Sekilas lalu tampilan Honda Civic Hatchback Turbo tidak jauh berbeda dibandingkan Civic Turbo versi sedan yang tahun lalu (2016) muncul di Indonesia untuk pertama kalinya pada gelaran IIMS. Namun desain buritan yang buntung (ya iya lah, namanya juga hatchback) sekilas memberi kesan lebih sporty bahkan seolah aura DNA Civic Type R (FK 8) ada di sana.
Kesan sporty ini diakui oleh Assistant Large Project Leader Honda Civic Type R 2017 Hideki Kakinuma yang menyebutkan bahwa versi hatchback memang selalu diposisikan lebih sporty ketimbang versi sedan. Namun selain penampilan itu sendiri adakah perbedaan Honda Civic Hatchback Turbo dengan Honda Civic Turbo Sedan?
Sayangnya tidak demikian, walau di atas kertas akselerasi Honda Civic Hatchback Turbo lebih cepat 0.2 detik dibanding kembarannya, tapi kenyataan di lapangan jujur saja tidak terasa perbedaan signifikan.
Dari sisi visual atau penampilan tampilan di bagian depan dan belakang memang lebih agresif, belum lagi keberadaan air intakes di setiap tepi. Namun pengalaman handling -nya lagi-lagi tidak terasa berbeda dan air intakes yang ada pada tipe hatch ini juga sebenarnya sekedar pemanis alias tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Meski dimensinya 115 mm lebih pendek demikian pula lebih rendah 18 mm dibanding versi sedan namun panjang wheelbase kedua varian Honda Civic generasi terbaru tersebut ternyata sama persis. Bobotnya juga lebih ringan 2 kg, oleh karena buritannya ‘dipotong’ sudah pasti kapasitas bagasi juga sedikit menyusut namun Honda mengkompensasinya dengan bukaan pintu bagasi yang lebih lebar sehingga proses memuat dan menurunkan barang terasa praktis.
Sama halnya dengan Honda Civic Turbo Sedan, di sini pihak pabrikan masih menjejalkan mesin turbo berkapasitas 1.5 liter empat silinder dengan torsi puncak 220 Nm serta daya maksimum 173 hp dan lagi-lagi hanya versi CVT –lah yang menjadi satu-satunya pilihan bagi konsumen.
Sebenarnya kinerja transmisi CVT itu sendiri termasuk baik tapi ia senantiasa mengutamakan efisiensi, sehingga akselarasi yang didapat tidak sebaik yang dibayangkan dari sebuah mobil dengan tampilan agresif seperti ini.
Selain tampilannya, menurut Auto Je-Jo hal menarik dari tipe hatch ini adalah harganya yang dibanderol lebih murah dibanding versi sedan. Untuk tipe S saat ini dibanderol Rp 399 Juta, sedangkan tipe E Rp 438 Juta.