// //

New Daihatsu Sirion 1.5 Liter Sport

New Daihatsu Sirion 1.5 Liter Sport mengusung mesin 1.500 cc dengan daya maksimal 103 hp dan torsi 132 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Jelas bukan mesin powerful sebagaimana diharapkan dari namanya yang diembeli-embeli kata “Sport”. Namun karena New Daihatsu Sirion 1.5 Liter Sport hanya berbobot kurang dari 1000 kg maka mesin mungil tersebut juga terbilang responsif di dalam kota.




Mesin tersebut membawa New Daihatsu Sirion 1.5 Liter Sport melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 10,5 detik, dan angka penunjuk kecepatan pada mobil baru Daihatsu ini mentok di angka 175 km/jam yang didapat dengan susah payah. Sisi positifnya tarikannya cukup halus.

Untuk tipe Sport ini New Sirion dipercantik dengan spoiler, bumper depan/belakang yang berukuran tebal, side skirt dan velg 14 inch yang membuat mobil ini menyiratkan nuansa mobil balap jika hanya ditilik dari penampilannya saja.

Di bagian interior dudukan model mobil balap, panel instrument bercorak merah dengan iluminasi menambah kental nuansa sporti pada mobil buatan Daihatsu ini.

Dalam hal pengendalian, jangan harap Anda memperoleh pengendalian ala mobil sport sebab suspensi New Daihatsu Sirion 1.5 Liter Sport tidak cukup baik menjaga stabilitas mobil ini dalam melakukan manuver sehingga gerakannya seringkali terasa bak ikan lumba-lumba yang mabuk. Ada banyak gejala limbung yang terjadi saat bermanuver.