// //

Suzuki Siapkan Pengganti Suzuki Jimny dengan Mesin Baru

Suzuki Jimny yang terkenal di dunia sebagai entry level off-roader bakal segera digantikan oleh compact SUV terbaru dari Suzuki yang mengusung mesin Diesel berkapasitas 1.5 liter. Calon pengganti mobil Suzuki Jimny ini sendiri saat ini masih mengusung nama XA-Alpha dan sempat dipamerkan pada gelaran Auto Expo 2012 lalu dengan nama Suzuki YBA. Sama seperti Jimny, mobil Suzuki terbaru ini rencananya akan dipasarkan secara global.

Mesin 1.5 liter yang bakal diusung oleh mobil Suzuki ini merupakan hasil pengembangan pabrikan asal Jepang itu sendiri. Sebelumnya Suzuki selalu mengandalkan pasokan mesin Diesel dari pabrikan Italia, Fiat. Karena itu mesin Diesel yang diusung oleh sang pengganti Jimny bakal menjadi salah satu mesin Diesel pertama buatan Suzuki.

Pengganti Suzuki Jimny

Mesin Diesel 1.5 liter yang dikembangkan Suzuki sendiri bukanlah satu-satunya mesin Diesel yang bakal dirilis perusahaan otomotif asal Jepang itu. Tahun 2015 nanti rencananya Suzuki juga bakal merilis mesin Diesel 800 cc dua silinder yang bakal digunakan oleh mobil komersial terbaru mereka sambil diuji coba kesesuaiannya jika digunakan untuk kendaraan hatchback. Mesin 1.5 liter 4 silinder untuk mobil SUV itu sendiri sejatinya merupakan gabungan dari dua buah mesin 800 cc 2 silinder yang kapasitasnya kemudian diturunkan dari 1.6 liter menjadi 1.5 liter untuk alasan pajak.