// //

Land Rover Menjelma Jadi TATA

Land Rover telah memutuskan untuk menghentikan produksi Land Rover Freelander pada akhir tahun ini. Namun ternyata Freelander tidak benar-benar bakal hilang dari pasaran melainkan bertransformasi menjadi salah satu SUV berlogo TATA.

Berita tersebut dilansir oleh The Economic Times India yang menyebutkan bahwa sekitar 45 orang mekanik tengah mengerjakan mobil TATA terbaru yang dibuat dengan platform ex Land Rover Freelander 2 tersebut dan dijadwalkan rampung pada tahun 2016. Meski menggunakan merek TATA namun dipastikan bahwa kualitas SUV tersebut memenuhi kriteria dan standar dari Jaguar Land Rover.

Land Rover Freelander

Hingga kini proyek tersebut masih dikenal dengan kode Q5 dan rencananya bakal rilis di pasar dalam dua opsi yaitu five-seater dan seven-seater. Mobil terbaru TATA ini bakal menjadi mobil pertama pabrikan asal India itu yang ditujukan untuk segmen high-end. Belum jelas mengenai harga jualnya, namun diperkirakan harga mobil terbaru TATA ini bakal dua kali lipat lebih mahal dari TATA Aria.

Sementara itu Land Rover sendiri saat ini tengah melakukan eksperimen dengan moncong transparan pada mobil konsep Land Rover Discovery.
Tujuan dari eksperimen tersebut adalah memberikan pandangan lebih maksimal pada pengemudi dengan menghilangkan blind spot umumnya yang muncul saat mobil mendaki tanjakan yang cukup tinggi.

Land Rover Discovery

Dengan menempatkan sebuah kamera di bagian moncong bawah pengemudi bakal memperoleh pandangan lebih leluasa pada titik-titik yang selama ini hanya diraba oleh feeling pengemudi. Rencananya fitur canggih ini bakal menjadi kelengkapan standar pada Land Rover Discovery terbaru yang mulai beredar akhir tahun nanti.