// //

Nissan Kicks Masuk Indonesia “Tendang” Juke?

Belakangan nasib PT. Nissan Motor Indonesia tak beda-beda jauh dari Suzuki Indonesia yang lesu dalam penjualan maupun melahirkan mobil-mobil baru. Setelah New Nissan X-Trail seolah tak ada dengung apalagi gebrakan dilakukan oleh PT. NMI, bahkan selain Nissan Serena boleh dibilang tak ada mobil buatan perusahaan tersebut yang superior atas kompetitor.

Padahal beberapa tahun lalu mereka pernah melakukan langkah jitu kala menjual Nissan Grand Livina di Indonesia, selama beberapa tahun berikutnya MPV yang sempat menjadi tulang punggung penjualan PT. NMI itu dan memang terbilang mobil nyaman di kelasnya.
Tapi itu dulu...
Sementara kompetitor sekelasnya agresif melahirkan dan membarui produk masing-masing, Nissan Grand Livina malah melempem seperti tidak diurus. Sampai hari ini hampir tak ada pembaruan berarti yang diberikan kepada MPV tersebut.

Mungkin berangkat dari situasi itulah beberapa waktu lalu sebagaimana dilansir oleh Kompas bahwa melalui GM Pemasaran dan Strategi –nya PT. NMI tengah melakukan riset untuk mempertimbangkan peluang Nissan Kicks dijual di Indonesia.

Harga Nissan Kicks dan Spesifikasi


Meski belum sepenuhnya pasti, tapi sangat masuk akal jika PT. NMI akan menjual Nissan Kicks di Indonesia mengingat segmen crossover saat ini benar-benar tengah booming.
Selain Chevrolet Trax dan Honda HR-V hampir dipastikan bahwa Toyota C-HR dan Mazda CX-3 akan segera dijual juga di Indonesia yang membuktikan bahwa potensi pasar segmen tersebut sangatlah menjanjikan.

PT. NMI sendiri sebenarnya di segmen yang sama sudah punya Nissan Juke, tapi selain lama pula tidak pernah diberi facelift juga harus diakui bahwa tampang Juke bukan selera semua orang. Sebaliknya, Nissan Kicks terkesan lebih mudah dicerna oleh kelompok konsumen yang lebih luas.

Seperti Apakah Nissan Kicks yang Akan Masuk Indonesia?

Kabarnya Nissan Kicks yang dijual di Indonesia nantinya adalah unit diproduksi di Thailand, tapi sampai artikel ini dipublikasikan basis produksi Nissan di Thailand juga belum mulai memproduksi Nissan Kicks.

Namun sekedar menjawab rasa penasaran, tak ada salahnya mengintip Kicks yang diproduksi di Meksiko. Setidaknya secara garis besar akan ada banyak kemiripan kecuali sentuhan-sentuhan minor dan fitur-fitur.

Nissan Kicks sendiri baru saja diperbarui oleh Nissan dan saat ini dikenal sebagai Nissan Kicks 2018. Crossover terbaru dengan sistem penggerak roda depan ini dibangun dengan platform yang sama dengan Juke.

Desainnya mengadopsi tema yang sama dengan kebanyakan mobil-mobil terbaru buatan Nissan, penampilan bagian depan misalnya sangat mengingatkan pada Nissan Navara terbaru.

Sedangkan dimensinya meski menggunakan platform Nissan Juke namun terlihat lebih besar secara keseluruhan. Untuk Kicks yang sudah diproduksi dan dijual saat ini dipermanis dengan velg 16 inch dan 17 inch untuk varian tertingginya.

Sekalipun diposisikan sebagai crossover dan dilihat dari luar dimensinya terlihat kompak namun ruang kabin yang disediakan ternyata cukup lega. Kapasitas bagasi, legroom serta headroom terasa cukup menyediakan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Sementara jok bagian belakang mengadopsi konfigurasi 60/40.

Oleh karena diposisikan sebagai mobil dengan harga terjangkau maka bisa diduga bahwa interior Nissan Kicks didominasi oleh material plastik, tepatnya hard plastic. Untuk tipe yang lebih murah permukaannya hanya diberi tekstur sedangkan untuk tipe termahal panelnya mengaplikasikan leatherette patch. Untuk unit yang diproduksi di Meksiko sendiri build quality -nya cukup rapih serta solid.

Interior Nissan Kicks Indonesia

Tipe termurah sudah dilengkapi dengan banyak fitur untuk ukuran mobil di Indonesia, saat ini tercatat keyless entry, AC manual, 2-speaker stereo dengan USB dan Bluetooth. Dari sisi safety juga sudah dilengkapi 2 airbags, ABS+EBD, ESP dengan hill-start assist, tyre-pressure monitor, berikut rem cakram di depan dan rem tromol di belakang.

Sementara itu Nissan Kicks tipe termahal dilengkapi pula dengan “Intelligent Mobility” milik Nissan yang menawarkan fitur seperti Around View Monitor (AVM) serta Moving Object Detection system (MOD).

Tapi besar kemungkinan kelengkapan tersebut sangat mungkin disunat untuk Kicks yang dijual di Indonesia nantinya.

Bertanggung jawab atas performa crossover terbaru buatan Nissan ini adalah mesin berkapasitas 1.6 liter yang memuntahkan daya maksimum 120 PS dan puncak torsi 149 Nm, untuk saat ini hanya tersedia versi CVT dan entah apakah akan diproduksi opsi lain saat dijual di Indonesia nantinya.

Untuk pengemudian di dalam kota performa Nissan Kicks termasuk responsif, tapi kala digunakan di jalur bebas hambatan terasa sekali kedodoran kala harus mendahului kendaraan lain. Untungnya pada kecepatan tinggi tidak muncul kelemahan terkait performa.

Kualitas riding -nya cukup baik selama digunakan di jalanan dengan permukaan aspal mulus tapi ketika melewati kondisi jalanan kurang baik ia terasa sedikit kasar.
Sementara kualitas handling layak mendapat apresiasi karena sangat minim body roll serta radius putar yang minim.

Nissan Kicks Dijual di Indonesia

Berapa Harga Nissan Kicks di Indonesia?

Boro-boro tahu harga, kapan Kick akan diproduksi untuk pasar ASEAN saja saat ini masih misteri.
Harga Nissan Kicks yang diproduksi di Meksiko sendiri dijual mulai kisaran Rp 203 Juta-an untuk tipe basicsedangkan tipe termahalnya dibanderol Rp 250 Juta-an.
Kalau jadi dijual di sini kira-kira berapa ya harga Nissan Kicks di Indonesia?