// //

Suzuki Persiapkan Pesaing Toyota Innova

Setelah sukses di kelas low MPV lewat Suzuki Ertiga rupanya pabrikan berlogo S tersebut merasa cukup percaya diri untuk bermain di kelas yang lebih tinggi. Saat ini dikabarkan Suzuki tengah mempersiapkan medium MPV dengan daya angkut delapan penumpang. Jika hal itu terwujud maka mobil baru Suzuki tersebut bakal berhadapan langsung dengan sang penguasa di kelas ini yaitu Toyota Innova.

Lewat Suzuki Ertiga pabrikan asal Jepang tersebut berhasil menyingkirkan Daihatsu Xenia dan mengancam posisi Toyota Avanza yang sudah lama mendominasi segmen low MPV (lihat artikel Angka Penjualan Ertiga Merangkak Naik). Karenanya wajar saja jika mereka kemudian menjadi percaya diri untuk mengincar Toyota Innova yang berada di segmen medium MPV.

Hingga detik ini belum banyak info maupun harga mobil Suzuki terbaru tersebut, namun diperkirakan salah satu tipe yang bakal diluncurkan akan mengusung mesin Diesel. Sementara mobil yang bakal menjadi pesaing Innova itu sendiri saat ini diberi kode RX dan dikembangkan oleh Maruti Suzuki di India yang juga mengembangkan Suzuki Ertiga dan Suzuki Swift.


Proyek itu sendiri sudah dimulai sejak bulan Januari 2013 lalu. Suzuki sendiri ingin menjaga proyek ini tetap menjadi rahasia, namun nota resmi terkait proyek tersebut sempat bocor dan diterima oleh sebuah media lokal. Menurut media tersebut Suzuki bahkan sudah memperoleh kesepakatan dengan para pemasok suku cadang yang bakal mendukung proyek MPV terbaru Suzuki itu.