// //

All-new Honda CR-V Facelift, Seberapa Beda dengan Pendahulunya?

All-new Honda CR-V Facelift diluncurkan sekaligus di beberapa negara sebagai langkah antisipatif dari merosotnya penjualan SUV kompak andalan Honda itu dalam beberapa tahun terakhir. Di Indonesia sendiri All-new Honda CR-V Facelift dirilis oleh PT. Honda Prospect Motor pekan lalu dengan beberapa perbedaan dibanding versi negara lain. Meski penjualan Honda CR-V sendiri di Indonesia selama ini tidak terpuruk sebagaimana dialami oleh Honda di negara lain namun kehadirannya sudah pasti bakal diapresiasi oleh para penggemarnya.

All-new Honda CR-V Facelift versi Indonesia sekilas memang tak berbeda dengan versi yang beredar di Eropa maupun negara tetangga Thailand. Namun jika diamati sungguh-sungguh maka ada beberapa fitur yang ada di Eropa maupun Thailand namun sayangnya tak tersedia pada All-new Honda CR-V Facelift di Indonesia. Meski demikian lewat tagline teranyarnya yaitu “Everything You Wanted” Honda seolah begitu percaya diri bahwa segala yang ditawarkan oleh Honda CR-V terbaru ini bakal mampu memenuhi ekspektasi konsumen di Tanah Air.

All-new Honda CR-V Facelift Indonesia

Perubahan eksteriornya sendiri cukup signifikan jika dibanding generasi sebelumnya, meski karakter aslinya sendiri masih tetap dipertahankan. Beberapa ubahan seperti desain grille, headlamp, fog lamp, bumper serta tambahan LED DRL menjadikan All-new Honda CR-V Facelift berkesan lebih mencolok sekaligus modern jika dibandingkan pendahulunya. Bahkan untuk tipe tertingginya yaitu 2.4 Prestige sudah mengaplikasi lampu HID yang diklaim memberikan pencahayaan lebih optimal di malam hari berikut fitur auto-leveling.

Masuk ke interior All-new Honda CR-V Facelift disuguhkan nuansa elegan yang didominasi oleh kelir hitam berikut wooden panel pada beberapa bagian. Sedangkan untuk menjawab kritikan terhadap interior Honda CR-V generasi sebelumnya yang berkesan murahan karena plastiknya dibiarkan terekspos begitu saja kali ini Honda memberikan sentuhan soft pad pada door lining serta dashboard-nya. Namu perlu dicatat bahwa soft pad tersebut lagi-lagi hanya tersedia untuk tipe Prestige 2.4 saja dan itupun hanya untuk pintu bagian depan.

Interior All-new Honda CR-V Facelift

Selain itu desain tata letak masih mempertahankan tata letak pendahulunya yang terasa plain dan membosankan jika dibanding kompetitornya seperti All-new Nissan X-Trail maupun All-new Mazda CX-5.
Pada bagian atas pengemudi dan penumpang di bagian depan boleh merasakan nuansa berbeda berkat kehadiran sunroof yang sudah lebih dulu diadopsi oleh Mazda CX-5.

Setidaknya kali ini Honda tak terkesan terlalu pelit karena menempatkan monitor layar sentuh berukuran 7 inch sebagai pusat kendali perangkat hiburan yang mendukung AM/FM radio, CD, DVD, iPod/iPhone dan Screen Mirrorring. Namun jangan harap Anda bakal menemukan fitur Siri Eyes Free sebagaimana diketemukan pada All-new Honda CR-V versi negara lain. Sebab PT . HPM memutuskan untuk mencoretnya dari Honda CR-V terbaru versi Indonesia bersama beberapa fitur lain termasuk kamera dan sensor parkir belakang.

Pada HU tersebut telah dilengkapi pula dengan Nano-e yang fungsinya kurang lebih sama seperti Plasmacluster yang sebelumnya sudah dikenal untuk AC rumahan dan diklaim mampu membersihkan udara.

Desain lingkar kemudinya masih sama persis seperti generasi sebelumnya, hanya saja kali ini pengemudi bakal dimanjakan oleh cruise control serta paddle shift yang menjadi kelengkapan standar bahkan pada tipe All-new Honda CR-V 2.0 sekalipun.

Sementara itu pemilik tipe Honda CR-V Prestige kembali dimanjakan oleh door trim serta jok yang dilapis kulit meski finishing-nya sendiri tidak cukup rapi. Kursi pengemudinya sendiri merupakan Electric Seat 8 way dilengkapi dengan lumbar support elektrik. Sementara electric seat 6 way untuk penumpang lagi-lagi merupakan fitur lain yang disunat untuk All-new Honda CR-V versi Indonesia ini.

Fitur lain yang bisa diketemukan pada mobil Honda terbaru di kategori SUV ini adalah Auto AC with Dual Zone Climate Control dan Rear AC Ventilation, power tailgate untuk membuka dan menutup bagasi secara otomatis serta One Action Seat Arrangement yang berfungsi mengatur tempat duduk dalam satu sentuhan kala membutuhkan ruang ekstra.

Sedangkan fitur smartkey berikut start stop button masih menjadi kemewahan yang hanya dimiliki oleh tipe Prestige meski alarm system serta immobilizer sudah menjadi kelengkapan standar untuk semua tipe yang tersedia.

Di sektor dapur pacu sama sekali tak ada ubahan pada All-new Honda CR-V facelift sebab masih mengandalkan dapur pacu berikut transmisi yang sama persis seperti Honda CR-V generasi sebelumnya. Jadi bagi Anda yang sebelumnya sudah penuh harap menantikan kehadiran teknologi Earth Dreams pada All-new Honda CR-V tampaknya Anda harus kecewa dengan keputusan pihak ATPM.

Untuk performa dapur pacunya sendiri sebenarnya tak banyak kritikan yang wajib ditujukan kepadanya, hanya saja penyaluran tenaganya oleh transmisi matic 5 kecepatan yang sudah terbilang usang masih menyisakan hentakan sebagaimana dialami oleh pendahulunya. Honda memang mengkompensasinya dengan menambahkan fitur seperti Grade Logic Control dan Grade Logic Control namun absennya transmisi Earth Dreams pada Honda CR-V terbaru tetap merupakan fakta yang mengecewakan.

Harga dan Spesifikasi All-new Honda CR-V Facelift

Hal yang sama juga berlaku untuk kualitas handling serta riding-nya yang tak perlu banyak diulas sebab secara umum masih sama dengan generasi sebelumnya.

Lantas berapa banderol harga All-New Honda CR-V Facelift tersebut? Silakan simak pada tabel berikut:


Harga All-new Honda CR-V Facelift


No.ModelHarga *
1. CRV 2.0L I-VTEC Manual Rp. 395.000.000
2. CRV 2.0L I-VTEC CVT Rp. 405.000.000
3. CRV 2.4L I-VTEC CVT Rp. 439.000.000
4. CRV 2.4L Prestige CVT Rp. 477.500.000

  • Harga OTR Jakarta
  • Untuk warna khusus (metallic dan pearl) + IDR 2.000.000 dari harga OTR yang tertera