// //

Ini Dia Spesifikasi Suzuki All New Vitara

Suzuki memang telah mematikan Suzuki Grand Vitara, SUV andalan pabrikan berlogo “S” yang sebelumnya berada di kelas yang sama dengan Honda CR-V dan Mazda CX-5. Namun nama Suzuki Vitara sendiri tak benar-benar dimatikan. Pasalnya brand tersebut kini menjelma menjadi sebuah mini SUV atau yang di Indonesia disebut juga sebagai crossover dan siap bersaing dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Ford EcoSport, Nissan Juke, Renault Duster dan tentu saja calon penguasa kelas ini yaitu Honda HR-V.

Mengenai niatan Suzuki untuk menurunkan kelas Suzuki Vitara memang bukan berita baru. Pasalnya sejak bulan Agustus lalu perusahaan otomotif terkemuka di Jepang itu sudah mengemukakan niatnya dalam beberapa kesempatan. Bahkan foto-foto Suzuki Vitara terbaru tersebut juga sudah sempat dirilis dan dimuat oleh beberapa situs otomotif online.

Spesifikasi Suzuki All New Vitara
Namun demikian hingga beberapa hari yang lalu selain foto dan gambar Suzuki All New Vitara tidak ada berita atau detil spesifikasi yang dirilis oleh Suzuki. Kondisi ini tentu membuat masyarakat bertanya-tanya, bahkan beberapa rela mengurungkan niatnya untuk membeli mobil baru demi menanti kebar terbaru Suzuki Vitara yang kabarnya segera dirilis Suzuki awal tahun depan.

Penantian tersebut akhirnya mulai berbuah, beberapa saat lalu Suzuki secara resmi membeberkan spesifikasi teknis Suzuki All New Vitara yang menurut pihak pabrikan adalah sebuah “Crossover Sejati” karena sudah dibekali dengan sistem penggerak empat roda dan ground clearance setinggi 185 mm. Pihak pabrikan juha mengklaim bahwa desain Suzuki Vitara terbaru bukan sekedar dirancang demi estetika semata namun juga memaksimalkan aerdinamika termasuk desain spion dan tepi bumper depannya.

Harga Suzuki All New Vitara

Suzuki All New Vitara Indonesia

Interior Suzuki All New Vitara

Suzuki All New Vitara

Untuk pendukung kesan macho dan tangguh di segala medan itu maka interior Suzuki Vitara didesain mencerminkan aura yang sama. Beberapa bagian masih tampak ada kesamaan dengan Vitara lawas meski sudah mendapat sentuhan di sana-sini untuk menjadikannya berkesan lebih modern.



Di sektor mesin Suzuki Vitara terbaru akan tersedia dalam dua pilihan mesin masing-masing adalah mesin M16 1.6 liter berbahan bakar bensin dan mesin Diesel D16AA. Meski keduanya sama-sama mampu menghasilkan daya maksimum 118 hp namun torsi pada mesin D16AA dengan 310 Nm lebih besar dibanding M16 yang torsi maksimumnya hanya 156 Nm.

Output mesin Diesel akan disalurkan oleh transmisi manual enam kecepatan, sementara untuk Suzuki All New Vitara bermesin bensin akan tersedia dalam opsi transmisi manual enam kecepatan dan matic lima kecepatan.

Pihak pabrikan kembali mengkonfirmasi bahwa Suzuki All New Vitara ini akan mulai memasuki tahap produksi pada awal tahun 2015 nanti. Lagi-lagi strategi positioning product Suzuki terasa membingungkan, pasalnya di kelas yang sama Suzuki sudah punya generasi terbaru Suzuki SX-4 yang naik kelas dalam wujud Suzuki SX-4 S-Cross. Bukankah kedua mobil itu justru berpotensi mengkanibal satu sama lain?