Corolla di masa lampau. Dari desain eksteriornya saja sudah kelihatan bagaimana pihak pabrikan ingin mengubah citra konvensional Corolla di masa lalu menjadi lebih stylish dan dinamis. All New Corolla Altis yang baru beberapa waktu lalu resmi diperkenalkan ini adalah generasi ke 11 dari seri Toyota Corolla.

Eksterior dan Interior All New Corolla Altis

Desain yang kini digunakan oleh All New Corolla Altis ini sebenarnya sudah pernah dipamerkan oleh Toyota dengan nama Toyota Furia beberapa saat sebelum Toyota Altis terbaru resmi dirilis. Pada saat itu Bill Fay selaku General Manager dan Vice President Toyota menyebut bahwa Furia akan menjadi indikator pengembangan desain seluruh mobil kompak Toyota di masa mendatang, dan All New Altis adalah salah satuya.

All New Corolla Altis Indonesia - blogmobilbaru.blogspot.com

All New Corolla Altis Indonesia - blogmobilbaru.blogspot.com

Lewat tampilan terbarunya yang lebih sporti dan ramping jelas sekali bagaimana pihak pabrikan ingin memberikan identitas yang berbeda pada mobil terbarunya ini di antara para rival seperti Honda Civic atau Hyundai Elantra misalnya.

Jika perubahan desain eksteriornya terasa revolusioner namun tidak demikian halnya jika ditilik dari interior. Meski memang ada beberapa ubahan namun tak terlalu berbeda dibanding Altis lawas. Tampaknya untuk sektor interior pihak pabrikan lebih memfokuskan pada penyempurnaan proses finishing.

Namun tetap beberapa perubahan minor ini patut diacungi jempol, misalnya kualitas material yang bukan hanya baik namun sekaligus nyaman baik pada lapisan kulit maupun plastik. Panel instumen-nya kini tampa lebih futuristis berkat sentuhan radiant blue illumination.

Harga All New Corolla Altis Indonesia - blogmobilbaru.blogspot.com

Harga All New Corolla Altis Indonesia - blogmobilbaru.blogspot.com

Harga All New Corolla Altis Indonesia - blogmobilbaru.blogspot.com

Seperti yang sudah-sudah generasi terbaru dari keluarga mobil Corolla ini menawarkan posisi dudukan yang sempurna, dalam arti tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Kini dengan panjang wheelbase yang sedikit bertambah penumpang pun makin dimanjakan dengan kabin yang terasa lebih lega.

Panjang wheelbase Corolla Altis terbaru yang kini menjadi 2700 mm atau 100 mm lebih panjang dari generasi sebelumnya menjadikan sedan Toyota ini menjadi yang terpanjang di kelasnya. Bagasinya sendiri kini memiliki volume total 470 liter.

Dapur Pacu All New Corolla Altis

Sejak awal seri keluarga Toyota Corolla selalu dikenal sebagai mobil yang nyaman dikendarai, maka tak terlalu mengherankan jika hal ini masih menjadi ciri khas All New Altis. Bahkan kemampuannya menyuguhkan kenyamanan dan stabilitas di kondisi aspal yang kurang baik adalah sebuah keunggulan yang sangat langka diketemukan pada mobil merek lain di kelas ini.

Stabilitas Toyota Altis ketika dipacu pada kecepatan tinggi juga adalah keunggulan lain yang menjadikannya layak dilirik oleh calon konsumen.

All New Corolla Altis Indonesia - blogmobilbaru.blogspot.com

Berpadu dengan transmisi baru Super Continuously Variable Transmission with intelligence (CVT-i), dapur pacu berkapasitas 1.8 liter pada mobil Toyota ini menawarkan karakter yang merata pada setiap putaran. Mesin ini sanggup memuntahkan daya maksimum 151 PS dengan torsi maksimal 19.4 kg.m. Konsumsi BBM All New Altis menurut klaim pihak Toyota adalah 15,4 km/liter, fakta di lapangan tak jauh dari klaim tersebut yaitu 11,5 km/l.

Transmisi baru pada Corolla Altis patut digarisbawahi, sebab selain menawarkan efisiensi BBM sekaligus lebih responsif dan halus dibandingkan transmisi matic pada umumnya.

Kualitas peredaman pada kabin juga patut dipuji, tak peduli seberapa cepat mobil ini dipacu atau seberapa keras mesinnya meraung suasana di dalam kabin Altis tetap terasa senyap.
Satu-satunya kelemahan Toyota All New Corolla Altis adalah setir yang kerasa kurang berbobot manakala dipacu pada kecepatan tinggi. Namun sebaliknya setir yang kelewat ringan ini bisa menjadi kelebihan ketika berkendara di dalam kota.

Harga All New Corolla Altis Indonesia - blogmobilbaru.blogspot.com

Verdict

Kerja keras Toyota dalam menyempurnakan All New Corolla Altis menuai hasil yang sepadan. Dalam banyak hal mobil terbaru Toyota ini layak mendapatkan acungan jempol. Kabinnya bukan sekedar hening, lega dan nyaman namun bahkan AC pada mobil ini adalah salah satu yang paling dingin di antara mobil-mobil yang beredar di Indonesia.

Kualitas handling/riding-nya sendiri memang sedikit konvensional namun tetap layak di rating tinggi. All New Corolla Altis memang bukan mobil yang diciptakan untuk dikemudikan secara agresif melahap tikungan atau dipacu di sirkuit, namun mobil ini menawarkan realibilitas serta keamanan yang menjadikannya ideal sebagai sebuah sedan keluarga.

Harga Toyota Altis Indonesia menurut pricelist yang ada di situs resmi Toyota Indonesia dibuka dengan tipe 1.8 G M/T di Rp 372 juta, sementara tipe 1.8 V A/T dibanderol Rp 407 juta.