// //

Kia Rio Bakal Tantang Ford Focus ST

Kia Rio generasi terbaru saat ini tengah dipersiapkan oleh pihak pabrikan bersama dengan generasi terbaru Hyundai i20. Kabar ini disampaikan oleh Jurgen Grimm dari Hyundai Eropa. Sama seperti yang sudah-sudah kedua mobil tersebut masih akan berbagi platform yang sama.

Kia Rio Turbo menurut pihak pabrikan nantinya bakal banyak menerapkan pengalaman yang didapat oleh Hyundai i20 di ajang Rally. Hyundai sendiri saat ini sudah memiliki i20 versi konsep WRC yang menggunakan mesin 1.6 liter Turbo yang memuntahkan daya maksimum 252.9 PS. Sayangnya mesin bertenaga besar tersebut tidak bisa dipasangkan langsung ke dalam Kia Rio.

Jadi kini kelanjutan Kia Rio Turbo berada di tangan para desainer untuk merancang ulang desain Kia Rio. Jika pada akhirnya rencana ini terlaksana maka Kia Rio generasi mendatang bakal berhadapan dengan para kompetitor yang sudah mapan seperti Ford Focus ST, Renault Clio RS dan Peugeot 208 GTi. Mengingat para kompetitor tersebut saat ini mengusung dapur pacu dengan daya maksimum 199.9 PS maka Kia Rio tampaknya bakal mengungguli ketiganya dalam hal output mesin.

Kia Rio 2015

Sejauh ini rencana tersebut tampak realistis dan hampir pasti diwujudkan. Justru saat ini bukan sisi teknis yang sedang digodhog oleh pihak Hyundai dan Kia melainkan lebih ke sisi pemasaran. Mereka masih mempertimbangkan apakah Kia Rio bertenaga super itu bakal diposisikan sebagai salah satu tipe Kia Rio dan Hyundai i20 atau mengusung nama yang baru sama sekali.

Dari sisi spesifikasi teknis sendiri konon output mesin pada Kia Rio dan Hyundai i20 terbaru itu nantinya akan disalurkan oleh transmisi manual enam kecepatan dan transmisi matic dual-clutch tujuh kecepatan sebagaimana sudah digunakan oleh Kia Pro_ceed GT saat ini.

Sebelumnya generasi terbaru Kia Rio sudah sempat dipamerkan pada gelaran Paris Motor Show beberapa waktu lalu. Facelift Kia Rio terbaru cukup signifikan terutama pada bagian belakang yang didominasi oleh bumper berukuran besar. Sementara meski tak sedramatis bagian buritan namun pada bagian depan juga ada beberapa perubahan seperti desain headlamps dan grille.

Mendukung penampilan Kia Rio terbaru yang dipamerkan di Paris tersebut pihak pabrikan memberikan velg dengan desain sporti serta pilihan warna baru masing-masing Digital Yellow dan Urban Blue.

Interior Kia Rio terbaru sendiri masih dirahasiakan, meski demikian pihak pabrikan sedikit memberikan bocoran bahwa kabinnya bakal dihias dengan aksen krom di sekitar air vents serta desain baru pada bagian tengah dashboard di sekeliling HU.

Perangkat audio- nya sendiri bakal menggunakan radio digital DAB dengan layar sentuh berukuran 7 inch. Kia Rio ini nantinya juga sudah akan menawarkan fitur auto Stop/Start, namun sayangnya tidak semua kelengkapan itu bakal menjadi standar bawaan Kia Rio saat dipasarkan secara global pada tahun 2015 nanti.

Kia Rio Terbaru

Harga Spesifikasi Kia Rio

Kia Rio Indonesia

Saat diumumkan kala itu pihak Kia menyebut bahwa nantinya akan tersedia dua opsi mesin masing-masing berkapasitas 1.4 liter dengan transmisi matic empat kecepatan atau transmisi manual enam kecepatan dan 1.6 liter dengan transmisi matic enam kecepatan.

Karena itu masih menyisakan misteri apakah Kia Rio Turbo akan menggantikan versi 1.6 liter yang diumumkan di Paris Motor Show atau ditempatkan sebagai tipe termahal Kia Rio.

Pastinya kepastian tersebut akan bisa dilihat pada awal tahun depan dimana Kia menjadwalkan rilise resmi mobil hatchback mereka pada bulan Januari di beberapa negara secara serentak.