// //

Mercedes GLE Coupe Tantang BMW X6

Ketika BMW memperkenalkan BMW X6 pada tahun 2008 silam banyak yang mencibir karena dianggap desainnya tidak jelas. Pada satu sisi mobil BMW tersebut mirip dengan SUV namun bagian bonnet yang menyerupai sedan membuatnya dinilai tidak proporsional. BMW tak bergeming, bahkan seiring berjalannya waktu masyarakat mulai bisa menerima dan mengapresiasi keistimewaan dan keunikan yang dimiliki oleh BMW X6.

Rupa-rupanya sang kompetitor senegaranya (Mercedes) juga melihat reaksi positif pasar terhadap mobil dengan konsep unik seperti BMW X6 dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan dan melihat potensi pasar tersebut. Tahun 2011 lalu Mercedez Benz memang disinyalir tengah mempersiapkan sebuah mobil crossover terbaru yang akan dirilis pada tahun 2015. Spekulasi tersebut ternyata benar adanya, dan Mercedes GLE Coupe adalah mobil terbaru Mercedez yang dimaksud kala itu.

Mercedes GLE Coupe Indonesia

Harga Mercedes GLE

Sama halnya BMW yang menolak mengkategorikan X6 sebagai SUV, demikian pula halnya Mercedes GLE Coupe dikategorikan oleh sang produsen sebagai bagian dari portofolio mobil coupe mereka seperti seri C, E, S, CLS dan CLA. Walau demikian ada banyak hal pada mobil Mercedes terbaru ini yang tidak salah juga jika masyarakat umum mengkategorikannya sebagai SUV seperti halnya BMW X6, terlepas dari bahasa pemasaran yang digunakan oleh pembuatnya.

Rencananya pihak pabrikan akan merilis Mercedes GLE Coupe dalam tiga tipe yaitu Mercedes GLE 350d yang akan mengusung mesin turbodiesel dengan output 258 PS/620 Nm, GLE 400 dengan mesin V6 berbahan bakar bensin yang mampu menghasilkan daya maksimum 333 PS dan torsi 480 Nm serta tipe termahalnya yaitu GLE 450 AMG dengan dapur pacu V6 yang memuntahkan daya maksimum 367 PS dan torsi 520 Nm. Transmisi matic 9 kecepatan dengan torque converter seperti yang dimiliki oleh Mercedes E350 Bluetec bakal menjadi penyalut output pada ketiga tipe tersebut. Selain itu ketiganya juga akan dibekali dengan sistem penggerak empat roda 4MATIC.

Spesifikasi

Pada tipe tertingginya yaitu Mercedes GLE 450 AMG ada sedikit perbedaan pada desain bumper depan maupun belakang berikut velg 21 inch yang dimaksudkan untuk memberi kesan lebih agresif dibanding dua tipe di bawahnya. Rasio torsinya pun diubah dari 50:50 seperti yang diterapkan pada GLE 350d dan 400 menjadi 40:60.

Meski pada saat rilis awal baru direncanakan tiga tipe yang beredar namun pihak Mercedes sendiri tengah mempersiapkan tipe GLE 63 yang bakal mengusung dapur pacu V8 berkapasitas 5.5 liter dengan daya maksimum 525 PS.

Semua tipe Mercedes GLE Coupe nantinya akan mengusung beberapa fitur standar berupa dynamic handling control system, power tailgate, dan kamera mundur dengan dynamic display guidelines.

Harga Mercedes GLE Indonesia

Rencananya Mercedes GLE Coupe akan mulai dijual di pasar Eropa dan Amerika pada semester pertama tahun 2015 dan menyusul pasar di Asia pada semester berikutnya. Harga Mercedes GLE sendiri meski belum dipastikan oleh pihak produsen namun spekulasi yang beredar menyebutkan bahwa harganya bakal dibanderol lebih mahal dari Mercedes ML.