Salah satu keunggulan Toyota Vios yang membuat konsumen jatuh hati adalah nama besar sekaligus reputasi layanan purna jual yang positif dari salah satu produsen otomotif terbesar di dunia ini. Selain itu meski selalu menuai pro dan kontra karena terkait selera harus diakui bahwa pada akhirnya tak sedikit yang bersepekat bahwa tampilan eksterior Toyota Vios terbilang menarik. Meski tak sedikit calon konsumen yang merasa bingung kala memilih antara Toyota Vios atau Honda City.
Harga | Mulai Rp 274.700.000 |
Mesin | 4-cylinder, In-line, 16-valve, DOHC with Dual VVT-i |
Kapasitas | 1,496cc |
Daya | 106hp @ 6,000rpm |
Torsi | 140Nm @ 4,200rpm |
Gearbox | Continuously Variable Transmission (CVT) with 7-speed Sport Sequential Shiftmatic Mode |
Suspensi Depan | MacPherson Strut with Stabiliser |
Suspensi Belakng | Torsion Beam with Stabiliser |
Rem Depan | Ventilated Disc |
Rem Belakang | Solid Disc |
Ban | 185/60R15 |
Panjang | 4,410mm |
Lebar | 1,700mm |
Tinggi | 1,475mm |
Wheelbase | 2,550mm |
Safety | VSC, TRC, ABS with EBD & BA, reverse sensor, two airbags, Isofix, immobiliser |
Interior dan Eksterior Toyota New Vios
Penampilan Toyota Vios Facelift memang tak jauh berbeda jika dibandingkan generasi sebelumnya, namun tambahan body kit yang didesain ulang oleh Toyota mampu memberi kesan lebih sporty.Sementara itu pada sektor interior Toyota Vios facelift mula-mula terlihat pada desain head unit yang diperbarui mirip seperti milik Toyota New Sienta. Head unit baru ini memungkinkan pemiliknya menjelajah internet sekaligus memutar keping DVD maupun miracast.
Jika diperhatikan maka pada tuas transmisi Toyota Vios terbaru juga terlihat adanya fungsi perpindahan manual secara virtual untuk transmisi matik lewat tanda plus dan minus yang ada di sana.
Kelegaan leg room masih tetap dipertahankan sebagai ciri khas Toyota Vios dan hampir semua mobil buatan Toyota yang beredar di Indonesia. Namun kala duduk sebagai penumpang di jok belakang meski tubuh Auto Je-Jo terbilang sebatas rata-rata orang Indonesia (168 cm) namun duduk tegak tidak terasa cukup nyaman karena keterbatasan head room.
Spesifikasi Toyota New Vios dan Sensasi Mengemudi
Toyota New Vios menggunakan dapur pacu 2NR-FE 4 silinder Dual VVT-i seperti yang digunakan oleh Toyota New Sienta. Memang sudah saatnya Toyota memperbaiki dapur pacu Vios karena mesin sebelumnya terkenal loyo, lebih-lebih bobot Vios facelift membengkak dibanding pendahulunya.Dalam pengujian mesin baru Toyota Vios memang terasa lebih bertenaga dibanding Vios lama, hanya saja dari sisi akselerasi justru Vios lama yang menggunakan mesin 1NZ-FE terasa lebih spontan. Ada jeda beberapa detik sebelum akselerasi yang diharapkan muncul, sehingga kala mendahului kendaraan lain Auto Je-Jo terpaksa menginjak pedal gas penuh dan itupun reaksinya masih belum spontan.
Jika Anda sudah terbiasa di balik kemudi Vios lama maka mendaki tanjakan juga awalnya bakal menciptakan sedikit keraguan. Namun pada sisi lain ketika akselerasinya sudah didapat maka meraih kecepatan tinggi hanya memerlukan waktu singkat.
Di jalan bebas hambatan yang tidak padat tidak butuh waktu lama hingga penunjuk kecepatan menunjukkan angka 180 km/jam, kami terpaksa mengurangi injakan pedal gas karena pada kecepatan tersebut mobil mulai terasa tidak nyaman.
Kualitas handling -nya termasuk baik, saat diuji melahap tikungan dengan kecepatan tinggi body roll Toyota Vios facelift terasa terkontrol.
Tingkat kekedapan di dalam kabin juga meningkat cukup signifikan dibanding versi sebelumnya.