// //

Nissan March Bakal Naik Kelas?

Nissan March sempat menjadi primadona di segmen small hatchback atau yang dikenal juga sebagai hatchback kelas A. Namun kehadiran kompetitor-kompetitor kuat, salah satunya adalah Mitsubishi Mirage membuat posisinya tidak sedominan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan kehadiran Honda Brio makin memukul pangsa pasar hatchback buatan Nissan tersebut.

Kondisi ini tak lebih baik setelah muncul beberapa komplain terhadap kualitas Nissan March terutama di negara-negara Eropa. Ketika mencoba menaikkan kelas Nissan March dengan menyediakan opsi mesin berkapasitas 1.5 liter ternyata tak juga disambut antusias oleh konsumen, sekalipun dari sisi value for money sebenarnya Nissan New March 1.5 sangat menjanjikan jika diperbandingan dengan sesama hatchback 1.5 liter buatan produsen lain.

Desain All-new Nissan March 2016


Berkaca dari kondisi tersebut salah satu petinggi Nissan angkat bicara. Dalam wawancara dengan Autocar beberapa jam yang lalu dirinya menjelaskan bahwa Nissan sangat menyadari keterpurukan popularitas dan penjualan Nissan March. Karenanya tahun mendatang Nissan memastikan akan melakukan ubahan besar terhadap All-new Nissan March dengan mengandalkan basis konsep Nissan Sway yang dipamerkan dalam gelaran Geneva Motor Show lalu.


Di Eropa keluhan terhadap kualitas Nissan March oleh konsumen dituduhkan kepada fasilitas produksi di India yang selama ini memang menyuplai unit March untuk beberapa pasar termasuk Eropa. Namun petinggi Nissan sendiri menolak persepsi tersebut. Menurutnya masalah kualitas tidak terkait dengan di negara mana sebuah produk dibuat melainkan bergantung pada eksekutif yang bertanggung jawab terhadap penentuan standar produk itu sendiri.

Oleh karenanya meski tahun depan direncanakan akan dilakukan ubahan signifikan pada generasi terbaru Nissan March namun Nissan India akan tetap bertanggung jawab terhadap proses produksi termasuk untuk unit yang nantinya akan beredar di Eropa.

All-new Nissan March 2016

All-new Nissan March Indonesia

Di luar Eropa meski tingkat kompetisi memanas karena kehadiran kompetitor kuat namun secara umum pasar Nissan March masih cukup prospektif, termasuk di Indonesia sendiri. Karena itu tidak jelas apakah nantinya Nissan March yang beredar di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya juga akan mengalami ubahan dengan mengambil konsep Nissan Sway.


Nissan Sway yang dipamerkan di Geneva Motor Show sendiri memiliki dimensi yang lebih besar jika dibanding Nissan March yang beredar saat ini, bahkan hanya berselisih tipis jika dibandingkan Nissan Note. Sedangkan generasi Nissan March terbaru saat ini desainnya sedang digarap oleh tim yang dipimpin oleh tim dari Nissan Eropa. Dijadwalkan All-new Nissan March akan rampung dan diperkenalkan pada pertengahan tahun 2016 nanti. Desain dan driving quality konon merupakan dua patokan utama yang akan ditingkatkan pada generasi terbaru yang tengah digarap itu.