// //

Desainer Mobil Hyundai-Kia Raih Penghargaan Golden Steering Wheel

Presiden dan Kepala Desain Hyundai Motors Group, Peter Schreyer baru-baru ini menerima penghargaan Golden Steering Wheel yang merupakan penghargaan bagi individu yang dianggap memberikan kontribusi luar biasa di bidang otomotif. Peter Schreyer adalah desainer kedua yang memperoleh penghargaan itu sepanjang sejarah setelah pada tahun 1995 diterima oleh desainer Giorgetto Giugiaro.

Selama ini penghargaan Golden Steering Wheel yang diorganisir oleh media otomotif Jerman Bild am Sonntag dan AutoBild tersebut selalu dianugerahkan kepada para CEO maupun Chairman dari perusahaan-perusahaan otomotif. Beberapa nama yang pernah menerima penghargaan serupa antara lain Ferdinand Piëch pada tahun 2012 lalu yang adalah Chairman dari Volkswagen, Alan Mulally sang CEO Ford Motor Company pada tahun 2011 dan Norbert Reithofer sang CEO BMW yang menerima penghargaan itu pada tahun 2010.


Peter Schreyer yang bergabung dengan Hyundai pada tahun 2006 dan dipromosikan sebagai President of Design bagi mobil-mobil keluaran Kia dan Hyundai sejak tahun 2011 itu adalah otak di balik perubahan desain mobil-mobil Kia dan Hyundai yang kini jauh lebih menarik dibanding desain mereka sebelum bergabungnya Peter. Desainer kelahiran Jerman tersebut sebelumnya juga pernah bertanggung jawab terhadap desain mobil Audi TT, Volkswagen Beetle dan Volkswagen Passat. Maka tak mengherankan jika mobil Hyundai dan mobil Kia kini cenderung berkesan Eropa ketimbang Korea yang culun sebagaimana model mereka di masa lalu.

Golden Steering Wheel sendiri dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi insan otomotif di Eropa. Peter terbukti sukses melahirkan desain modern bagi Hyundai dan Kia, meski dirancang oleh penanggung jawab yang sama namun perbedaan karakter desain antara kedua merek dalam satu group tersebut merupakan bukti lain kepiawaian dan kreativitas Peter Schreyer.